5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Wojciech Szczesny di Level Klub

Putuskan pensiun pada usia 34 tahun

Keputusan mengejutkan datang dari kiper kenamaan, Wojciech Szczesny. Pemain asal Polandia ini memutuskan pensiun sebagai pesepak bola profesional pada usia 34 tahun. Hal ini diumumkan melalui media sosial pribadinya pada Selasa (27/8/2024). 

Pensiunnya Szczesny ini merampungkan petualangannya di dunia kulit bundar selama 15 tahun. Selama berkarier, ia pernah memperkuat sejumlah klub, termasuk Arsenal dan Juventus. Ini membuatnya banyak dilatih sederet sosok kenamaan. Ia diandalkan sebagai kiper berkat konsistensinya menjadi palang pintu terakhir pertahanan agar tidak kemasukan gol.

Berikut lima pelatih yang paling sering memainkan Wojciech Szczesny di level klub.

1. Arsene Wenger mengandalkan Wojciech Szczesny di Arsenal sebanyak 181 laga

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Wojciech Szczesny di Level KlubArsene Wenger (premierleague.com)

Wojciech Szczesny memberanikan diri merantau dari Polandia ke Inggris dengan bergabung ke akademi Arsenal pada 2006. Dengan usia yang masih muda, ia mempunyai potensi sebagai kiper. Arsene Wenger merupakan pelatih yang memberi debut kepadanya pada 2009.

Kendati setelah itu dipinjamkan pada 2009/2010, Szczesny mulai menunjukkan kualitasnya. Pada 2010/2011, ia perlahan menjadi andalan di bawah mistar gawang Arsenal. Tercatat, ia membela klub London ini hingga 2015. Dalam kurun waktu tersebut, ia memainkan 181 laga dengan catatan 72 clean sheets dan kemasukan 194 gol. Ia turut membantu The Gunners menjuarai 2 kali Piala FA dan 1 Community Shield.

2. Massimiliano Allegri memainkan Wojciech Szczesny sebanyak 176 laga ketika di Juventus

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Wojciech Szczesny di Level KlubMassimiliano Allegri (twitter.com/juventusfc)

Massimiliano Allegri merupakan pelatih yang mendatangkan sekaligus yang terakhir bagi Wojciech Szczesny di Juventus. Di bawah asuhannya, kiper Polandia ini bermain sebanyak 176 laga. Ia mampu mencatatkan 81 clean sheets dan hanya kebobolan sebanyak 148 gol.

Keduanya bekerja sama dalam dua periode berbeda, yakni pada 2017–2019 dan 2021–2024. Selama total 5 tahun tersebut, Szczesny merupakan sosok kunci konsistensi Juventus. Keduanya juga berhasil menorehkan prestasi untuk publik Turin. Prestasi tersebut berupa 2 gelar juara Serie A, 2 titel juara Coppa Italia, dan 1 Supercoppa Italiana.

Baca Juga: 6 Pemain Juventus Paling Diandalkan pada Era Massimiliano Allegri

3.Wojciech Szczesny menjadi andalan Luciano Spalletti di AS Roma dengan catatan 60 laga

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Wojciech Szczesny di Level KlubLuciano Spalletti (asroma.com)

Pada 2015–2017, Wojciech Szczesny menjalani masa peminjaman di AS Roma. Luciano Spalletti merupakan salah satu pelatih yang mengandalkannya di bawah mistar gawang tim Serigala Ibu Kota. Keduanya bekerja sama selama 1,5 tahun pada 2016–2017. 

Selama dilatih Spalletti, Szczesny menjadi sosok tak tergantikan dengan catatan 60 laga. Ia membuat 18 clean sheets dengan kebobolan 64 gol. Perannya sebagai palang pintu terakhir pertahanan membuat AS Roma bisa kompetitif di berbagai ajang, termasuk bersaing juara di Serie A. Sayangnya, kerja sama keduanya tersebut belum mampu menghasilkan prestasi.

4. Andrea Pirlo hanya semusim melatih Wojciech Szczesny di Juventus dan diandalkan dalam 38 laga

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Wojciech Szczesny di Level KlubAndrea Pirlo (juventus.com)

Wojciech Szczesny pernah ditangani Andrea Pirlo saat memperkuat Juventus. Namun, kerja sama keduanya hanya singkat, yakni hanya setahun. Ini terjadi selama semusim pada 2020/2021.Ia dimainkan sebanyak 38 laga di berbagai ajang. 

Dari jumlah penampilan tersebut, Sczceszny membuat 9 clean sheets dan kemasukan 40 gol. Kendati hanya bekerja dalam waktu singkat, kedunya mampu menghadirkan trofi bagi Juventus. Prestasi tersebut adalah juara Coppa Italia 2020/2021.

5. Selama semusim dilatih Maurizo Sarri di Juventus, Wojciech Szczesny memainkan 37 laga

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Wojciech Szczesny di Level KlubMaurizio Sarri (juventus.com)

Serupa dengan Andrea Pirlo, Wojciech Szczesny juga pernah ditangani Maurizio Sarri selama semusim di Juventus. Namun, ini terjadi pada musim sebelumnya, yakni pada 2019/2020. Ia memainkan 37 laga dengan catatan 13 clean sheets dan kemasukan 42 gol. Keduanya mampu mempersembahkan prestasi berupa gelar juara Serie A. 

Keputusan pensiun Wojciech Szczesny ini memang terbilang mengejutkan. Pada musim panas 2024, ia sejatinya diincar oleh sejumlah klub setelah meninggalkan Juventus. Namun, keputusan yang dipilihnya tersebut sudah bulat. Dengan dilatih oleh sosok berpengalaman, bukan tidak mungkin dirinya bakal melanjutkan karier dari pinggir lapangan hijau. 

Baca Juga: Wojciech Szczesny Resmi Gantung Sepatu, Tulis Pesan Menyentuh

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya