10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama Marseille

Kiper yang bergelimang prestasi

Tak banyak pemain sepak bola yang bisa setia kepada satu klub dalam waktu yang lama. Steve Mandanda menjadi salah satu pemain yang bisa disebut loyal kepada timnya saat ini, Olympique de Marseille.

Meski pernah mencoba mencari tantangan baru, ia sadar jika Marseille adalah rumahnya. Ia pun kembali ke sana. Saat ini, Mandanda sudah tak lagi muda dan sangat dihormati di skuad Marseille.

1. Steve Mandanda Mpidi lahir di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo, pada 28 Maret 1985. Saat ini, usianya telah menginjak 37 tahun

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama Marseillepotret Steve Mandanda dan anaknya (instagram.com/stevemandanda1)

2. Ia pindah ke Prancis saat usianya baru menginjak 2 tahun. Sejak debut pada 2008, ia jadi bagian dari Timnas Prancis

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama MarseilleSteve Mandanda saat membela Timnas Prancis (instagram.com/stevemandanda1)

3. Kiper yang memiliki tinggi 185 cm ini kerap dipanggil timnas. Ia jadi salah satu pemain yang berjasa membawa Prancis juara Piala Dunia 2018

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama MarseilleSteve Mandanda dan Florian Thauvin dengan trofi Piala Dunia (instagram.com/stevemandanda1)

4. Jauh sebelum itu, Mandanda pernah meniti karier di tim akademi ALM Evreux (1994—2000) dan Le Harve (2000—2005) 

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama MarseilleSteve Mandanda dalam iklan Puma (instagram.com/stevemandanda1)

5. Setelah promosi ke tim utama Le Harve, Mandanda sukses mencatakan 70 penampilan selama 2 musim

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama Marseillepotret Steve Mandanda (instagram.com/stevemandanda1)

Baca Juga: 5 Kiper Senior yang Menjadi Pelapis di Klub Papan Atas Premier League

6. Pada 2007/2008, Mandanda memulai pengabdian panjangnya bersama Olympique de Marseille yang jadi timnya saat ini

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama MarseilleSteve Mandanda saat berseragam Marseille (instagram.com/stevemandanda1)

7. Hingga 2002, Mandanda telah tampil dalam 612 pertandingan untuk klub berjuluk Les Olympiens tersebut

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama MarseilleSteve Mandanda dan rekan setimnya di Marseille (instagram.com/stevemandanda1)

8. Dari catatan tersebut, Mandanda sukses mempersembahkan tujuh gelar juara untuk Marseille. Ia juga lima kali jadi kiper terbaik Ligue 1

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama MarseilleSteve Mandanda (newsbeezer.com)

9. Mandanda pernah membela Crystal Palace pada 2016/2017. Namun, ia tak cocok dan kembali ke Marseille

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama MarseilleSteve Mandanda saat berseragam Crystal Palace (instagram.com/stevemandanda1)

10. Dengan usia dan pengalaman yang ia miliki saat ini, Mandanda berstatus sebagai kapten tim Marseille

10 Potret Steve Mandanda, Kiper Veteran yang Setia Bersama MarseilleSteve Mandanda sebagai kapten Marseille (instagram.com/stevemandanda1)

Pada 2021/2022, Mandanda mulai jarang mendapatkan menit bermain. Posisiny kini diambil alih kiper yang lebih muda seperti Pau Lopez. Akankah, Steve Mandanda mengakhiri kariernya bersama Olympique de Marseille?

Baca Juga: Stefan Ortega, Kiper Tim Medioker yang Layak Main di Tim Besar

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya