4 Gol Cepat yang Tercipta di Euro 2024, Nadim Bajrami Ukir Rekor!

Bajrami hanya butuh 23 detik! #EURO2024

Intinya Sih...

  • Nedim Bajrami mencetak gol tercepat sepanjang sejarah Euro dalam 23 detik saat Albania melawan Italia.
  • Merih Demiral mengukir sejarah dengan gol kedua tercepat dalam sejarah Euro, hanya butuh 57 detik saat Turki melawan Austria.
  • Youri Tielemans membuat sejarah dengan golnya dalam 1 menit 13 detik saat Belgia melawan Rumania.

Euro 2024 telah menemukan pemenangnya. Spanyol berhasil menjadi juara usai mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 di final.

Sepanjang gelaran turnamen, banyak kejadian yang menarik di tiap pertandingan. Salah satunya adalah terciptanya gol dalam waktu yang cepat. 

Rekor gol tercepat sepanjang sejarah Euro berhasil dipecahkan pada edisi 2024. Nedim Bajrami asal Albania mencetak gol hanya dalam 23 detik saat negaranya melawan Italia. Menariknya, pada turnamen kali ini tercipta lebih dari satu gol cepat. Termasuk gol Bajrami, berikut deretan gol cepat yang terjadi di Euro 2024. 

1. Nedim Bajrami mencetak gol dalam 23 detik untuk Albania saat menghadapi Italia

4 Gol Cepat yang Tercipta di Euro 2024, Nadim Bajrami Ukir Rekor!Nedim Bajrami (uefa.com)

Nedim Bajrami memecahkan rekor gol tercepat dalam sejarah Euro. Ini terjadi saat Albania menghadapi Italia pada pertandingan perdana fase grup Euro 2024. Ia mampu mencetak gol ke gawang Italia saat permainan baru berjalan 23 detik.

Gol ini bermula dari kesalahan lemparan ke dalam Federico Dimarco. Bermaksud memberikan bola ke Alessandro Bastoni di dalam kotak penalti, Bajrami malah berhasil menyambarnya. Ia lalu melepaskan tendangan kaki kanan yang mampu berbuah gol. Sayangnya, gol ini tak mampu membawa Albania menang. Italia membalikkan keadaan dengan menang 2-1.

Baca Juga: Peraih Best Player of the Tournament Euro dalam 5 Edisi Terakhir

2. Merih Demiral membawa Turki unggul atas Austria saat laga berjalan 57 detik

4 Gol Cepat yang Tercipta di Euro 2024, Nadim Bajrami Ukir Rekor!Merih Demiral (uefa.com)

Merih Demiral mengikuti jejak Nedim Bajrami masuk buku sejarah gol tercepat. Bek andalan Turki ini menciptakan gol ke gawang Austria pada babak 16 besar Euro 2024. Ia membutuhkan waktu 57 detik untuk mencatatkan namanya di papan skor. Ini menjadi gol tercepat kedua di buku sejarah Euro.

Gol ini diawali dari skema sepak pojok yang gagal diantisipasi para pemain Austria. Bola liar di depan gawang berhasil disambar oleh Demiral. Pada laga ini, ia menambah satu gol lagi untuk memastikan Turki meraih kemenangan. Mereka melaju ke perempat final setelah mengalahkan Austria dengan skor 2-1. 

3. Youri Tielemans membutuhkan waktu 1 menit 13 detik untuk membawa Belgia unggul atas Rumania

4 Gol Cepat yang Tercipta di Euro 2024, Nadim Bajrami Ukir Rekor!Selebrasi gelandang Belgia, Youri Tielemans, usai mencetak gol ke gawang Rumania di matchday 2 Grup E Euro 2024. (uefa.com)

Youri Tielemans ikut membuat sejarah saat Belgia melawan Rumania pada laga kedua fase grup. Ia mencetak gol saat laga berjalan 1 menit 13 detik. Golnya ini membuatnya menduduki posisi keempat sebagai pencetak gol tercepat di Euro.

Youri Tielemans mencetak gol setelah menerima umpan dari Romelu Lukaku. Sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti meluncur deras ke gawang Rumania. Berkat golnya ini, Belgia mampu bermain dengan nyaman dan menambah gol melalui Kevin De Bruyne. Pada akhir laga, Belgia memenangi duel atas Rumania dengan skor 2-0.

4. Khvicha Kvaratskhelia bikin gol untuk Georgia dalam waktu 1 menit 32 detik kontra Portugal

4 Gol Cepat yang Tercipta di Euro 2024, Nadim Bajrami Ukir Rekor!Khvicha Kvaratskhelia (uefa.com)

Pada laga ketiga fase grup Euro 2024, kejutan terjadi di Grup F. Georgia sebagai debutan bertemu lawan tangguh Portugal. Di luar dugaan, negara asal Eropa Timur ini menumbangkan Cristiano Ronaldo cs. dua gol tanpa balas. 

Gol cepat tercipta pada laga ini melalui Khvicha Kvaratskhelia. Ia mencetak gol saat laga berjalan 1 menit 32 detik. Gol ini diawali dari kesalahan pemain Portugal dalam memberi umpan di tengah lapangan. Bola jatuh ke kaki Georges Mikautadze dan langsung melakukan serangan balik. Ia mengirim umpan ke Kvaratshkelia yang berhasil dituntaskan menjadi gol.

Deretan pemain di atas mampu mencetak sejarah melalui gol cepat yang dibuatnya. Meski dari mereka tidak ada yang menjuarai Euro 2024, terciptanya gol tersebut menjadi pencapaian istimewa. Gol cepat yang diciptakan membuat nama mereka tercatat dalam buku sejarah Euro.

Baca Juga: 3 Pemain Spanyol yang Berpotensi Jadi Buruan setelah Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya