Profil Crysencio Summerville, Winger Muda Potensial West Ham United

Pemain muda penuh talenta yang menjanjikan

Intinya Sih...

  • West Ham United merekrut pemain muda Crysencio Summerville dari Leeds United dengan biaya 25 juta pound sterling atau Rp504 miliar, kontrak selama 5 tahun hingga 2029.
  • Summerville lahir di Rotterdam, Belanda, bergabung dengan akademi Feyenoord sejak usia 7 tahun, kemudian bermain di FC Dordrecht dan ADO Den Haag sebelum pindah ke Leeds United.
  • Dengan pengalaman bermain di level atas, Summerville diharapkan dapat menjadi andalan West Ham United untuk menambah daya gedor serangan The Hammers.

West Ham United berhasil menggaet talenta muda bernama Crysencio Summerville pada musim panas 2024. Pemain berpaspor Belanda ini direkrut dari Leeds United dengan biaya 25 juta pound sterling atau Rp504 miliar. Ia dikontrak selama 5 tahun hingga 2029 mendatang. 

Crysencio Summerville merupakan pemain muda dengan pengalaman yang matang. Usianya masih 22 tahun. Ia mempunyai segudang potensi yang bisa dimaksimalkan bersama West Ham. Lantas, siapakah sosoknya dan seperti apa perjalanan kariernya? Simak profil singkatnya berikut ini.

1. Menimba ilmu di Feyenoord Rotterdam sejak belia

Profil Crysencio Summerville, Winger Muda Potensial West Ham UnitedCrysencio Summerville (x.com/Feyenoord)

Crysencio Summerville merupakan pemain kelahiran 30 Oktober 2001 di Rotterdam, Belanda. Kecintaannya terhadap sepak bola sudah ia tunjukkan sejak belia. Ia bergabung dengan akademi Feyenoord saat usianya belum genap 7 tahun pada 2008. 

Sosoknya sebagai pemain menonjol ketika berada di akademi. Summerville dengan cepat menunjukkan kualitasnya sebagai winger potensial. Ia menjejaki jenjang di usia muda mulai U-17 hingga U-21. Total, ia menghabiskan waktu selama 12 tahun di akademi ini dengan catatan bermain di kelompok level sebanyak 37 laga. Selama itu, ia mengemas 5 gol dan 6 assist. 

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Meraih Trofi bersama Klub Inggris, Ada Juara EPL

2. Menjalani masa peminjaman di FC Dordrecht dan ADO Den Haag dengan menjanjikan

Profil Crysencio Summerville, Winger Muda Potensial West Ham UnitedCrysencio Summerville (adodenhaag.nl)

Performa apik di akademi bikin membuat Summerville mendapatkan kontrak profesional pertama dari Feyenoord. Ia meneken kontrak tersebut pada Maret 2018. Setelah itu, ia menghabiskan waktu lagi di akademi sebelum dipinjamkan pada Januari 2019.

Demi menambah pengalaman bermainnya di level atas, Summerville disekolahkan ke klub kasta kedua Liga Belanda, FC Dordrecht. Ia berada di sana selama paruh kedua musim 2018/2019. Ia tampil menjanjikan dengan catatan 18 kali bertanding dan mampu membuat 5 gol dan 1 assist.

Penampilan tersebut menarik minat klub kenamaan Eredivisie Belanda, ADO Den Haag. Summerville menjalani masa peminjaman selama musim 2019/2020. Performanya juga menjanjikan dengan memainkan 22 laga dan berkontribusi mencetak 2 gol serta 3 assist. 

3. Pindah ke akademi Leeds United dan mampu bermain mengesankan

Profil Crysencio Summerville, Winger Muda Potensial West Ham UnitedCrysencio Summerville (instagram.com/csummerville7)

Setelah mampu bermain apik selama masa peminjaman, Summerville dilirik oleh Leeds United pada musim panas 2020. Ia kemudian menerima tawaran untuk berkarier di Inggris. Saat itu, Feyenoord menjualnya dengan harga yang cukup mahal, yakni 6 juta euro atau 104 miliar. 

Summerville tak langsung masuk ke tim utama Leeds. Ia direkrut untuk menimba ilmu di akademi terlebih dahulu dengan masuk ke tim U-21. Selama musim 2020/2021, ia tampil menonjol dengan menciptakan 14 gol dan 12 assist dari 30 laga. Penampilannya ini yang membuatnya dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2021. 

4. Tampil menggebrak ketika menjadi pemain utama Leeds United

Profil Crysencio Summerville, Winger Muda Potensial West Ham UnitedCrysencio Summerville (instagram.com/csummerville7)

Peran impresifnya di akademi membuat pelatih Leeds saat itu, Marcelo Bielsa, mempromosikan Summerville. Debutnya terjadi ketika berhadapan dengan Newcasle United di Premier League pada 17 September 2021. Penampilannya saat itu mampu mencuri perhatian. 

Secara perlahan, Summerville dipercaya sering bermain di lini serangan Leeds. Pada musim tersebut, ia berhasil mencatatkan sembilan laga. Ia mulai dipercaya secara penuh ketika musim 2022/2023. Ia mampu menjadi andalan dengan memainkan 31 laga dan membuat 4 gol serta 2 assist. Sayangnya, ia gagal membantu Leeds bertahan di Premier League. 

Kendati demikian, Summerville tetap bertahan. Kiprahnya pada 2023/2024 meningkat tajam. Ia berhasil mengemas 21 gol dan 10 assist dari 49 laga. Meski gagal membawa Leeds promosi, kontribusinya membuatnya mendapat penghargaan Championship Player of the Year. Aspek inilah yang membuat West Ham kepincut dan merekrutnya pada musim panas 2024.

5. Siap memulai petualangan baru bersama West Ham United

Profil Crysencio Summerville, Winger Muda Potensial West Ham UnitedCrysencio Summerville (whufc.com)

Kiprahnya bersama West Ham tentu dinantikan. Summerville akan membuktikan kualitasnya bersama klub London ini. Kedatangannya diharapkan mampu untuk menambah daya gedor serangan The Hammers.

Potensi Crysencio Summerville untuk langsung menjadi andalan terbuka lebar. Terlebih, ia sudah mempunyai pengalaman bermain di level tertinggi sepak bola Inggris. Sejauh mana ia mampu mengantarkan West Ham melaju musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Jerman yang Pernah Memperkuat West Ham United

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya