3 Keuntungan yang Didapatkan Bayern Munich dari Joao Palhinha

Sosok gelandang spartan!

Bayern Munich telah merekrut salah satu gelandang berkualitas pada musim panas 2024. Joao Palhinda didatangkan dari Fulham dengan biaya 51 juta euro atau Rp900 miliar. Pemain asal Portugal ini dikontrak selama 4 tahun hingga 2028 mendatang. 

Kedatangan Palhinha ke Allianz Arena ini menandai era baru Bayern Munich di bawah asuhan Vincent Kompany. Perannya sebagai gelandang bertahan dinilai cocok untuk memainkan strategi yang dijalankan pelatih asal Belgia tersebut. Ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan dari kehadiran Palhinha dalam permainan tim. Apa saja?

1. Sosok gelandang bertahan yang spartan

3 Keuntungan yang Didapatkan Bayern Munich dari Joao PalhinhaJoao Palhinha (kanan) beraksi bersama Fulham. (instagram.com/joaopalhinha6)

Bayern Munich mendapatkan sosok gelandang bertahan dalam diri Joao Palhinha. Sejak kepergian Javi Martinez pada 2021 lalu, tim seakan kehilangan pemain yang bisa menjalankan peran tersebut dengan baik. Kedatangannya diharapkan bisa membantu tim bermain lebih baik.

Sosoknya yang spartan dalam bermain menjadi keuntungan. Palhinha tipikal pemain yang tak segan bermain keras demi melindungi bola. Gelandang asal Portugal ini memiliki keunggulan dalam tekel dan duel udara. Ini yang membuat perannya sangat krusial.

Selain itu, kemampuannya dalam intersep juga apik. Palhinha tak segan memotong serangan lawan dengan keras. Ini sudah terbukti ketika membela Fulham. English Premier League yang dikenal sebagai liga dengan fisik yang keras membuatnya siap diandalkan Bayern Munich. Tugasnya sebagai jenderal lapangan tengah akan dibutuhkan oleh tim.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Pernah Berseragam Bayern Munich

2. Jago tekel dan duel udara

3 Keuntungan yang Didapatkan Bayern Munich dari Joao PalhinhaJoao Palhinha (kanan) menekel Cody Gakpo. (instagram.com/joaopalhinha6)

Salah satu keunggulan yang dimiliki Joao Palhinha adalah soal urusan tekel. Ini dibuktikan melalui penampilannya bersama Fulham di Premier League 2023/2024. Musim lalu, ia mencatatkan jumlah tekel tertinggi sebanyak 152 kali. Bisa dibilang, ini merupakan spesialisasinya dalam bermain. Ia tak segan untuk menekel lawan demi mendapatkan bola.

Tak cuma jago tekel, Palhinha juga sosok yang mahir dalam duel udara. Ini didukung tinggi badannya yang mencapai 190 cm. Pemain 29 tahun ini bakal dengan mudah melakukan intersep bola-bola atas. Fisiknya yang kuat menjadi kelebihan yang dimanfaatkannya ketika melakukan duel dengan pemain lawan.

Dengan dua kelebihan utama tersebut, Palhinha akan sangat krusial dalam memutus serangan lawan. Ia bisa menjadi tembok awal sebelum pertahanan Bayern Munich diserang. Kemampuannya ini juga didukung dengan inteligensinya dalam membaca permainan. Ia paham bagaimana menempatkan diri berdasarkan situasi.

3. Fisik yang bugar membuatnya minim riwayat cedera

3 Keuntungan yang Didapatkan Bayern Munich dari Joao PalhinhaJoao Palhinha (instagram.com/joaopalhinha6)

Satu hal lain yang menjadi keuntungan Bayern Munich adalah kebugaran fisik dari Joao Palhinha. Sepanjang kariernya, ia tak pernah mengalami cedera parah. Tercatat, ia hanya pernah absen selama empat kali ketika memperkuat Sporting CP dan Fulham.

Ketika di Sporting CP, Palhinha absen tiga kali. Namun, hanya sekali dirinya mengalami cedera pada ototnya. Pemulihannya juga singkat, selama 18 hari. Sementara itu, dua lainnya disebabkan influenza dan COVID-19. Saat memperkuat Fulham, ia hanya absen sekali akibat dislokasi pada tulang selangkanya. Ia bisa kembali merumput setelah 24 hari.

Selain kualitasnya sebagai pemain, faktor fisik juga menjadi hal krusial. Ini menunjukkan kemampuannya dalam menjaga kondisi tetap berada di level atas. Padahal, usianya sudah 29 tahun, tetapi minimnya riwayat cedera menjadi bukti kepandaiannya dalam menjaga tubuh. Dengan banyaknya kompetisi yang diikuti Bayern Munich, ini merupakan keuntungan besar.

Joao Palhinha bisa menjadi tambahan signifikan di dalam permainan Bayern Munich. Tiga keuntungan di atas merupakan hal yang bisa dimanfatkan dengan baik. Setelah musim lalu nihil trofi, kedatangannya bisa membantu tim kembali bermain kompetitif di berbagai ajang pada musim mendatang. Menarik menantikan kiprahnya.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Bayern Munich yang Kini Merumput di Serie A Brasil

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya