5 Negara Peserta Euro 2024 dengan Usia Tim Termuda

Belanda siap beri kejutan! #EURO2024

Intinya Sih...

  • Republik Ceko memiliki skuad termuda di Euro 2024, rata-rata usia 25 tahun 5 bulan, dengan pemain termuda Matej Jurasek (20 tahun) dan tertua Tomas Holes (31 tahun).
  • Turki juga memiliki skuad muda dengan rata-rata usia 25 tahun 8 bulan, dipimpin oleh pelatih Vincenzo Montella, dan didukung oleh nama muda seperti Arda Guler dan Kenan Yildiz (19 tahun).
  • Inggris dan Belanda menampilkan skuad muda yang siap bersaing di Euro 2024, dengan Inggris memiliki rata-rata usia skuad 26,1 tahun dan Belanda dengan usia rata-rata 26 tahun 3 bulan.

Euro 2024 merupakan turnamen bergengsi antarnegara Eropa. Pada edisi kali ini, sebanyak 24 negara peserta bersaing memperebutkan trofi. Mereka mengeluarkan kemampuan terbaiknya dengan membawa para pemain kelas wahid untuk berkompetisi di Jerman.

Dari jumlah negara yang berpartisipasi tersebut, ada beberapa di antaranya yang berangkat dengan skuad muda. Ini menunjukkan rasa kepercayaan kepada para pemain muda yang disokong dengan nama-nama berpengalaman di dalam tim. Kehadiran mereka tak hanya membantu negaranya untuk berlaga, tetapi juga diharapkan bisa membawa tim kompetitif. 

Ada lima negara peserta Euro 2024 dengan usia tim termuda. Itu termasuk Belanda.

1. Republik Ceko merupakan tim termuda dengan rata-rata usia 25 tahun 5 bulan di Euro 2024

5 Negara Peserta Euro 2024 dengan Usia Tim TermudaTimnas Republik Ceko (uefa.com)

Republik Ceko merupakan negara dengan tim termuda di Euro 2024. Rata-rata pemain di dalam tim berusia 25 tahun 5 bulan. Pemain termudanya adalah Matej Jurasek yang berusia 20 tahun. Sementara itu, pemain tertua di dalam skuad adalah Tomas Holes dengan usia 31 tahun. 

Tim besutan Ivan Hasek ini memercayai para pemain muda untuk bermain di Euro 2024. Tak lupa juga dengan didukung nama-nama berpengalaman, seperti Tomas Soucek, Vladimir Coufal, hingga Patrick Shick. Mereka bertarung di Grup F bersama Georgia, Turki, dan Portugal.

2. Turki berpotensi tampil menggebrak dengan skuad rata-rata berusia 25 tahun 8 bulan

5 Negara Peserta Euro 2024 dengan Usia Tim TermudaTimnas Turki (uefa.com)

Turki menjadi salah satu tim yang patut diwaspadai di Euro 2024. Di bawah kendali pelatih Vincenzo Montella, potensi untuk menggebrak terbuka lebar. Negara asal Eropa Barat ini memiliki skuad terbilang muda dengan rata-rata berusia 25 tahun 8 bulan. 

Arda Guler dan Kenan Yildiz merupakan beberapa nama muda yang bakal menjadi tumpuan. Usia keduanya masih 19 tahun, tetapi perannya akan membantu Turki untuk kompetitif di Euro 2024. Tergabung di Grup F, mereka bersaing dengan Georgia, Portugal, dan Republik Ceko.

Baca Juga: 3 Tim yang Berhasil Juara Euro dan Piala Dunia secara Beruntun

3. Inggris menjadi salah satu unggulan juara mempunyai tim berusia 26 tahun 1 bulan

5 Negara Peserta Euro 2024 dengan Usia Tim TermudaTimnas Inggris (x.com/England)

Inggris merupakan salah satu kandidat juara Euro 2024. Ini disebabkan mayoritas skuad diisi para pemain muda yang sudah matang. The Three Lions memiliki rata-rata tim berusia 26,1 tahun. Ini menunjukkan regenerasi yang tepat sekaligus untuk jangka panjang. 

Kobbie Mainoo menjadi pemain termuda yang ada di dalam skuad dengan masih berusia 19 tahun. Namun, ada pemain muda lain yang juga siap diandalkan. Sebut saja Jude Bellingham, Anthony Gordon, Cole Palmer, Adam Wharton, hingga Bukayo Saka. Di Euro 2024, Inggris berkompetisi di Grup C bersama dengan Denmark, Serbia, dan Slovenia. 

4. Belanda siap beri kejutan dengan skuad berusia 26 tahun 3 bulan

5 Negara Peserta Euro 2024 dengan Usia Tim TermudaTimnas Belanda (x.com/OnsOranje)

Belanda tampil dengan optimisme baru bersama nama-nama muda potensial. Di Euro 2024, De Oranje mempunyai rata-rata pemain dengan usia 26 tahun 3 bulan. Xavi Simons, Jeremie Frimpong, Bart Verbruggen, hingga Ryan Gravenberch menjadi beberapa yang termuda. 

Dengan dipimpin Virgil van Dijk sebagai kapten, Belanda berpotensi memberi kejutan di Euro 2024. Mereka diunggulkan lolos dari Grup B meski diisi negara lain yang sulit dikalahkan, yaitu Austria, Prancis, dan Polandia. Kompaknya kombinasi yang diracik Pelatih Ronald Koeman membuat De Oranje berambisi ikut bersaing memperebutkan trofi juara. 

5. Ukraina juga memiliki tim dengan rata-rata usia 26 tahun 3 bulan

5 Negara Peserta Euro 2024 dengan Usia Tim TermudaTimnas Ukraina (x.com/uafukraine)

Sama seperti Belanda, Ukraina juga memiliki rata-rata tim termuda dengan usia 26 tahun 3 bulan. Banyak pemain muda yang tampil apik di klub selama musim 2023/2024 sehingga dipanggil Pelatih Serhiy Rebrov. Mereka bakal menjadi tumpuan untuk kompetitif di Euro 2024.

Ukraina berpeluang untuk bisa lolos dari fase grup. Namun, mereka harus bersaing dengan Belgia, Slovakia, dan Rumania sebagai penghuni Grup E. Pemain muda macam Mykhaylo Mudryk dan Georgiy Sudakov akan bahu-membahu dengan nama berpengalaman, seperti Oleksandr Zinchenko, Andriy Yarmolenko, hingga Artem Dovbyk. 

Negara-negara di atas mempercayakan banyak pemain muda di dalam skuad. Dengan dibantu para pemain senior, kehadiran mereka diharapkan bisa memberi warna baru bagi permainan tim. Dengan komposisi tersebut, akankah salah satu dari mereka juara Euro 2024?

Baca Juga: 4 Pemain Besiktas yang Tampil di Euro 2024, Adu Kualitas

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya