Wawancara Buffon: Menilai Performa Italia dan Peran Donnarumma

Italia tampil tak meyakinkan di babak penyisihan Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Saat Gianluigi Donnarumma dan Luciano Spalletti bicara kepada media jelang matchday pertama babak penyisihan Euro 2024, perhatian para jurnalis di ruang media bukan tertuju pada panggung. Justru mereka memperhatikan dengan seksama sosok yang duduk di belakang ruangan.

Terlihat sosok pria tinggi lebih dari 190 cm yang tak asing. Dia tak begitu mencolok dan tampil sederhana menggunakan kaca mata hitam sambil duduk serius. Dia adalah kepala delegasi Timnas Italia di Euro 2024, sekaligus legenda sepak bola, Gianluigi Buffon.

Jelang duel Italia melawan Swiss di babak 16 besar Euro 2024, kiper legendaris itu pun berbincang dengan serius kepada tim media UEFA. Dia membahas soal performa sepak bola Italia dan bicara soal kiper yang tampil mengesankan selama babak penyisihan.

Berikut adalah petikan wawancara Buffon dengan media ofisial Euro 2024 yang berhasil dihimpun IDN Times.

Hal positif apa yang bisa diambil Italia selama babak penyisihan grup?

Saya sangat mengapresiasi pengorbanan, identitas tim, karakter, dan kiper kami. Bagaimana para pemain bisa menghadapi tantangan dengan tekad dan hati yang kuat.

Saya sangat menyukai pekerjaan pelatih kami [Spalletti]. Saya harus mengatakan kami melakukan yang terbaik untuk mencapai puncak kami. Kami belum mencapainya, tapi pemain berusaha keras untuk mencapainya.

Wawancara Buffon: Menilai Performa Italia dan Peran DonnarummaDuel Italia melawan Albania di laga Grup C Euro 2024. (Uefa.com)

Apa yang tak boleh hilang dari skuad Gli Azzuri selama mentas di Jerman?

Titik balik itu, permainan yang memberi Anda kepercayaan diri, keyakinan, antusiasme tinggi selama berada di lapangan.

Dengan memanfaatkan gelombang semangat untuk mencetak gol telat melawan Kroasia, kami pasti bisa menghadapi pertandingan yang sangat sulit melawan Swiss dengan penuh harapan.

Kami bisa memanfaatkan adrenalin dan antusiasme yang ditunjukkan dalam pertandingan kontra Kroasia untuk kami [dalam laga lawan Swiss].

Wawancara Buffon: Menilai Performa Italia dan Peran DonnarummaPemain timnas Italia merayakan gol (instagram.com/azzurri)

Baca Juga: Ancaman Swiss ke Italia: Menang Tanpa Adu Penalti

Bagaimana Anda melihat dukungan yang diberikan untuk Italia di Jerman?

Wawancara Buffon: Menilai Performa Italia dan Peran DonnarummaInstagram/@euro2024

Sungguh luar biasa melihat semua orang, para pendukung ini, dengan identitas mereka tak pernah lelah memberikan semangat.

Terkadang dukungan mereka begitu kuat hingga Anda hampir merasa tidak nyaman, seolah Anda tidak pantas mendapatkannya. Anda mau bagaimanapun pasti sedikit bingung dengan hal itu.

Hanya saja, sebisa mungkin pemain berusaha memberikan kepuasan kepada mereka yang terus membakar semangat kami.

Baca Juga: Spalletti Minta Italia Waspadai Intensitas Swiss

Bicara soal performa tim lain, Siapakah siapa pemain yang tampil menonjol dalam Euro 2024 sejauh ini?

Saya benar-benar terkejut dengan penampilan pemain sayap Spanyol, Lamine Yamal dan Nico Williams. Saya jelas tahu siapa mereka, tetapi saya belum pernah melihatnya secara langsung; mereka jelas memiliki sesuatu yang istimewa.

Dari apa yang saya lihat di televisi, Jerman juga mempunyai beberapa talenta yang memberikan harapan untuk masa depan sepak bolanya. Portugal pun memiliki tim yang kuat, dan Prancis memiliki pelatih yang sangat berpengalaman, serta dihuni pemain yang luar biasa.

Wawancara Buffon: Menilai Performa Italia dan Peran DonnarummaFederico Dimarco mengejar Lamine Yamal saat Italia melawan Spanyol di Euro 2024. (uefa.com)

Apa yang Anda harapkan dari duel Italia melawan Swiss di babak 16 besar Euro 2024?

Wawancara Buffon: Menilai Performa Italia dan Peran DonnarummaGianluigi Donnarumma (dok. uefa.com)

Swiss merupakan lawan yang tangguh, sangat sulit dikalahkan meski terkadang mereka kesulitan meraih kemenangan. Pertandingan melawan mereka selalu berimbang.

Ketika saya melihat Swiss, mereka mengingatkan saya pada tim seperti Swedia. Penampilan mereka selalu konsisten.

Ini akan menjadi pertarungan besar antara dua penjaga gawang terbaik, yakni Yann Sommer dan Gianluigi Donnarumma.

Gigio [Donnarumma] telah memberikan kontribusi besar bagi Italia di babak penyisihan turnamen ini. Penting memberi apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang melakukan sesuatu cukup istimewa.

Dan, Gigio telah melakukan sesuatu yang sangat istimewa dan memberikan kontribusi besar kepada kami.

Sommer juga merupakan salah satu penjaga gawang yang secara konsisten menunjukkan penampilan tingkat tinggi selama beberapa tahun terakhir. Dia telah menjadi salah satu penjaga gawang terbaik dunia.

Saya juga melihat kiper-kiper lain yang sangat bagus di turnamen ini. Saya sangat menyukai penjaga gawang Georgia, Giorgi Mamardashvili. Saya juga menyukai kiper Kroasia, Dominik Livakovic. Dan ada juga sosok yang sudah biasa, seperti [Manuel] Neuer.

Namun, jika saya diberi pilihan untuk memilih siapa kiper terbaik di Euro 2024 sampai sejauh ini, saya akan selalu memilih Gigio.

Baca Juga: Harapan Italia Atas Tuah Juara Dunia 2006 di Olympiastadion

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya