Georges Mikautadze, Tumpuan Lini Serang Georgia di Euro 2024

Salah satu pemain krusial #EURO2024

Georges Mikautadze menjadi salah satu pemain yang mencuri perhatian di Euro 2024. Ia berperan besar dalam keberhasilan Georgia melaju ke babak 16 besar. Debut menjanjikan negara asal Eropa Timur di turnamen mayor pertama ini tidak terlepas dari peran krusialnya di lini serang tim.

Saat ini, ia memimpin daftar top skor sementara dengan torehan tiga gol. Lantas, seperti apa sosok dan kehadirannya yang bisa membantu Georgia membuat sejarah di Euro 2024? Simak profil singkat dari Georges Mikautadze di bawah ini!

1. Georges Mikautadze besar dengan tempaan sepak bola Prancis

Georges Mikautadze, Tumpuan Lini Serang Georgia di Euro 2024Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Georges Mikautadze cukup berbeda dibandingkan kebanyakan pemain di skuad Georgia. Sebagian besar para pemain merupakan didikan akademi Dinamo Tsibili yang merupakan klub besar ibu kota. Namun, pemain kelahiran 2000 ini berkembang dengan gemblengan sepak bola Prancis. Ia lahir dan besar di Lyon, kota dengan kultur sepak bola yang kental.

Awalnya, Mikautadze bergabung dengan akademi FC Gerland. Ia kemudian pindah ke akademi Olympique Lyon dan menghabiskan waktu selama 7 musim pada medio 2008–2015. Selepas itu, ia berpindah ke AS Saint-Priest dan memperkuat tim U-17. Pada 2018, Mikautadze direkrut FC Metz dan berada di akademi ini selama 2 tahun.

Kesulitan naik ke tim utama Metz, Mikautadze menjalani masa peminjaman di klub kasta kedua Liga Belgia, RFC Seraing. Di sini, ia menunjukkan kualitasnya selama 2 musim dengan mengemas 36 gol dan 4 assist dari 57 laga. Penampilannya yang menjanjikan ini membuatnya dipanggil Georgia pada 2021. Ketajamannya dibutuhkan untuk membangun skuad kompetitif.

Baca Juga: Giorgi Kochorashvili, Pemain Krusial Georgia dalam Skema Sagnol

2. Salah satu sosok kunci permainan Georgia di bawah asuhan Willy Sagnol

Georges Mikautadze, Tumpuan Lini Serang Georgia di Euro 2024Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Kendati menunjukkan performa gemilang bersama klub Belgia, Mikautadze menyerap ilmu lebih banyak dengan kultur sepak bola Prancis yang bermain praktis. Pemanggilannya ke skuad Georgia juga terjadi ketika masa awal Willy Sagnol menjabat. Ia merupakan pelatih asal Prancis. Mikautadze debut pada 25 Maret 2021 saat melawan Swedia di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Bisa dibilang, Mikautadze menjadi salah satu pemain kunci yang membantu Sagnol membangun fondasi permainan Georgia. Kesamaan latar belakang dan besar dengan tempaan sepak bola Prancis sedikit banyak memengaruhi strategi yang diterapkan. Mikautadze menjadi sosok yang tepat mengisi peran sebagai striker utama. 

Selama kurang lebih 3 tahun, Sagnol mampu membuat Mikautadze tampil efektif di lini serang Georgia. Pada Oktober 2023 lalu, ia berhasil mencetak quattrick pertama sepanjang kariernya dalam kemenangan 8-0 melawan Thailand. Sementara, pada babak kualifikasi Euro 2024, Mikautadze tampil sebanyak 10 kali dengan mencetak 3 gol. Ia sudah mengoleksi 28 caps dengan gelontoran 13 gol. Ini termasuk tiga gol yang diciptakannya di Euro 2024. 

3. Pemain krusial dalam efektivitas serang Georgia

Georges Mikautadze, Tumpuan Lini Serang Georgia di Euro 2024Georges Mikautadze (uefa.com)

Jika melihat permainan Georgia, mungkin memang lebih banyak dalam tekanan lawan. Ini bisa dilihat dari laga-laga selama fase grup Euro 2024. Mereka kerap kali hanya mendapatkan serangan balik. Namun, inilah yang berhasil dimanfaatkan Sagnol. Ada sebuah struktur yang dibangun dengan keluwesan pemain dan memanfaatkan peluang seefektif mungkin.

Menurut data dari situs resmi UEFA, Georgia menciptakan 27 peluang dengan hanya 9 yang mengancam gawang lawan dari tiga laga di fase grup Euro 2024. Di sinilah Mikautadze menunjukkan efektivitasnya. Ia membuat 7 peluang dengan 3 di antaranya tepat sasaran. Jumlah peluang on target ini sudah sepertiga dari yang dibuat tim. Meski hanya satu gol yang dicetak melalui situasi open-play, ini tidak mengubah peran krusialnya di lini serang tim. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kompetitifnya Georgia juga berkat perannya. Meski hanya bertinggi 176 cm, perannya sebagai striker sangat penting di dalam tim. Kepandaiannya dalam membuka ruang membuatnya menjadi tumpuan lini serang. Tak hanya klinis, ia juga kerap menghasilkan umpan-umpan kunci. Postur yang tidak terlalu tinggi baginya bukanlah masalah. Sebab, ia mempunyai kelebihan olah bola yang berguna untuk menunjang gaya bermainnya.

Dengan usianya yang masih 23 tahun, Mikautadze punya potensi untuk menjadi lebih baik lagi. Penampilan impresifnya di Euro 2024 ini bisa membuka jalan kariernya untuk dilirik klub-klub besar Eropa. Dengan demikian, ia dapat memperkaya pengalaman bermainnya dan membantu Georgia memenuhi ambisi untuk mentas di turnamen lebih prestise, yakni Piala Dunia. 

Baca Juga: Georgia Diguyur Bonus Rp163 Miliar Usai Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya