3 Pemain Belgia Ukir Rekor Usai Bekuk Rumania di Euro 2024

Mereka berperan penting dalam kemenangan Belgia! #EURO2024

Belgia akhirnya bisa merengkuh kemenangan perdana di Euro 2024. Mereka berhasil meraih tiga poin usai mengalahkan Rumania dalam duel di RheinEneriStadion, Minggu (23/6/2024) dini hari WIB, dengan skor 2-0, di RheinEnergie Stadium. 

Dwigol kemenangan Belgia dicetak oleh Youri Tielemans dan Kevin De Bruyne. Sederet rekor berhasil dicapai oleh para pemain Belgia usai meraih kemenangan.

Ada tiga pemain yang mengukir pencapaian istimewa tersebut. Siapa saja mereka dan rekor apa yang berhasil dibuat? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini seperti dilansir Opta dan sumber lainnya.

1. Youri Tielemans pencetak gol tercepat Belgia di turnamen mayor

3 Pemain Belgia Ukir Rekor Usai Bekuk Rumania di Euro 2024Selebrasi gelandang Belgia, Youri Tielemans, usai mencetak gol ke gawang Rumania di matchday 2 Grup E Euro 2024. (uefa.com)

Youri Tielemans menjadi pembuka kemenangan Belgia atas Rumania. Belum genap dua menit, pemain Aston Villa sukses mencetak gol buat Red Devils.

Memanfaatkan umpan dari Romelu Lukaku, gelandang berusia 27 tahun ini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sepakan kaki kanannya itu gagal dibendung kiper Rumania, Florin Nita. 

Lesakan Tielemans ini diciptakan saat laga berjalan satu menit 13 detik. Opta mencatat, gol ini menjadi rekor baru buat Belgia. Tielemans sah menjadi pencetak gol tercepat bagi Belgia di turnamen mayor (Piala Dunia/Euro). Tak cuma itu, gol ini juga menjadi yang tercepat ketiga dalam sejarah Euro. 

Sebelumnya, gol tercepat di Euro dipecahkan oleh pemain Albania, Nedim Bajrami, saat menghadapi Italia pada laga perdana grup Euro 2024. Dia mampu mencetak gol saat laga baru bergulir 23 detik. Sementara itu, gol tercepat kedua diciptakan Dmitry Kirichenko dari Rusia yang membuat gol ke gawang Yunani dengan waktu satu menit lima detik di Euro 2004.

Baca Juga: Kalahkan Rumania, Belgia Jaga Asa ke 16 Besar Euro 2024

2. Kevin De Bruyne catat rekor pribadi

3 Pemain Belgia Ukir Rekor Usai Bekuk Rumania di Euro 2024Selebrasi gelandang Belgia, Kevin De Bruyne, usai mencetak gol ke gawang Rumania di matchday 2 Grup E Euro 2024. (uefa.com)

Kevin De Bruyne tampil gemilang di laga ini. Gelandang berusia 32 tahun tersebut mencetak gol kedua sekaligus memastikan kemenangan tim pada menit 80. Gol ini bermula dari umpan panjang yang dikirim kiper Belgia, Koen Casteels, dari lini pertahanan.

De Bruyne berhasil menerima bola tersebut dan langsung melepaskan tendangan dengan kaki kanannya untuk mengoyak jala gawang Rumania. 

Pada laga ini, De Bruyne menjadi pemain yang paling sering mengancam gawang Rumania. Berdasarkan catatan Opta, pemain Manchester City ini melepaskan lima tembakan yang merupakan jumlah terbanyak yang dilakukannya.dalam laga sejak Euro 2016. Saat itu, dia membuat tujuh tembakan melawan Hungaria di babak 16 besar. 

Tidak ada pemain yang memiliki lebih banyak tembakan tepat sasaran dibandingkan De Bruyne, yakni tiga kali. Dia juga melakukan tekel lebih banyak (empat) dan memenangkan lebih banyak duel pelanggaran (empat). Berkat performa impresifnya, dia dinobatkan sebagai Man of the Match Belgia kontra Rumania.

3. Jan Vertonghen pemain tertua Belgia yang tampil di Euro

3 Pemain Belgia Ukir Rekor Usai Bekuk Rumania di Euro 2024Jan Vertonghen (uefa.com)

Jan Vertonghen mencatatkan pencapaian spesial bersama Belgia di laga melawan Rumania. Dia memecahkan rekor sebagai pemain tertua Belgia yang tampil di Euro.

Dia bermain sebagai starter saat berusia 37 tahun 59 hari. Bek RSC Anderlecht ini mengalahkan rekor yang sebelumnya dibuat Lorenzo Staelens yang bermain di Euro 2000saat usianya 36 tahun 50 hari.

Rekor ini juga membuat Vertonghen menjadi pemain tertua ketiga Belgia yang mentas di turnamen besar (Piala Dunia dan Euro). Rekor pemain tertua masih dipegang Pierre Braine yang bermain ketika berusia 37 tahun 222 hari di Piala Dunia 1938. Sementara, pemain tertua kedua dicatatkan atas nama Wilfried Van Moer saat usianya 37 tahun 119 hari di Piala Dunia 1982. 

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana
  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya