3 Pemain Argentina Ukir Rekor di Copa America 2024

Lionel Messi cetak sejarah!

Keberhasilan Argentina menang atas Kanada di Mercedes-Benz Stadium, Jumat (21/6/2024), menghadirkan rekor kepada sejumlah pemainnya. Beberapa dari mereka mampu mencatatkan prestasi individu yang monumental.

Dalam duel ini, Argentina memang sempat buntu. Menguasai jalannya laga, Albiceleste susah cetak gol di babak pertama. Baru selepas jeda, Argentina menggebrak dengan mencetak gol pembuka melalui Julian Alvarez pada menit 49. Kemenangan Argentina dipastikan gol Lautaro Martinez pada menit 88. 

Lantas, siapa saja pemain yang cetak rekor di duel ini?

1. Lionel Messi cetak tiga rekor mentereng

3 Pemain Argentina Ukir Rekor di Copa America 2024Lionel Messi (instagram.com/afaseleccion)

Lionel Messi memimpin Argentina menjadi inspirator kemenangan Argentina di laga pembuka Copa America 2024. Dia, dilansir Opta, memecahkan rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di turnamen ini. Total, dia sudah mencatatkan 35 penampilan sejak keikutsertaannya yang pertama pada 2007 lalu. Dia melewati Sergio Livingstone, yang membuat 34 penampilan bersama Chile.

Tak cuma itu, Messi juga menjadi pemain pertama dalam sejarah Argentina yang berpartisipasi dalam tujuh edisi Copa America. Sejak debutnya pada 2007 lalu di usia 20 tahun, dia telah mengikuti turnamen ini pada 2011, 2015, 2016, 2019, dan 2021. Pada edisi 2024, dia berusia 36 tahun ketika berlaga. Pencapaian prestisenya adalah membawa tim juara pada 2021. 

Kendati tidak mencetak gol, Messi menghasilkan satu assist untuk gol kedua Argentina yang dicetak Lautaro Martinez. Berkat torehan ini, dia telah mengemas 17 assist di Copa America.

Jumlah ini merupakan yang terbanyak dibandingkan pemain lain, unggul jauh atas Angel Di Maria dan Carlos Tevez (Argentina), Juan Arango (Venezuela), serta Alexis Sanchez (Chile), yang sama-sama membuat enam assist sepanjang keikutsertaannya di Copa America.

Baca Juga: 3 Catatan Usai Argentina Bekuk Kanada di Copa America 2024

2. Satu gol Julian Alvarez catatkan rekor unik

3 Pemain Argentina Ukir Rekor di Copa America 2024Julian Alvarez (copaamerica.com)

Alvarez mencetak gol pembuka Argentina ke gawang Kanada pada menit 49. Bermula dari umpan terobosan Messi ke kotak penalti, Alexis Mac Allister berhasil menerima, tetapi bola berhasil diarahkan ke Alvarez karena celahnya sempit. Alvaez kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanannya. 

Gol yang dicetak Alvarez merupakan torehan pertamanya di Copa America. Berkat golnya ini, dia membuat rekor unik. Dia menjadi pemain termuda yang mencetak gol di dua turnamen mayor, Copa America dan Piala Dunia. Gol di Copa America dibuatnya pada usia 24 tahun 142 hari. Sementara, di Piala Dunia 2022 lalu, dia membuat gol saat melawan Polandia. 

Sebelumnya, pemain yang pernah melakukannya dengan usia lebih muda adalah Jose Maria Gimenez. Dia membuat gol bersama Uruguay di Copa America edisi 2015 saat usianya 20 tahun. Sementara, di Piala Dunia 2018, dia membuat gol ketika berusia 23 tahun 146 hari.  

3. Lautaro Martinez tajam di Copa America

3 Pemain Argentina Ukir Rekor di Copa America 2024Lautaro Martinez (instagram.com/afaseleccion)

Copa America 2024 merupakan partisipasi ketiga Lautaro Martinez bersama Argentina. Pada laga pembuka, dia memastikan kemenangan tim berkat golnya pada menit 88. Meski tampil dari bangku cadangan, efektivitasnya menghadirkan tiga poin perdana untuk Argentina. 

Gol ini menghadirkan catatan tersendiri bagi Martinez. Dalam lima laga terakhir di Copa America yang dilakoninya, dia mampu mencetak empat gol. Sebelumnya, dia membuat gol di Copa America 2021 pada laga ketiga fase grup melawan Bolivia, kemudian pada perempat final kontra Ekuador dan semifinal menghadapi Kolombia. Dia hanya absen mencetak gol di final versus Brasil. 

Dengan ketajamannya, Martinez bisa menjadi senjata tersembunyi Argentina di Copa America 2024. Meski tak selalu jaminan starter, kualitasnya sebagai striker akan sangat berguna bagi tim. Terlebih, tekad untuk mempertahankan gelar juara diusung oleh pasukan Lionel Scaloni. Kehadirannya akan dibutuhkan saat tim mengalami kebuntuan mencetak gol. 

Langkah awal Argentina di Copa America 2024 berjalan dengan mulus. Kemenangan berhasil didapatkan sehingga memudahkan tim untuk lolos ke fase gugur. Setelah melawan Kanada, Lionel Messi dan kolega bakal menghadapi Chile dan Peru di laga fase grup selanjutnya. Mampukah Argentina menyapu bersih kemenangan?

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya