3 Pemain Austria Cetak Rekor Usai Sikat Polandia di Euro 2024

Mereka jadi pemain kunci Austria di #Euro2024

Intinya Sih...

  • Austria meraih tiga poin perdana di Euro 2024 dengan kemenangan 3-1 atas Polandia.
  • Gol Austria dicetak oleh Gernot Trauner, Christoph Baumgartner, dan Marko Arnautovic.
  • Trauner menjadi pencetak gol tercepat Austria di Euro, sementara Baumgartner dan Arnautovic mencetak rekor masing-masing.

Austria sukses meraih tiga poin perdana di Euro 2024. Bertanding melawan Polandia pada laga kedua Grup D di Olympiastadion, Jumat (21/6/2024) malam WIB, pasukan Ralf Rangnick menang dengan skor 3-1. Hasil ini membuka asa Das Team untuk bisa lolos ke babak 16 besar. 

Gelontoran gol kemenangan Austria dihasilkan oleh Gernot Trauner, Christoph Baumgartner, dan Marko Arnautovic. Sementara, satu gol Polandia dicetak melalui Krzysztof Piatek. Menariknya, para pencetak gol Austria tersebut meciptakan rekor masing--masing. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Gernot Trauner cetak gol tercepat Austria di Euro

3 Pemain Austria Cetak Rekor Usai Sikat Polandia di Euro 2024Selebrasi Gernot Trauner usai mencetak gol untuk Austria di laga kontra Polandia pada matchday 2 Grup D Euro 2024. (x.com/EURO2024)

Gernot Trauner merupakan pencetak gol pembuka Austria di laga melawan Polandia. Menit sembilan, Trauner menanduk bola hasil umpan lambung Philip Mwene dari sisi kiri penyerangan. Sundulannya di depan gawang tersebut gagal dibendung oleh kiper Polandia, Wojciech Szczesny. 

Dilansir Opta, gol membawanya sebagai pencetak gol tercepat Austria di Euro. Ini sekaligus yang tercepat di turnamen mayor sejak Piala Dunia 1954 silam.

Tak hanya itu, gol ini menjadi yang pertama buat Traunier bersama Austria dalam 12 caps. Dia menyamai pencapaian Stefan Lainer yang mencetak gol pada laga pertamanya sebagai starter di Euro pada edisi 2020 lalu. Sebelumnya, Trauner hanya bermain dari bangku cadangan pada laga pertama Euro 2024 saat Austria melawan Prancis.

Baca Juga: 3 Fakta Usai Austria Kontra Polandia di Euro 2024

2. Christoph Baumgartner ukir rekor menarik

3 Pemain Austria Cetak Rekor Usai Sikat Polandia di Euro 2024Selebrasi Christoph Baumgartner usai mencetak gol untuk Austria di laga kontra Polandia pada matchday 2 Grup D Euro 2024. (uefa.com)

Gol kedua Austria dibuat oleh Christoph Baumgartner pada menit 66. Gol ini diawali dari umpan Alexander Prass dari sisi kiri penyerangan ke depan kotak penalti. Baumgartner merangsek dan melepaskan tendangan kencang dengan kaki kanannya. Bola meluncur ke sisi kiri gawang Wojciech Szczesny yang justru bergerak ke arah sebaliknya.

Satu gol ini meneruskan konsisten Baumgartner dalam mencetak gol. Ini merupakan gol keenam dalam tujuh penampilan terakhirnya bersama Austria di semua ajang. Sejak dilatih Ralf Rangnick pada 2022 lalu, Baumgartner memang menunjukkan peningkatan performa saat berseragam Das Team. Kini, dia sudah mengoleksi 16 gol dan ena, assist dari 40 caps

Tak hanya itu, Baumgartner juga menjadi pemain pertama yang mencetak lebih dari satu gol untuk Austria di Euro. Sebelumnya, dia berhasil membuat gol pada laga ketiga fase grup Euro 2020 ketika menghadapi Ukraina. Saat itu, gol yang dicetaknya membantu tim memenangkan laga dengan skor 2-1 sekaligus membawa lolos ke fase gugur.  

3. Marko Arnautovic pencetak gol tertua kedua Austria

3 Pemain Austria Cetak Rekor Usai Sikat Polandia di Euro 2024Marko Arnautovic (uefa.com)

Kemenangan Austria atas Polandia disegel oleh Marko Arnautovic, yang mencetak gol ketiga melalui eksekusi penalti pada menit 78. Sepakan kaki kanannya berhasil diarahkan ke sisi kiri gawang Wojciech Szczesny yang bergerak ke arah sebaliknya. 

Berkat golnya ini, Arnautovic resmi menjadi pencetak gol tertua kedua di turnamen mayor bagi Austria. Pada laga ini, usianya adalah 35 tahun dan 73 hari. Rekor pencetak gol tertua Austria masih dipegang Ivica Vastic, yang juga mencetak gol dari titik putih. Menariknya, Vastic juga menorehkan rekor itu kala cetak gol ke gawang Polandia juga, yakni pada Euro 2008 lalu. Saat itu, usianya 38 tahun dan 257 hari.

Selain itu, Arnautovic juga mencetak rekor serupa dengan Christoph Baumgartner. Keduanya menjadi pemain pertama yang pernah mencetak gol pada dua edisi Euro. Arnautovic sebelumnya mampu membuat gol di Euro 2020. Dia mencetak satu gol melawan Makedonia Utara pada laga pertama fase grup. Golnya tersebut membantu tim menang dengan skor 3-1.

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya