Langkah Meyakinkan Timnas Spanyol Menuju Final Euro 2024

Sapu bersih semua laga dengan kemenangan! #EURO2024

Spanyol bakal menjadi unggulan pada partai final Euro 2024. Ini tidak terlepas dari performa impresif yang ditunjukkan sepanjang turnamen. Keberhasilan tim besutan Luis de la Fuente menembus final ini sekaligus menandai kembalinya mereka setelah 12 tahun. Kali terakhir La Roja mentas pada partai puncak adalah saat menjuarai Euro 2012 lalu.

Dalam perjalanannya ke final, Spanyol melangkah secara meyakinkan. La Roja sukses menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Ini yang membuat status mereka menjadi unggulan pada partai final nanti. Tak cuma meraih kemenangan, permainan yang ditunjukkan juga menghibur sehingga ini menjadi modal kuat untuk menjuarai Euro 2024.

Lantas, seperti apa perjalanan Spanyol dari awal turnamen hingga menuju ke final Euro 2024? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Spanyol sapu bersih laga fase grup dengan kemenangan dan tanpa kebobolan

Langkah Meyakinkan Timnas Spanyol Menuju Final Euro 2024Para pemain Spanyol merayakan gol ke gawang Kroasia di matchday 1 Grup B Euro 2024. (uefa.com)

Spanyol melakoni laga perdana fase grup dengan menghadapi Kroasia. Diprediksi berjalan ketat, La Roja nyatanya mampu menang meyakinkan 3-0. Ini berlanjut pada laga kedua ketika menghadapi Italia. Duel klasik ini memang berjalan ketat. Namun, Spanyol berhasil menang 1-0.

Pada laga terakhir kontra Albania, Spanyol juga menang dengan skor 1-0 via gol tunggal Ferran Torres. Pasukan Luis de la Fuente keluar sebagai juara grup dengan meyakinkan. Padahal, grup ini disebut sebagai grup neraka. Namun, Spanyol sukses menaklukkan grup tersebut.

2. Spanyol tak kesulitan tumbangkan debutan Georgia pada babak 16 besar

Langkah Meyakinkan Timnas Spanyol Menuju Final Euro 2024Selebrasi para pemain Spanyol usai mencetak gol ke gawang Georgia pada babak 16 besar Euro 2024. (uefa.com)

Status juara Grup B membuat Spanyol menjadi unggulan. Pada babak 16 besar, mereka menghadapi Georgia. Berstatus debutan, Georgia mampu memberi kejutan dengan memimpin terlebih dahulu. Gol bunuh diri Robin Le Normand membuat tim asal Eropa Timur itu unggul 1-0.

Namun, Spanyol mampu menunjukkan kualitasnya. La Roja berbalik mendominasi dan mencetak empat gol balasan. Gelontoran gol tersebut dicetak oleh Rodri, Fabian Ruiz, Nico Williams, dan Dani Olmo. Spanyol mengunci kemenangan 4-1 untuk melaju ke perempat final.

Baca Juga: Harry Kane Masuk Top Scorer Euro 2024, Lawan Dani Olmo

3. Pada perempat final, Spanyol kalahkan Jerman melalui pertarungan selama 120 menit

Langkah Meyakinkan Timnas Spanyol Menuju Final Euro 2024Selebrasi pemain Spanyol, Dani Olmo, usai mencetak gol ke gawang Jerman pada perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Tuan rumah Jerman menunggu Spanyol pada perempat final. Seperti yang sudah diprediksi, laga ini berjalan ketat dengan intensitas tinggi. Kedua tim menunjukkan kualitasnya masing-masing dengan saling jual-beli serangan. Namun, skor tanpa gol menutup babak pertama.

Selepas jeda, Spanyol tancap gas dengan membuka skor. Gol Dani Olmo pada menit 51 membawa La Roja unggul. Jerman yang tertinggal berusaha untuk mengejar. Perjuangan yang dilakukan tim tuan rumah ini pun akhirnya berujung gol pada menit 89. Lesakan Florian Wirtz memaksa laga berakhir 1-1 pada waktu normal dan berlanjut ke extra time.

Saat extra time, kedua tim juga tak mengendurkan serangan. Spanyol dan Jerman saling berbalas serangan. Namun, Jerman dibuat gigit jari pada pengujung laga. Gol penentu kemenangan Spanyol hadir pada menit 119. Mikel Merino menjadi pahlawan untuk membawa La Roja melaju ke semifinal. Spanyol mengalahkan tuan rumah dengan skor 2-1.

4. Spanyol menangi duel sengit melawan Prancis pada semifinal

Langkah Meyakinkan Timnas Spanyol Menuju Final Euro 2024Selebrasi para pemain Spanyol usai mencetak gol ke gawang Prancis pada semifinal Euro 2024. (uefa.com)

Pada semifinal, Spanyol ditantang lawan tangguh lain, yakni Prancis. Laga intens sudah terjadi sejak awal laga. Prancis mampu unggul terlebih dahulu via gol cepat Randal Kolo Muani pada menit 9. Namun, Spanyol mencoba terus menekan untuk menyamakan skor.

Tak berselang lama, Lamine Yamal mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti pada menit 21. Hanya berselang 4 menit, Dani Olmo membawa Spanyol berbalik unggul berkat aksi individunya di dalam kotak penalti Prancis untuk mencetak gol. Hingga laga berakhir, tidak ada gol yang tercipta. Spanyol berhasil melaju ke final usai menang 2-1 atas Prancis.

5. Bakal ditantang Inggris pada partai final

Langkah Meyakinkan Timnas Spanyol Menuju Final Euro 2024Selebrasi para pemain Spanyol usai lolos ke final Euro 2024. (uefa.com)

Spanyol akan menghadapi Inggris pada partai final. Bisa dibilang, pertarungan ini bakal berjalan ketat. Pasalnya, Inggris mempunyai pengalaman sebagai runner up Euro 2020 lalu. Ada beberapa pemain yang masih ada di dalam skuad sehingga menjadi modal berlaga.

Sementara itu, terakhir kali Spanyol mentas di final terjadi pada 2012 lalu ketika meraih juara. Satu-satunya pemain yang ada di dalam skuad hanyala Jesus Navas. Permainan baru yang atraktif akan dibawa Spanyol untuk menumbangkan Inggris pada partai puncak nantinya.

Dengan performa yang ditunjukkan Spanyol sejak awal turnamen, tidak berlebihan mereka diunggulkan pada laga final. Terlebih lagi, Inggris juga tampil kurang meyakinkan meski mampu melaju ke partai puncak. Namun, semua hal bisa terjadi di lapangan. Mampukah Spanyol merengkuh gelar juara Euro 2024?

Baca Juga: 4 Pemain Kelahiran Catalan yang Bawa Spanyol ke Final Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya