Timnya Ditahan Imbang Indonesia, Pelatih Australia Diminta Mundur

Australia gagal menang dan cetak gol di dua laga terakhirnya

Jakarta, IDN Times - Australia ditahan imbang tuan rumah Indonesia dalam laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hasil itu membuat pelatihnya Graham Arnold didesak untuk mundur.

Timnas Indonesia tampil cukup baik dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Selasa, 10 September 2024. Lini belakang skuad Garuda membuat Australia frustrasi hingga laga berakhir imbang 0-0.

Graham Arnold pun kian tertekan usai dua kali gagal membawa timnya meraih kemenangan di fase ini. Banyak fans di media sosial mengkritiknya dan memintanya mundur.

1. Kecewa atas hasil jeblok Australia

Timnya Ditahan Imbang Indonesia, Pelatih Australia Diminta MundurGraham Arnold, pelatih Timnas Australia (the-afc.com)

Fans Australia sudah kadung kecewa dengan penampilan tim nasionalnya. Sebab, dalam dua laga terakhir, Jackson Irvine dan kolega tak pernah menang, bahkan tak mampu mencetak sebijipun gol.

Pada laga perdananya di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Socceroos bahkan keok 0-1 di tangan Bahrain. Padahal, mereka tampil sebagai tuan rumah dan didukung ribuan suporter.

Graham Arnold yang jadi nakhoda Australia, dinilai tak mampu meningkatkan performa para pemain.

Baca Juga: Salip Malaysia, Timnas Indonesia Naik ke Peringkat 130 FIFA

2. Graham Arnold didesak mundur fans di media sosial

Nama Graham Arnold kian ramai dijagat X (Twitter) usai Australia ditahan imbang Timnas Indonesia. Dia diminta pergi lantaran gagal membawa timnya menang dari negara yang secara ranking, berada jauh di bawah Australia.

“Graham Arnold harus pergi karena dia mengalamk kesulitan. Anda tidak bisa kalah dari tim di posisi ke-80 dan seri dengan tim di ranking 132. Sepak bola Australia sedang dalam situasi terjun bebas,” cuit suporter Australia Domenic Primerano.

3. Masa depan Graham Arnold mulai diragukan

Timnya Ditahan Imbang Indonesia, Pelatih Australia Diminta MundurAksi kapten Timnas Indonesia, Jay Idzes, dalam duel melawan Australia di SUGBK, Selasa (10/9/2024) (IDN Times / Tata Firza)

Selain dia, masih banyak fans yang kecewa atas hasil buruk dalam dua laga terakhir Australia.

“Jadi saat ini kita tak bisa mengalahkan tim yang berjarak 109 secara peringkat di bawah kita, bahkan tak bisa membuat gol. Kok bisa Australia ada di ranking 24 dunia,” cuit pendukung Australia yang kesal.

“Graham Arnold sudah gagal saat bersama generasi emas Australia pada 2007 silam, kenapa ada pihak yang berpikir dia mampu membawa kesuksesan atau membuat tim punya performa menjanjikan?” lanjut dia.

Kini, masa depan Graham Arnold di skuad Socceroos mulai diragukan. Bisa jadi usai hasil imbang melawan Timnas Indonesia, Graham Arnold mundur atau diberhentikan dari posisinya sebagai pelatih.

Baca Juga: 3 Catatan dari Hasil Imbang Timnas Indonesia Lawan Australia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya