3 Klub Debutan yang Bakal Mentas di Liga Champions 2024/2025

Salah satunya Girona!

Intinya Sih...

  • Girona tampil di Liga Champions 2024/2025 setelah finis di peringkat ketiga LaLiga Spanyol 2023/2024
  • Debutan Girona akan menghadapi Paris Saint-Germain, Liverpool, AC Milan, dan Arsenal di fase liga
  • Brestois 29 dan Slovan Bratislava juga debutan dengan jadwal pertandingan yang menantang

Liga Champions Eropa 2024/2025 segera bergulir. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, format baru diperkenalkan pada musim ini. Sebanyak 36 klub akan bertanding untuk bisa lolos ke fase gugur dengan melewati fase liga terlebih dahulu. 

Dari 36 klub yang bakal berkompetisi, sebanyak 3 di antaranya berstatus debutan. Lantas, klub mana saja dan bagaimana peluang mereka di Liga Champions 2024/2025? Simak ulasannya berikut ini.

1. Girona bakal menempuh jalan berliku di Liga Champions

3 Klub Debutan yang Bakal Mentas di Liga Champions 2024/2025Girona (twitter.com/GironaFC)

Keberhasilan Girona tampil di Liga Champions 2024/2025 tidak terlepas dari kiprah mereka di LaLiga Spanyol 2023/2024 lalu. Secara mengejutkan, mereka berhasil finis di peringkat ketiga. Bahkan, tim besutan Michel Sanchez ini sempat bersaing juara di pertengahan musim. 

Konsistensi yang ditunjukkan Girona membuat mereka bakal melakoni debut di Liga Champions. Tentunya, ini merupakan pencapaian yang apik bagi klub baru promosi. Girona naik kasta ke LaLiga pada 2022/2023. Namun, mereka melesat cepat hingga bisa bersaing di papan atas. Ini menunjukkan kesiapan mereka untuk tampil di Liga Champions nantinya.

Pada musim ini, jalan berliku akan ditempuh Girona di fase liga. Girona bertandang ke markas Paris Saint-Germain pada laga perdana. Setelah itu, dua laga kandang akan dilakoni dengan menjamu Feyenoord Rotterdam dan Slovan Bratislava. Girona akan bertandang lagi menghadapi PSV Eindhoven dan SK Sturm Graz. Tiga laga terakhir harus dihadapi Girona dengan melawan Liverpool, AC Milan, dan Arsenal.

Baca Juga: 3 Klub Spanyol Terakhir yang Debut di Liga Champions sebelum Girona

2. Langkah Stade Brestois 29 tidak akan mudah sebagai klub debutan

3 Klub Debutan yang Bakal Mentas di Liga Champions 2024/2025Stade Brestois 29 (x.com/SB29)

Stade Brestois 29 tampil mengejutkan di Ligue 1 Prancis 2023/2024 lalu. Skuad asuhan Eric Roy mampu mengakhiri musim di peringkat ketiga. Ini sekaligus membuat klub berjuluk Les Pirates ini lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. 

Namun, langkah Brest di Liga Champions tidak mudah. Mereka bakal melawan klub-klub yang sudah berpengalaman di kompetisi ini. Laga perdana Brest dimainkan di markas sendiri dengan menjamu SK Sturm Graz. Setelah itu, Brest melawat ke Austria menghadapi RB Salzburg.

Brest kemudian akan menerima kunjungan Bayer Leverkusen pada laga ketiga. Selepas itu, Brest harus bertandang ke Sparta Praha. Tantangan sulit akan dihadapi pada empat laga sisa. Brest akan menghadapi Barcelona, PSV Eindhoven, Shahktar Donetsk, dan Real Madrid.

3. Slovan Bratislava siap debut dengan modal tak terkalahkan selama kualifikasi Liga Champions

3 Klub Debutan yang Bakal Mentas di Liga Champions 2024/2025Slovan Bratislava (en.skslovan.com)

Slovan Bratislava bakal debut di Liga Champions 2024/2025. Perjuangan klub berjuluk Belasi ini dilalui dengan gemilang. Berstatus sebagai juara Liga Slovakia, Bratislava harus lolos via jalur kualifikasi. Skuad besutan Vladimír Weiss berhasil menjalani fase tersebut tak terkalahkan.

Dari 8 laga yang dijalani, Bratislava berhasil mencatatkan 5 kemenangan dan 3 kali imbang. Kelolosan mereka dipastikan setelah mengalahkan FC Midtylland dengan agregat 4-3. Ini merupakan hasil impresif bagi klub yang lolos ke Liga Champions melalui kualifikasi.

Bratislava akan melakoni laga pembuka dengan bertandang ke Celtic. Setelah itu, laga berat melawan Manchester City dilakukan di markas sendiri. Bratislava juga akan bertemu klub debutan lain, yakni Girona. Dua laga kandang beruntun akan dijalani dengan lawan-lawan sulit, yakni Dinamo Zagreb dan AC Milan. Tantangan lebih berat harus ditaklukkan pada tiga laga sisa. Bratislava bakal bertemu Atletico Madrid, VfB Stuttrgart, dan Bayern Munich.

Tiga klub di atas bakal membuktikan kualitasnya sebagai klub debutan. Dengan sistem yang berbeda dari edisi sebelumnya, laga yang dijalani akan lebih banyak dan lebih sulit. Konsistensi dan kedalaman skuad diperlukan agar bisa bersaing dengan klub lain. Menarik dinantikan kiprah mereka di Liga Champions 2024/2025.

Baca Juga: 3 Laga Tandang Terakhir Liverpool ke Markas Klub Italia di UCL

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya