Spalletti Minta Italia Waspadai Intensitas Swiss

Italia susah payah lolos ke 16 besar Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Italia bakal menjajal kekuatan Swiss di babak 16 besar Euro 2024. Kedua kesebelasan bakal bentrok di Olympiastadion, Sabtu (29/6/2024) malam.

Pelatih Italia, Luciano Spalletti meminta anak asuhnya mewaspadai intensitas Swiss di lapangan. Para pemain diminta lebih sabar dalam bermain dan menekan lawan.

1. Spalletti sebut pertahanan Swiss tangguh

Spalletti Minta Italia Waspadai Intensitas SwissLuciano Spalletti (instagram.com/lucianospalletti)

Spalletti menilai, lini belakang Swiss cukup tangguh. Mereka tak memberi banyak ruang kepada pemain lawan untuk bisa menciptakan peluang berbahaya.

“Jadi saat Anda menguasai bola dengan cepat, sulit membongkar celah di jantung pertahanan Swiss,” kata eks pelatih AS Roma itu dikutip Sky Sports.

Baca Juga: Harapan Italia Atas Tuah Juara Dunia 2006 di Olympiastadion

2. Swiss menekan dengan garis pertahanan tinggi

Spalletti Minta Italia Waspadai Intensitas SwissTimnas Swiss Menang Meyakinkan di Pertandingan Pertama (twitter.com/spieltagindo)

Berdasarkan analisisnya, Swiss menerapkan permainan bertahan yang solid. Mereka bisa menekan lawan sejak di garis depan, sehingga lawan kesulitan dalam membangun serangan.

“Swiss menerapkan permainan bertahan yang modern, membuat garis pertahanan tinggi, dan rapat. Hal itu membuat lawan tak bisa untuk memainkan umpan panjang ke belakang pertahanan," ujar Spalletti.

“Mereka menekan begitu intens. Alhasil, saat Anda tak punya keputusan cepat untuk memberi umpan, sulit rasanya bisa menguasai permainan,” lanjut dia.

3. Italia kesulitan di babak penyisihan

Spalletti Minta Italia Waspadai Intensitas SwissKekecewaan Riccardo Calafiori usai mencetak gol bunuh diri pada laga Italia versus Spanyol. (uefa.com)

Italia tampil tak begitu istimewa di babak penyisihan Euro 2024. Mereka dibuat kesulitan oleh lawan-lawannya. Terbukti, Gli Azzurri hanya lolos sebagai runner up Grup B.

Menang susah payah lawan Albania (2-1) di laga perdana, Italia kemudian dikalahkan Spanyol (0-1) saat matchday kedua. Beruntung di laga pamungkas Italia bisa menahan imbang Kroasia (1-1) lewat gol di injury time.

Baca Juga: Ancaman Swiss ke Italia: Menang Tanpa Adu Penalti

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya