Spanyol Juara Euro 2024, Ketua PSSI-nya Malah Bikin Masalah

Presiden RFEF terus bermasalah

Jakarta, IDN Times - Spanyol baru saja jadi juara Euro 2024. Namun, ketua federasi sepak bolanya (RFEF) malah tersandung kasus pelik.

Dilansir Marca, Presiden RFEF saat ini, Pedro Rocha, tersangkut kasus penyalahgunaan jabatan. Dia pun didakwa terbukti meyalahgunakan wewenang dalam sidang di Pengadilan Administratif Olahraga Spanyol (TAD).

1. Ada sanski berat yang harus diterim Rocha

Rocha dinai menyalahgunakan jabatannya dengan memecat Sekretaris Jenderal RFEF, Andreu Camps. Atas tindakannya itu, TAD sudah menyiapkan sanksi berat untuknya.

Sanksi denda 16.500 euro atau Rp300 juta dan larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama dua tahun, harus diterima Rocha. 

Baca Juga: Luis Rubiales Akhirnya Dihukum FIFA Buntut Lecehkan Pemain Spanyol

2. Presiden sebelumnya juga tersangkut skandal

Spanyol Juara Euro 2024, Ketua PSSI-nya Malah Bikin MasalahLuis Rubiales, mantan presiden RFEF (skysports.com)

RFEF sendiri memang tengah dalam sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Presiden sebelumnya, Luis Rubiales juga sempat tersandung kasus hingga akhirnya lengser dari jabatannya dan digantikan Pedro Rocha.

Rubiales melakukan pelecehan terhadap salah satu pemain Timnas Spanyol Wanita.

JH, inisial pemain tersebut, dicium  Rubiales saat berada di panggung dalam seremoni pengalungan medali usai Juara Piala Dunia Wanita 2023.

Aksi Rubiales tertangkap kamera dan langsung viral di media sosial. Warganet Spanyol menilai apa yang dilakukan Rubiales tidak pantas.

3. Ironis sepak bola Spanyol

Spanyol Juara Euro 2024, Ketua PSSI-nya Malah Bikin MasalahSelebrasi Dani Olmo (10) usai membawa Spanyol menjuarai Euro 2024 (instagram.com/daniolmo)

Terbuktinya Pedro Rocha menyalahi wewenang, jadi hal yang ironis. Sebab, Timnas Spanyol kini tengah banyak dapat pujian lantaran penampilan gemilangnya di Euro 2024.

Ditangani Luis de la Fueta, skuad La Furia Roja tampil baik dengan membawa pulang gelar juara.

Tak hanya itu, mereka tampil sempurna tanpa sekalipun menuai kekalahan dalam duelnya di Euro. Padahal, banyak pemain muda yang baru mentas di ajang ini.

Baca Juga: Sepak Bola Spanyol dan Dominasinya dalam 2 Dekade Terakhir

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya