Timnas U-23 Masih Andalkan Lemparan Maut, Vietnam Cemas

Vietnam akui lebih siap bersua skuad Garuda Muda di final

Jakarta, IDN Times - Vietnam tengah cemas jelang bersua Timnas U-23 Indonesia di final Piala FF U-23 2023. Terlebih, “lemparan maut” skuad Garuda Muda sempat membuat Vietnam merasakan pahitnya kekalahan.

Duel Timnas U-23 melawan Vietnam dalam perebutan gelar Piala AFF U-23 2023 direncanakan digelar di Rayong Province Stadium, Sabtu (26/8/2023). 

"Saya tak dapat menguraikan taktik mengantisipasi lemparan jauh Timnas U-23. Dalam duel terakhir di SEA Games, kami gagal mengatasinya,” kata Pelatih Vietnam, Hoang Anh Tuan, dikutip The Thao 247.

1. Trauma SEA Games 2023

Timnas U-23 Masih Andalkan Lemparan Maut, Vietnam CemasTimnas U-23 lawan Thailand di Piala AFF U-23. (dok. PSSI)

Berkaca pada duel terakhir kedua kesebelasan, Vietnam mungkin memilki trauma perihal lemparan ke dalam Timnas U-23. Dua gol yang bersarang ke gawang mereka di semifinal SEA Games berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan. 

Faktor itu yang sukses membuat skuad The Golden Star tersingkir dan gagal merebut medali emas.

“Ini bukan cuma bicara perihal taktik, tapi hal itu ditentukan pelbagai faktor [di lapangan]," ujar Hoang Anh Tuan.

2. Tak mau terjebak trauma lemparan ke dalam

Timnas U-23 Masih Andalkan Lemparan Maut, Vietnam CemasAksi para pemain Timnas U-19 saat berhasil mengalahkan Brunei Darussalam di babak penyisihan Piala AFF U-19 2022, Senin (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Hoang Anh Tuan, enggan menyebut timnya dihantui “lemparan maut” Timnas U-23 jelang duel kali ini. Baginya, duel di masa lalu dan sekarang tak bisa dijadikan patokan. Terlebih, kedua tim sudah punya kekuatan berbeda.

“Tak mugkin saya membandingkan duel hari ini dengan yang sempat berlansung di SEA Games lalu. Kami bakal bersatu dan bekerja keras bersama-sama. Pemain kami sudah lebib berkembang menatap kualifikasi Piala Asia U-23,” bebernya.

Tak hanya pelatihnya, pemain Vietnam Nguyen Hong Phuc, yang sempat merasa ngeri dengan “lemparan maut” Timnas U-23, kali ini lebih percaya diri lantaran sudah berlatih mengntisipasi ancaman itu. 

3. Tugas Robi Darwis

Timnas U-23 Masih Andalkan Lemparan Maut, Vietnam CemasAksi para pemain Timnas U-19 saat berhasil mengalahkan Brunei Darussalam di babak penyisihan Piala AFF U-19 2022, Senin (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Pratama Arhan, yang jadi dalang kekalahan Vietnam di SEA Games dengan lemparan ke dalamnya, menang tak tampil membela Timnas U-23 dalam duel ini. Namun, jurus andalan itu tetap bisa dijalankan skuad Garuda Muda.

Kali ini, Robi Darwis yang menjalankan tugas sebagai eksekutor ‘lemparan maut” Timnas U-23. Dia bahkan menjalanak tugasnya dengan baik saat lemparan ke dalam membuat Thailand harus kebobolan di laga semifinal kemarin.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya