5 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer Liverpool dan Juventus

Arthur Melo jadi nama paling anyar!

Liverpool dan Juventus merupakan dua klub yang besar di liga masing-masing. Kedua klub ini terhitung jarang bersua maupun melakukan aktivitas transfer satu sama lain.

Hingga musim panas 2022, hanya ada lima nama pemain yang pernah terlibat dalam transfer Liverpool dan Juventus. Berikut ini penulis menyajikan daftar sederet pemain yang pernah jadi bagian transfer Liverpool dan Juventus sepanjang sejarah. 

1. Mohamed Sissoko

5 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer Liverpool dan JuventusMohamed Sissoko (liverpoolfc.com)

Mohamed Sissoko menjadi pemain pertama yang terlibat dalam transfer antara Liverpool dan Juventus. Mohamed Sissoko pindah ke Juventus pada awal musim kompetisi 2007/2008 setelah 2,5 musim bermain untuk Liverpool.

Baik bersama Liverpool maupun Juventus, gelandang asal Mali ini sukses bermain impresif. Untuk Si Nyonya Tua, Sissoko sukses mencetak 3 gol dan 5 assist dari 100 laga. Sedangkan untuk kubu The Reds, Sissoko hanya mencatat 1 gol dan 2 assist dari 87 laga.

2. Christian Poulsen

5 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer Liverpool dan JuventusChristian Poulsen (twitter.com/squawka)

Christian Poulsen merupakan salah satu pemain Liverpool yang didatangkan di era kepelatihan Roy Hodgson. Gelandang asal Denmark ini diboyong dari Juventus pada awal musim 2010/2011 setelah dua musim membela klub asal Kota Turin tersebut.

Sayangnya, Poulsen tak begitu gemilang kala berseragam Liverpool. Ia hanya bermain selama semusim dengan catatan 19 laga sebelum akhirnya pindah ke Ligue 1 untuk membela Evian. Sedangkan untuk Juventus, Poulsen sukses mencatatkan 60 caps.

Baca Juga: 6 Pelatih Premier League yang Dipecat usai Kalah dari Jurgen Klopp

3. Alberto Aquilani

5 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer Liverpool dan JuventusAlberto Aquilani (teamtalk.com)

Alberto Aquilani tersohor saat namanya dianggap sebagai salah satu pemain muda potensial kala masih berseragam AS Roma. Sayangnya, karier Aquilani menurun drastis ketika berseragam Liverpool. Ia jarang dimainkan dan kerap kali dipinjamkan ke tim lain.

Tim pertama yang jadi destinasi peminjaman Aquilani ketika berseragam Liverpool adalah Juventus. Momen ini terjadi pada musim kompetisi 2010/2011. Bersama Juventus, Aquilani sukses mencatakan 2 gol dan 6 assist dari 34 laga meski performanya tetap tak mampu sehebat kala ia masih berseragam AS Roma.

4. Emre Can

5 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer Liverpool dan JuventusEmre Can (juventus.com)

Juventus menjadi akhir dari drama perpindahan Emre Can dari Liverpool pada akhir musim 2017/2018. Emre Can pindah ke Juventus dengan maksud untuk memenangkan gelar juara Eropa. Namun, nyatanya Liverpool adalah tim yang lebih dahulu menggapai impian Emre Can.

Emre Can pindah secara gratis ke Juventus. Ia bermain selama 1,5 musim di Turin. Pemain versatile asal Jermain ini sukses mencetak 4 gol dan 1 assist dari 45 laga bersama Si Nyonya Tua.

5. Arthur Melo

5 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer Liverpool dan JuventusArthur Melo (juventus.com)

Cedera yang diderita beberapa penggawa utama Liverpool di lini tengah mendorong Jurgen Klopp untuk mencari gelandang baru. Pada deadline day bursa transfer musim panas 2022, Arthur Melo didatangkan Liverpool dari Juventus dengan status pemain pinjaman.

Menurut laporan Fabrizio Romano, Kamis (1/9/2022), Arthur Melo akan berada di Liverpool selama semusim tanpa ada opsi permanen pada akhir musim. Meski kehadirannya menyuntikkan tenaga baru di lini tengah, peminjaman Arthur Melo ini banyak dinilai sebagai panic buying Liverpool di tengah krisis pemain.

Jika dilihat secara saksama, kelima nama di atas merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Nama Mohamed Sissoko dan Emre Can dinilai masih menjadi dua nama terbaik dari bagian transfer antara Liverpool dan Juventus. Akankah Arthur Melo mampu membalikkan segala paradgima itu?

Baca Juga: 5 Pemain yang Dilepas Juventus ke Luar Italia pada Musim Panas 2022

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya