Timnas U-17 Kalah dari Korsel, Ketua PSSI: Perbaiki Fokus dan Mental

Erick Thohir sudah melihat perkembangan yang cukup baik

Bekasi, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengomentari kekalahan Tim Nasional (Timnas)  U-17 Indonesia saat melawan Korea Selatan (Korsel) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (30/8/2023) malam.

Erick mengatakan, dirinya melihat perkembangan anak asuhan Bima Sakti sangat baik. Menurutnya, lini belakang Timnas U-17 sudah sangat baik dibandingkan laga uji coba sebelumnya.

"Saya rasa ada perbaikan yang sangat signifikan, di mana kita lihat pola permainannya waktu di Bali belum terpola, kalau skrg sudah mulai terpola. Di belakang kita rapet lalu ke tengah ke atasnya memang itu harus diperbaiki," katanya kepada wartawan di Stadion Patriot, Rabu (30/8/2023) malam.

1. Menyayangkan kekalahan dari Korsel

Timnas U-17 Kalah dari Korsel, Ketua PSSI: Perbaiki Fokus dan MentalTimnas Indonesia U-17 kalah dari Korsel 0-1. (IDN Times/Imam Faishal)

Dirinya pun menyayangkan saat Timnas U-17 dapat ditaklukan Timnas Korsel. Menurutnya, lanjut Erick, jika Indonesia dapat menahan imbang, itu merupakan suatu prestasi yang baik. 

"Tapi menurut saya ketika kita bisa menahan 0-0 di babak pertama lawan tim ranking 2 Asia itu hal yang bagus. Tetapi kan permainan bola itu 90 menit kita harus fokus, nah kita lihat ketika ada pergantian pemain, nah pemain kita agak lengah sehingga terjadi gol dan pinalti," ujar dia. 

Dia juga mengatakan, kekalahan disebabkan karena kesalahan-kesalahan kecil yang menjadi fatal. 

"Kalau lihat banyak kesalahannya oleh diri kita sendiri bukan karena lawan bermain sangat bagus," katanya. 

Baca Juga: Timnas U-17 Dipermalukan Korea Selatan!

2. Harus perbaiki mental dan fokus

Timnas U-17 Kalah dari Korsel, Ketua PSSI: Perbaiki Fokus dan MentalTC Timnas U-17 di Jakarta. (pssi.org)

Dia juga berpesan kepada Bima Sakti, pemain U-17 harus ditingkatkan kembali mental dan fokusnya. Agar kesalahan yang sama tidak akan terjadi lagi kedepannya. 

"Tentu kepada tim nasional U-17 saya bilang kembali, permainan bola tidak hanya skill, tapi juga fokus dan mental, nah ini yang harus diperbaiki karena kesalahan ada di kita belum kompak," ujar dia. 

3. Skor akhir 0-1

Timnas U-17 Kalah dari Korsel, Ketua PSSI: Perbaiki Fokus dan Mentaltimnas U-17 Indonesia (pssi.org)

Timnas U-17 Indonesia menelan pil pahit kala menjalani laga uji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Skuad Garuda Muda takluk 0-1 dari Korea Selatan.

Gol semata wayang Korea Selatan dicetak pada menit 66 yang tercipta berkat tusukan dari Jin Tae Ho di sektor kiri pertahanan Indonesia. 

Pascakebobolan, Garuda Muda langsung melancarkan tekanan. Namun, kelengahan mereka nyaris membuat Korea Selatan menggandakan keunggulan. Beruntung, Jin Tae Ho kehilangan momentum di kotak penalti.

Hingga pluit panjang dibunyikan, Timnas Indonesia harus menerima kekalahan dari Timnas Korsel dengan skor 0-1.

Baca Juga: Jajal Kekuatan Timnas U-17, Korea Selatan Bersyukur

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya