Lutsharel Geertruida, Sosok Serbabisa Andalan Feyenoord Rotterdam

Bintang masa depan Timnas Belanda

Nama Lutsharel Geertruida mencuat sebagai salah satu sosok pemain potensial di sepak bola Eropa. Penampilannya bersama Feyenoord Rotterdam banyak mendapat sorotan. Baru 23 tahun, ia tampak matang daripada pemain seusianya. Pemain asal Belanda ini merupakan pemain serbabisa di lini belakang De club van het volk.

Seperti apa sebenarnya sosok Lutsharel Geertruida? Mari mengenal lebih dekat perjalanan karier pemain serbabisa andalan Feyenoord Rotterdam!

1. Lahir dan tumbuh besar di Rotterdam

Lutsharel Geertruida, Sosok Serbabisa Andalan Feyenoord RotterdamLutsharel Geertruida (instagram.com/lutshageertruida)

Lutsharel Geertruida merupakan pemain kelahiran Rotterdam, Belanda, 18 Juli 2000. Ia bergabung dengan akademi lokal Overmaas Rotterdam saat anak-anak. Ketika berusia 9 tahun, ia pindah ke akademi lain, Sparta Rotterdam. Bersama Sparta, ia menimba ilmu selama 3 tahun.

Pada 2012, Geertruida kemudian pindah ke akademi yang lebih mentereng, Feyenoord Rotterdam. Saat itu, usianya menginjak 12 tahun. Bakatnya terasah dengan baik di Feyenoord. Geertruida menjadi pemain menonjol di sektor pertahanan. 

2. Berkembang menjadi pemain belakang serbabisa

Lutsharel Geertruida, Sosok Serbabisa Andalan Feyenoord RotterdamLutsharel Geertruida (instagram.com/lutshageertruida)

Kiprah Lutsharel Geertruida di akademi Feyenoord menanjak. Ia dengan cepat diandalkan di berbagai kelompok usia. Dalam waktu 5 tahun, perkembangannya signifikan dan menonjol di akademi. Hal ini membuatnya berkesempatan debut bersama tim utama pada 25 Oktober 2017. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada laga putaran kedua KNVB Cup kontra AVV Swift.

Musim 2018/2019 menjadi periode awal kariernya di tim utama Feyenoord. Geertruida dipromosikan dari akademi, tetapi menit bermainnya masih minim. Begitu juga musim selanjutnya, ia masih menjadi pelapis di sektor bek kanan. Ia sempat absen lama untuk menjalani pemulihan cedera lutut. Tercatat, ia memainkan 17 laga di Eredivisie Belanda.

Geertruida mulai menggebrak pada musim 2020/2021. Ia perlahan menjadi andalan dengan mencatatkan 37 laga dengan kontribusi 8 gol dan 2 assist. Dominan sebagai bek kanan, kemampuan serbabisanya yang membuatnya menarik perhatian. Ia kerap dipasang sebagai bek tengah, bek kiri, gelandang sayap, hingga gelandang bertahan. Ini menjadi kelebihannya. 

Baca Juga: 4 Pemain Serie A yang Membela Timnas Belanda di Euro 2024

3. Meningkat pesat di bawah asuhan Arne Slot

Lutsharel Geertruida, Sosok Serbabisa Andalan Feyenoord RotterdamLutsharel Geertruida (instagram.com/lutshageertruida)

Arne Slot bisa dibilang sebagai pelatih yang mampu memaksimalkan potensi Lutsharel Geertruida. Datang ke Feyenoord pada musim panas 2021, ia membawa tim menjadi berprestasi. Juru taktik asal Belanda itu berperan besar dalam karier sang pemain. 

Geertruida menjadi sosok kunci permainan Feyenoord di bawah asuhan Arne Slot. Pada musim 2021/2022, ia diandalkan dalam 41 laga dengan sumbangsih 4 gol dan 1 assist. Pada musim tersebut, ia membantu tim finis ketiga di Eredivisie dan mentas di final Liga Konferensi Eropa. 

Musim 2022/2023, Geertruida berperan krusial membawa Feyenoord menjuarai Eredivisie. Ia tampil sebanyak 30 kali dengan kontribusi 3 gol dan 2 assist. Ia pun menjadi salah satu pemain muda yang mulai menarik perhatian Eropa. Kualitasnya sebagai pemain belakang serbabisa membuatnya dengan cepat mendapatkan atensi. 

Ban kapten juga dipercayakan kepada Geertruida. Musim 2023/2024, ia kerap menjalani tugas ini saat kapten utama, Gernot Trauner, tidak bermain. Dengan usia yang masih muda, ia mampu mengomandoi rekan-rekannya. Secara keseluruhan, ia sudah memainkan 198 laga dengan 24 gol dan 11 assist bersama Feyenoord.

4. Calon bintang Timnas Belanda

Lutsharel Geertruida, Sosok Serbabisa Andalan Feyenoord RotterdamLutsharel Geertruida (instagram.com/lutshageertruida)

Penampilan Lutsharel Geertruida di level internasional sudah dimulai sejak belia. Ia membela Belanda di berbagai level, mulai dari U-16 hingga U-21. Ia memainkan total 41 laga dengan mencetak 4 gol. Kiprah impresifnya pada usia muda ini berlanjut ke level senior. 

Debut Geertruida bersama Timnas Belanda terjadi pada Maret 2023. Saat itu, ia bermain melawan Prancis di Kualifikasi Euro 2024. Seiring waktu, ia menjadi langganan dipanggil ke timnas. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi tujuh caps. Ia berpotensi menjadi bintang masa depan. Gelaran Euro 2024 bakal menjadi kompetisi major pertamanya bersama De Oranje. 

5. Jadi incaran klub-klub top Eropa

Lutsharel Geertruida, Sosok Serbabisa Andalan Feyenoord RotterdamLutsharel Geertruida (instagram.com/lutshageertruida)

Jelang bursa transfer musim panas 2024, Lutsharel Geertruida mencuat menjadi salah satu komoditas panas. Penampilannya bersama Feyenoord membuat banyak klub menaruh minat. Sederet klub dari Inggris mulai memantaunya. Liverpool, Newcaslte United, Tottenham Hotspur, dan West Ham United menjadi beberapa klub yang akan berebut.

Kontrak Geertruida di Feyenoord akan habis pada 2026. Belum ada tanda-tanda pihak klub untuk memperpanjangnya. Dengan sejumlah klub yang tengah meminatinya, potensi kepindahannya pada musim panas 2024 terbuka lebar. Namun, sang pemain akan fokus untuk gelaran Euro 2024 bersama Timnas Belanda. Masa depannya baru akan ditentukan setelah turnamen berakhir. Menarik untuk menantikan langkah karier yang dpilihnya. 

Baca Juga: Raoul Bellanova, Bintang Torino yang Siap Bikin Gebrakan di Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya