5 Pelatih Baru yang Menangani Klub LaLiga pada 2024/2025

Hansi Flick melatih Barcelona!

Intinya Sih...

  • Hansi Flick ditunjuk sebagai pelatih Barcelona mulai musim 2024/2025, menggantikan Xavi Hernandez.
  • Garcia Pimienta menjadi pelatih Sevilla setelah menukangi UD Las Palmas dan membawa Barca U-19 juara UEFA Youth League 2018.
  • Jagoba Arrasate melatih RCD Mallorca setelah membawa Osasuna juara Segunda Division dan finis ketujuh di LaLiga 2022/2023.

LaLiga Spanyol bakal memasuki musim baru pada 2024/2025. Klub-klub yang berkompetisi telah melakukan persiapan dengan aktif pada bursa transfer. Tak cuma ada pemain anyar, sejumlah klub juga kedatangan pelatih baru untuk membawa tim lebih kompetitif. 

Pada musim depan, LaLiga akan dihuni lima pelatih baru yang siap berkompetisi. Beberapa di antaranya sudah pernah berkarier di Spanyol, tetapi ada juga yang baru pertama kali. Mereka bakal menunjukkan kualitasnya untuk bersaing dengan klub-klub lain. Siapa saja para pelatih anyar tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Barcelona menjalani era baru di bawah asuhan Hansi Flick

5 Pelatih Baru yang Menangani Klub LaLiga pada 2024/2025Hansi Flick (fcbarcelona.com)

Hansi Flick ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona mulai pada 2024/2025. Juru taktik asal Jerman ini direkrut untuk menggantikan Xavi Hernandez. Kehadirannya diharapkan dapat membawa Barca kembali kompetitif di berbaga ajang. 

Barca merupakan tim keempat yang dilatih Flick. Pelatih berusia 59 tahun ini sebelumnya menangani TSG Hoffenheim, Bayern Munich, dan Timnas Jerman. Meski tak banyak melatih, pengalaman matangnya di klub besar tersebut bakal berguna bagi Barca.

2. Garcia Pimienta diharapkan dapat mengangkat performa Sevilla

5 Pelatih Baru yang Menangani Klub LaLiga pada 2024/2025Garcia Pimienta (sevillafc.es)

Sevilla merekrut Garcia Pimienta sebagai pelatih baru. Kedatangannya diharapkan dapat mengangkat performa tim setelah terpuruk pada 2023/2024 lalu. Juru taktik berusia 49 tahun ini sebelumnya menukangi UD Las Palmas selama 2,5 tahun pada 2022–2024.

Pimienta sejatinya termasuk didikan Barcelona. Kariernya sebagai pelatih diawali dari akademi La Masia. Ia pernah membawa Barca U-19 merengkuh gelar juara UEFA Youth League pada 2018. Pengalamannya dengan para pemain muda akan menjadi kelebihan. Sevilla berpotensi mengandalkan nama-nama potensial untuk membuat tim kompetitif.

Baca Juga: 7 Klub LaLiga Penyumbang Pemain Terbanyak di Euro 2024

3. Jagoba Arrasate menjajal tantangan baru bersama RCD Mallorca

5 Pelatih Baru yang Menangani Klub LaLiga pada 2024/2025Jagoba Arrasate (x.com/RCD_Mallorca)

Jagoba Arrasate menjajal tantangan baru dengan menerima tawaran melatih RCD Mallorca. Sebelumnya, ia menghabiskan waktu bersama CA Osasuna selama 6 tahun pada 2018–2024. Ia merupakan sosok yang membawa Osasuna menjuarai Segunda Division pada 2018/2019 lalu sekaligus kembali mentas di LaLiga hingga saat ini.

Pengalamannya bersama Osasuna ini bakal berguna membawa Mallorca kompetitif. Selama melatih Osasuna, Arrasate mampu membawa tim konsisten berada di LaLiga. Pencapaian terbaiknya membawa tim finis ketujuh di LaLiga 2022/2023. Ini membuat tim mentas di UEFA Europa Conference League 2023/2024.

4. Vicente Moreno bakal menangani CA Osasuna

5 Pelatih Baru yang Menangani Klub LaLiga pada 2024/2025Vicente Moreno (x.com/LaLiga)

Setelah berpisah dengan Jagoba Arrasete, CA Osasuna merekrut Vicente Moreno sebagai pelatih anyar. Juru taktik berusia 49 tahun ini sebelumnya sempat menganggur. Klub terakhir yang ditanganinya adalah UD Almeria pada 2023.

Meski demikian, Moreno merupakan sosok berpengalaman di sepak bola Spanyol. Selain Almeria, ia pernah melatih Espanyol dan RCD Mallorca. Modalnya dengan sudah paham kompetisi LaLiga akan memudahkannya membangun skuad di Osasuna.

5. Luis Carrion akan menunjukkan kualitasnya bersama UD Las Palmas

5 Pelatih Baru yang Menangani Klub LaLiga pada 2024/2025Luis Carrion (udlaspalmas.es)

Luis Carrion bakal melakoni pekerjaan pertamanya melatih klub LaLiga bersama UD Las Palmas. Sebelumnya, pengalamannya hanya melatih klub-klub di Segunda Division. Ia pernah melatih Real Oviedo, FC Cartagena, dan Cordoba CF.

Kendati belum berpengalaman di level tertinggi sepak bola Spanyol, ini akan menjadi pembuktian bagi Carrion. Sejauh ini, tim juga aktif di bursa transfer musim panas 2024. Las Palmas sudah merekrut sembilan pemain anyar demi menambah kedalaman skuad.

Para pelatih di atas bakal menunjukkan kualitasnya berkompetisi di LaLiga 2024/2025. Meski beberapa di antaranya belum berpengalaman, hal tersebut justru menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Menarik dinantikan kiprahnya pada musim baru mendatang.

Baca Juga: 3 Pemain Baru Girona yang Disiapkan untuk LaLiga 2024/2025

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya