5 Negara yang Berpotensi Beri Kejutan di Copa America 2024

Siap tampil menggebrak!

Intinya Sih...

  • Ekuador dengan kombinasi pemain muda dan berpengalaman, dipimpin Moises Caicedo dan Kendry Paez
  • Meksiko kembali ke turnamen ini dengan nama-nama muda seperti Santiago Gimenez dan Edson Alvarez
  • Venezuela, Kanada, dan Chile juga memiliki potensi untuk tampil menggebrak di Copa America 2024

Copa America 2024 berlangsung pada 21 Juni–15 Juli 2024. Sederet negara menjadi favorit di turnamen terbesar sepak bola Amerika ini. Namun, pada tiap edisi, selalu ada kejutan dari peserta yang bukan unggulan dengan menunjukkan penampilan menggebrak.

Terdapat lima negara yang berpotensi bakal memberi kejutan di Copa America 2024. Siapa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Ekuador berpotensi menggebrak dengan para pemain muda

5 Negara yang Berpotensi Beri Kejutan di Copa America 2024Timnas Ekuador (x.com/LaTri)

Ekuador menjadi salah satu kandidat potensial yang bakal memberi kejutan. Kombinasi nama-nama muda dan para pemain berpengalaman menghiasi skuad asuhan Felix Sanchez. Tumpuan akan berada di pundak Moises Caicedo sebagai bintang utama dalam tim. 

Selain itu, ada juga Kendry Paez yang berpotensi tampil menggebrak. Pemain berusia 17 tahun menjadi salah satu sosok yang paling dinanti kiprahnya di Copa America 2024. Ekuador berada di Grup B dan akan bersaing dengan Jamaika, Meksiko, dan Venezuela

2. Meksiko siap buktikan kemampuan dengan generasi baru

5 Negara yang Berpotensi Beri Kejutan di Copa America 2024Timnas Meksiko (x.com/miseleccionmx)

Meksiko merupakan perwakilan dari CONCACAF yang berpartisipasi di Copa America 2024. Los Tricolores merupakan tim tersukses dari luar Amerika Selatan di turnamen ini. Tercatat, mereka sudah sembilan kali mengikuti Copa America. Meski belum pernah juara, mereka pernah mencapai final dua kali pada edisi 1993 dan 2001. 

Copa America 2024 menandai kembalinya Meksiko ke turnamen ini setelah terakhir kali mentas pada 2016. Pada edisi kali ini, penampilan tim bakal berbeda. Meski didominasi nama-nama muda, potensi untuk memberi kejutan terbuka lebar. Santiago Gimenez dan Edson Alvarez bakal menjadi andalan. Mereka berada di Grup B bersama Ekuador, Jamaika, dan Venezuela.

Baca Juga: 3 Pemain PSG yang Bertarung di Copa America

3. Venezuela berpeluang memberi kejutan

5 Negara yang Berpotensi Beri Kejutan di Copa America 2024Timnas Venezuela (x.com/SeleVinotinto)

Masih dari penghuni Grup B, Venezuela juga berpotensi tampil garang di Copa America 2024. Maklum saja, penampilan mereka di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL terbilang mengesankan. La Vinotinto menduduki peringkat keempat di klasemen sementara. 

Salomon Rondon bakal menjadi tumpuan lini serangan Venezuela. Striker berusia 34 tahun ini sudah mengoleksi 105 caps dengan kontribusi 41 gol dan 5 assist. Ketajamannya ini berguna untuk membantu produktivitas tim di Copa America 2024. 

4. Kanada sebagai tim debutan di Copa America

5 Negara yang Berpotensi Beri Kejutan di Copa America 2024Timnas Kanada (canadasoccer.com)

Kanada bakal melakoni partisipasi pertamanya di Copa America 2024. Sebagai perwakilan dari CONCACAF, potensi untuk menggebrak terbuka lebar. Sebelumnya turnamen ini, mereka menjadi salah satu tim yang mencuri perhatian di Piala Dunia 2022 lalu. 

Alphonso Davies sebagai salah satu nama mentereng bakal diandalkan. Ia bakal menyokong Jonathan David yang berperan sebagai ujung tombak serangan Kanada. Di Copa America 2024, Kanada berada di Grup A bersama Argentina, Chile, dan Peru. 

5. Chile patut diperhitungkan dengan adanya para pemain berpengalaman

5 Negara yang Berpotensi Beri Kejutan di Copa America 2024Timnas Chile (x.com/LaRoja)

Chile boleh jadi bukan unggulan, tetapi statusnya sebagai dua kali pemenang Copa America tak boleh dinihilkan. Terlebih lagi, mereka masih diperkuat nama-nama senior, seperti Claudio Bravo, Alexis Sanchez, dan Eduardo Vargaz. Mereka masih berpotensi mengejutkan. 

Pemain muda lain juga siap memberi penampilan terbaiknya. Di lini tengah, ada Marcelino Nunez yang siap menjadi tumpuan. Selain itu, Dario Rosario yang baru berusia 20 tahun akan menambah kedalaman skuad di lini serangan. Meski punya peluang, Chile tergabung dalam grup yang cukup sulit. Di Grup A, mereka akan bertarung bersama Argentina, Kanada, dan Peru. 

Nah, lima negara peserta di atas mempunyai potensi untuk tampil menggebrak di Copa America 2024. Faktor pemain dan konsistensi dalam beberapa laga terakhir menjadi patokannya. Mereka berpeluang memberi kejutan di turnamen ini. Menarik menantikan kiprahnya.

Baca Juga: 3 Pemain Manchester United yang Mentas di Copa America 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya