3 Negara Tuan Rumah yang Pernah Juara Euro, Jerman Menyusul?

Jerman berpeluang besar juara Euro 2024 #EURO2024

Euro 2024 akan berlangsung pada 15 Juni–15 Juli 2024. Pada edisi kali ini, Jerman bakal bertindak sebagai tuan rumah. Dengan statusnya tersebut, Die Mannschaft diunggulkan dapat merengkuh trofi juara. Ini juga didukung dengan kualitas pemain yang merata di tiap lininya. 

Jika menilik ke belakang, tidak banyak negara tuan rumah yang bisa keluar sebagai juara. Fakta itu menunjukkan ketatnya persaingan antarnegara Eropa. Sebagai salah satu turnamen besar, selalu ada kejutan tidak terduga dalam tiap kesempatan, termasuk siapa tim yang bakal keluar sebagai juara.

Tercatat, hanya ada tiga negara tuan rumah yang pernah memenangkan Euro. Jalan mereka menapaki tangga juara cukup terjal meski bermain di depan publik sendiri.

1. Spanyol jadi negara tuan rumah pertama yang menjuarai Euro pada edisi 1964

3 Negara Tuan Rumah yang Pernah Juara Euro, Jerman Menyusul?Timnas Spanyol menjuarai Euro 1964 (uefa.com)

Spanyol mampu menjadi negara tuan rumah pertama yang menjuarai Euro pada edisi 1964. Ini merupakan edisi kedua saat kompetisi masih bernama European Nations' Cup. Saat itu, Spanyol mengalahkan juara bertahan, Uni Soviet, pada laga yang dihelat di Estadio Santiago Bernabeu.  

Edisi 1964 digelar dengan sistem gugur melibatkan 29 negara. Dalam perjalanannya, Spanyol mengalahkan Rumania, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia dalam sistem kandang dan tandang untuk melaju ke empat besar. Spanyol terpilih sebagai tuan rumah di antara tiga negara lainnya yang mentas, yaitu Denmark, Hungaria, dan Uni Soviet.  

Di semifinal, Spanyol mampu mengalahkan Hungaria dengan susah payah hingga extra time. La Furia Roja melaju ke final dengan kemenangan 2-1. Sementara, di final, mereka juga menang 2-1 atas Uni Soviet. Gol dari Jesus Maria Pereda dan Marcelino Martinez sukses menghadirkan trofi Euro pertama bagi Spanyol. 

Baca Juga: 8 Pemain Tertua yang Pernah Tampil di Euro

2. Italia ikuti jejak Spanyol dengan merengkuh trofi Euro pada edisi 1968

3 Negara Tuan Rumah yang Pernah Juara Euro, Jerman Menyusul?Timnas Italia menjuarai Euro 1968 (uefa.com)

Pada edisi Euro berikutnya, kisah Spanyol juara di rumah sendiri kembali terulang. Italia berhasil mengikuti jejak itu setelah menjadi juara pada edisi 1968. Turnamen edisi ini juga berganti nama dari European Nations' Cup menjadi European Championship. Pada edisi ini juga sistem berganti dengan dimulai dari fase grup yang diikuti sebanyak 31 negara peserta. 

Italia sendiri tergabung di Grup 5 bersama Rumania, Swiss, dan Siprus. Mereka melaju ke perempat final sebagai juara grup. Di delapan besar, Italia mengalahkan Bulgaria dalam dua leg dengan agregat 4-3. Menariknya, Italia bisa dibilang mendapatkan keberuntungan di semifinal. Pada saat itu, mereka bermain imbang tanpa gol selama 120 menit kontra Uni Soviet. Koin tos yang dimenangi oleh Italia membuat mereka mentas di partai final. 

Pada laga puncak Italia menghadapi Yugoslavia. Kedua tim bermain imbang 1-1 sehingga laga ulangan harus dilakukan. Pada laga replay yang digelar di Stadio Olimpico, Roma, Italia sukses mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-0 via gol Gigi Riva dan Pietro Anastasi. Kemenangan ini sekaligus memersembahkan gelar juara Euro pertama kali bagi Gli Azzurri. 

3. Prancis meraih juara Euro pertama kalinya di rumah sendiri pada edisi 1984

3 Negara Tuan Rumah yang Pernah Juara Euro, Jerman Menyusul?Timnas Prancis menjuarai Euro 1984 (uefa.com)

Negara ketiga yang pernah meraih juara ketika bertindak sebagai tuan rumah adalah Prancis. Momen tersebut terjadi pada Euro edisi ketujuh yang digelar pada 1984. Edisi ini cukup menarik sebab hanya ada delapan negara yang berpartisipasi di fase final turnamen setelah melewati babak kualifikasi.

Dengan sistem yang dibagi dua grup, Prancis berada di Grup 1 bersama Belgia, Denmark, dan Yugoslvia. Les Bleus berhasil melaju ke semifinal sebagai juara grup. Di semifinal, Prancis mampu mengalahkan Portugal dengan skor 3-2 melalui laga yang berlangsung hingga 120 menit. 

Dalam laga final perebutan juara, Prancis ditantang Spanyol yang berhasil mengalahkan Denmark di semifinal. Pertandingan final ini dihelat di Parc des Princes, Paris. Prancis sukses meraih trofi juara usai memenangi laga melawan Spanyol dengan skor 2-0. Gol dari Michel Platini dan Bruno Bellone membawa Les Bleus menjuarai Euro pertama kalinya.

Sejak terakhir kali terjadi 40 tahun silam, belum ada lagi negara tuan rumah yang sanggup menjuarai Euro. Pada edisi 2024, Jerman punya kesempatan besar untuk mematahkan catatan itu. Bermain di negara sendiri dengan ditopang skuad mumpuni, status unggulan pun melekat pada tubuh mereka untuk bisa keluar sebagai juara. Mampukah hal itu terwujud? Patut dinantikan! 

Baca Juga: 4 Top Skor Sepanjang Masa yang Tampil di Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya