Jelang Man United vs Man City di EPL 2023, Siapa Paling Diunggulkan?

Derbi Manchester pada pekan ke-10

Pekan ke-10 English Premier League 2023/2024 akan menyuguhkan sejumlah laga menarik. Salah satu duel yang paling dinanti adalah pertemuan antara Manchester United dan Manchester City. Kedua tim bakal beradu strategi di Old Trafford pada Minggu (29/10/2023) pukul 22.30 WIB.

Duel bertajuk Derbi Manchester ini memasuki edisi ke-191 dan akan menjadi laga penuh gengsi. Manchester United maupun Manchester City selalu menyajikan permainan dengan intensitas tinggi. Terlebih lagi, kedua tim saat ini sedang dalam performa yang berbeda. Kondisi ini akan membuat jalannya pertandingan sulit untuk ditebak.

Lantas, siapakah yang paling diunggulkan pada Derbi Manchester kali ini? Mari menilik persiapan Manchester United dan Manchester City jelang bentrokan keduanya pada pekan ke-10 EPL 2023/2024.

1. Kedua tim punya modal positif setelah menang pada laga fase grup Liga Champions 2023/2024

Jelang Man United vs Man City di EPL 2023, Siapa Paling Diunggulkan?Manchester United (uefa.com)

Manchester United dan Manchester City sama-sama meraih kemenangan di partai ketiga Liga Champions Eropa 2023/2024. The Red Devils berhasil menumbangkan FC Copenhagen, sedangkan The Citizens menang meyakinkan atas BSC Young Boys. Hasil laga ini menjadi modal berharga bagi kedua tim saat bersua di Derbi Manchester.

Jika menilik performa masing-masing tim di Premier League, Manchester United tengah berusaha untuk bangkit. Tim besutan Erik ten Hag ini mengawali musim yang buruk. Dari 9 kali bertanding, The Red Devils sudah menderita 4 kekalahan. Hal ini membuat mereka masih tercecer di papan tengah dengan menempati posisi delapan di klasemen.

Sementara, Manchester City punya status sebagai juara bertahan Premier League. Itu membuat mereka mengawali liga dengan baik. Namun, performa mereka menurun dengan menelan dua kekalahan beruntun. Penurunan performa ini menjadi catatan yang harus dibenahi. Kendati demikian, The Citizens saat ini masih berada di papan atas dengan menduduki peringkat kedua.

2. Manchester City wajib waspada meski lebih diunggulkan dari Manchester United

Jelang Man United vs Man City di EPL 2023, Siapa Paling Diunggulkan?Manchester City (premierleague.com)

Manchester City jelas menjadi unggulan pada laga ini. Terlebih lagi, tidak terlalu banyak pemain penting yang absen. The Citizens bisa mengeluarkan performa terbaiknya setelah pada beberapa laga terakhir meraih hasil kurang maksimal.

Meski begitu, jika melihat riwayat lima pertemuan terakhir, Derbi Manchester sejatinya berlangsung cukup berimbang. Manchester City memenangi laga sebanyak tiga kali. Sementara, Manchester United hanya dua kali. Skuad besutan Pep Guardiola harus waspada terhadap tim tuan rumah.

Pada pertemuan di Premier League 2022/2023 lalu, Manchester City berhasil menang telak 6-3 pada laga perdana. Pada perjumpaan kedua, giliran Manchester United yang menang dengan skor 2-1. Duel kedua tim ini diprediksi akan berjalan sengit dengan saling jual beli serangan.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Membela Manchester City pada 2023/2024

3. Manchester United kokoh di belakang, tetapi melempem di depan

Jelang Man United vs Man City di EPL 2023, Siapa Paling Diunggulkan?Harry Maguire dan Andre Onana (twitter.com/ManUtd)

Old Trafford akan membantu Manchester United menemukan kembali konsitensi permainan. Awal musim yang buruk membuat Erik ten Hag berbenah. Hal itu dibuktikan dengan mulai padunya para pemain. Namun, catatan cukup jomplang terlihat dari lini pertahanan dan serangan The Red Devils.

Pertahanan Manchester United mulai membaik. Andre Onana yang jadi sasaran kritik di awal kedatangannya perlahan menunjukkan kualitasnya. Blunder yang sering dilakukannya mulai berkurang dan juga kerap melakukan penyelamatan krusial. Selain itu, ada Harry Maguire yang bangkit menunjukkan performa terbaiknya. Dikritik habis-habisan dan jarang dimainkan membuatnya berlatih lebih keras. Dalam tiga laga terakhir ketika sang bek turun sebagai starter, Manchester United mampu meraih kemenangan. 

Sementara, di lini serang, kehadiran Rasmus Hojlund belum bisa dimaksimalkan. Salah satu sorotan tertuju kepada Marcus Rashford yang dianggap sering egois. Dalam tiga laga terakhir, tidak ada striker Manchester United yang mencetak gol. Hal ini bisa menjadi titik kelemahan untuk membongkar pertahanan Manchester City. Namun, hal ini tetap bisa disiasati dengan kreativitas yang dimiliki Bruno Fernandes. Sang gelandang berpotensi menjadi pembeda jika lini depan tim mengalami kebuntuan.

4. Sejumlah pemain akan absen pada laga ini

Jelang Man United vs Man City di EPL 2023, Siapa Paling Diunggulkan?Manuel Akanji (premierleague.com)

Manchester United masih tanpa Tyrell Malacia, Luke Shaw, Aaron Wan-Bissaka, dan Lisandro Martinez yang menderita cedera. Selain itu, Jadon Sancho juga masih ditangguhkan. Namun, Raphael Varane dan Casemiro sudah pulih dari cedera dan siap berlaga kembali.

Sementara itu, Manchester City kehilangan Kevin De Bruyne yang mengalami cedera. Manuel Akanji juga absen akibat kartu merah yang diterima pada laga sebelumnya. Selain itu, tidak ada pemain yang absen lagi jelang derbi kali ini.

Derbi Manchester kali ini berpotensi menyuguhkan duel sengit antar kedua tim. Manchester City yang menjadi unggulan tidak akan mudah bermain di Old Trafford. Sementara dukungan para suporter tuan rumah akan membakar semangat Manchester United demi bisa meraih kemenangan. Siapakah yang bakal memenangi pertarungan kali ini?

Baca Juga: 3 Momen Gol Harry Maguire Jadi Penentu Kemenangan Manchester United

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya