5 Pengguna Nomor Punggung 8 Juventus sebelum Teun Koopmeiners

Semuanya mampu menjadi andalan!

Juventus berhasil menggaet Teun Koopmeiners pada musim panas 2024. Pemain internasional Belanda ini direkrut dari Atalanta dengan biaya senilai 54,7 juta euro atau Rp936 miliar. Kontrak berdurasi 5 tahun membuatnya berada di Turin hingga 2029 mendatang.

Koopmeiners memilih menggunakan nomor punggung 8 selama berada di Juventus. Nomor tersebut memang akrab dipakai oleh pemain yang beroperarasi sebagai gelandang. Sejumlah nama pernah mengenakan nomor ini ketika berkarier di Juventus.

Berikut lima pengguna nomor punggung 8 Juventus sebelum Teun Koopmeiners.

1. Weston McKennie kini menjadi sosok gelandang andalan Juventus

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Juventus sebelum Teun KoopmeinersWeston McKennie (instagram.com/west.mckennie)

Weston McKennie merupakan pengguna nomor punggung 8 terakhir di Juventus. Namun, ia sejatinya beberapa kali berganti. Ketika datang pada 2020, ia memilih menggunakan nomor punggung 14 hingga 2022. Baru pada 2022/2023, ia memakai nomor 8. Namun, ia sempat dipinjamkan dan memakai nomor 16 sejak musim 2023/2024 lalu. 

Hingga kini, McKennie menjadi gelandang andalan Juventus. Ia baru saja memperpanjang kontraknya di Turin hingga 2026. Sejak bergabung, ia sudah mencatatkan 134 laga di berbagai ajang. Ia juga tampil produktif dengan kontribusi 13 gol dan 15 assist. Sejauh ini, ia telah membantu tim menjuarai 2 Coppa Italia dan 1 Supercoppa Italiana.

2. Aaron Ramsey membela Juventus selama 2,5 tahun

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Juventus sebelum Teun KoopmeinersAaron Ramsey (instagram.com/aaronramsey)

Aaron Ramsey membela Juventus cukup singkat, yakni selama 2,5 tahun pada 2019–2022. Selama kariernya di Turin, ia ikonis mengenakan nomor punggung 8 dan menjadi gelandang yang cukup diandalkan. Total, ia memainkan 70 laga dengan sumbangsih 6 gol dan 6 assist. 

Pemain asal Wales ini juga mampu memberikan prestasi untuk Juventus. Ia ikut berperan membawa Si Nyonya Tua meraih masing-masing satu gelar juara Serie A, Coppa Italia, dan Supercoppa Italiana. Pada Januari 2022, ia sempat dipinjamkan ke Rangers. Setelah itu, ia pergi setelah habis kontrak pada musim panas tahun yang sama.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda yang Pernah Membela Juventus, Koopmeiners Terbaru!

3. Claudio Marchisio menjadi salah satu legenda Juventus

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Juventus sebelum Teun KoopmeinersClaudio Marchisio (juventus.com)

Claudio Marchisio merupakan didikan akademi Juventus yang dipromosikan pada 2006. Sebelum ikonis dengan nomor 8, ia pernah memakai nomor 15 dan 19. Ia tercatat memperkuat Si Nyonta Tua selama 11 tahun pada 2006–2018.

Total, catatan 389 penampilan berhasil dibuatnya bersama Juventus. Ia mampu mencetak 38 gol dan 42 assist. Kehadirannya turut membantu tim mendominasi Serie A dengan juara sebanyak tujuh kali. Prestasi tersebut diikuti dengan yang lainnya, di antaranya 4 gelar juara Coppa Italia dan 3 titel juara Supercoppa Italiana.

4. Amauri tampil kurang tajam meski menjadi striker andalan

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Juventus sebelum Teun KoopmeinersAmauri (uefa.com)

Amauri membela Juventus selama 3 tahun pada 2008–2012. Pemain yang berposisi sebagai striker ini hanya menggunakan nomor punggung 8 saat musim debutnya pada 2008/2009. Setelah itu, ia akrab dengan nomor punggung 11. 

Selama berkarier di Juventus, Amauri mampu membuat seratus penampilan di berbagai kompetisi. Sayangnya, ia tidak terlalu produktif sebagai striker meski menjadi andalan di lini serangan. Ia hanya mampu menghasilkan 24 gol dan 6 assist. 

5. Mauro Camoranesi merupakan andalan di sisi kanan permainan Juventus

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Juventus sebelum Teun KoopmeinersMauro Camoranesi (uefa.com)

Mauro Camoranesi merupakan gelandang andalan Juventus pada 2002–2010. Selama 8 tahun tersebut, ia ikonis dengan nomor punggung 16. Namun, ia sempat menggunakan nomor punggung 8 pada musim 2007/2008. 

Selama di Juventus, Camoranesi beroperasi sebagai gelandang kanan. Ia membuat 288 penampilan dengan kontribusi 32 gol dan 75 assist. Ia juga sosok yang setia ketika Juventus terkena skandal calciopoli yang membuat tim turun kasta ke Serie B pada 2006/2007. Selain menjuarai Serie B, ia turut membantu tim meraih gelar juara Serie A dan Supercoppa Italiana.

Para pemain di atas mampu menjadi andalan selama berkarier di Juventus. Teun Koopmeiners berpotensi mengikuti jejak mereka menjadi pemain penting. Dengan pengalamannya, peluangnya langsung menjadi andalan terbuka. Menarik ditunggu kiprahnya.

Baca Juga: Jadon Sancho Tak Bisa ke Juventus Karena Kostic dan Arthur

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya