3 Keuntungan yang Didapatkan Juventus dari Douglas Luiz

Sosok gelandang berkualitas!

Douglas Luiz merupakan rekrutan pertama Juventus pada musim panas 2024. Ia ditebus dari Aston Villa seharga 50 juta euro atau Rp877 miliar. Gelandang asal Brasil ini meneken kontrak berdurasi 5 tahun, yang akan membuatnya berada di Turin hingga 2029 mendatang.

Kedatangan Luiz ini menandai era baru Juventus di bawah asuhan pelatih Thiago Motta. Sang pemain merupakan sosok yang tengah naik daun dalam beberapa musim terakhir. Pada 2023/2024 lalu, ia membantu Aston Villa finis keempat di English Premier League. Ini membuat klub asal inggris tersebut bakal mentas di Liga Champions Eropa 2024/2025.

Dengan kualitas yang sudah terbukti tersebut, Luiz bisa membawa energi baru ke dalam permainan Juventus. Ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan tim dengan kedatangan pemain berusia 26 tahun ini. 

1. Sosok gelandang serbabisa

3 Keuntungan yang Didapatkan Juventus dari Douglas LuizDouglas Luiz (instagram.com/dgoficial)

Douglas Luiz merupakan sosok gelandang serbabisa. Posisi utamanya adalah gelandang sentral. Namun, ia dapat memainkan peran sebagai gelandang bertahan dan gelandang serang. Ini merupakan kelebihan yang dimilikinya sehingga bisa fleksibel di dalam permainan tim. 

Kontribusi tersebut juga ditunjukkan melalui jumlah keterlibatan gol. Selama 5 musim memperkuat Aston Villa, Luiz mampu diandalkan dalam 204 pertandingan di berbagai kompetisi. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia berkontribusi dengan 22 gol dan 24 assist.

Baca Juga: Profil Thiago Motta, Pelatih Baru Juventus Pengganti Allegri

2. Tipikal gelandang yang pandai menguasai bola dan punya kreativitas tinggi

3 Keuntungan yang Didapatkan Juventus dari Douglas LuizDouglas Luiz (instagram.com/dgoficial)

Douglas Luiz merupakan tipikal gelandang yang pandai menguasai bola. Ia menjadi pemain pengatur tempo permainan berkat kemampuan dan inteligensinya dalam menemukan ruang kosong. Ia bisa bermain spartan untuk merebut bola yang berada di area pertahanan. Tak jarang, ia juga memberi umpan-umpan terobosan kepada koleganya di lini serangan. 

Selain itu, Luiz juga menjadi eksekutor bola mati di Aston Villa. Pada 2023/2024, ia mencetak sembilan gol. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dalam semusim selama kariernya. Empat gol di antaranya tercipta dari titik putih. Ini juga dilengkapi dengan torehan lima assist.  

Unai Emery berperan penting dalam perubahan Luis menjadi tipikal gelandang yang fleksibel. Manajer asal Spanyol tersebut memberi keleluasaan terhadap sang pemain. Ini yang membuatnya bisa menjadi pengatur tempo permainan sekaligus ikut membantu penyerangan. Sang gelandang menjadi sosok krusial sekaligus pembeda di dalam permainan tim.

"Dia adalah pemain yang selalu memiliki naluri bagus untuk masuk ke dalam kotak penalti. Dia mencetak gol karena instingnya sangat bagus. Ia merasa nyaman untuk masuk ke dalam kotak penalti lawan ketika kami berada di sepertiga lapangan," kata Unai Emery, dikutip dari Sky Sports.

3. Minim riwayat cedera

3 Keuntungan yang Didapatkan Juventus dari Douglas LuizDouglas Luiz (instagram.com/dgoficial)

Satu hal lain yang bakal menjadi keuntungan bagi Juventus adalah riwayat cedera Douglas Luiz. Selama di Aston Villa, ia tidak pernah mengalami masalah pada kondisi fisiknya. Meski sepak bola Inggris terkenal dengan intensitasnya, sang pemain tidak terkendala dengan hal tersebut. 

Terakhir kali Luiz menderita cedera terjadi saat memperkuat Girona pada 2018/2019. Ia tiga kali absen di sepanjang musim, tetapi semuanya hanya masalah otot. Ini bukan hal yang krusial sebab tidak akan kambuh seperti cedera parah lainnya. Kondisi fit yang terus ditunjukkan oleh sang pemain akan sangat berguna untuk membawa Juventus kompetitif kembali.

Tiga hal di atas menjadi keuntungan utama yang bisa didapatkan Juventus dari Douglas Luiz. Dengan kualitas yang dimilikinya, potensi untuk menjadi andalan bakal terbuka lebar. Kemampuan ofensif dan defensif yang sama baiknya akan penting bagi strategi yang dijalankan Thiago Motta. Menarik menantikan kiprahnya bersama I Bianconeri.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis yang Direkrut Juventus sebelum Khephren Thuram

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya