Slovenia vs Serbia: Duel Panas Dua Negara Pecahan

Serbia memegang sejarah Yugoslavia

Jakarta, IDN Times - Slovenia bakal bersua Serbia pada matchday kedua Grup C Euro 2024. Kedua tim pecahan itu bakal saling sikut dalam duel yang berlangsung di Allianz Arena, Kamis (20/6/2024).

Slovenia sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai meraih satu poin dalam laga perdana kontra Denmark. Terlebih, mereka mengincar sejarah lolos ke fase 16 besar usai 24 tahun absen di ajang bergengsi ini. 

“Yang kami inginkan hanyalah meraih hasil positif dan membuktikan bahwa kami pantas berada di sini, bahwa kami lolos ke Jerman berdasarkan prestasi,” kata pelatih Slovenia Matjaz Kek dikutip laman resmi UEFA.

1. Serbia siap bangkit

Slovenia vs Serbia: Duel Panas Dua Negara PecahanInggris memenangkan duel melawan Serbia 1-0 dalam duel babak penyisihan Grup D Euro 2024. (uefa.com)

Namun, lawan yang dihadapai adalah Serbia, entitas baru yang sebetulnya punya sejarah bagus di sepak bola Eropa. Terlebih, mereka membutuhan tiga poin usai kalah tipis 1-0 ari Inggris di laga pertama.

Pelatih Serbia Dragan Stojkovic mengatakan, semua pemannya telah termotivasi usai menelan pil pahit dalam laga perdana. Dia mengaku bakal memperbaiki cara bermain anak asuhnya usai tak berkutik di depan skuad The Three Lions.

“Melawan Inggris, kami mulai bermain dengan terlalu banyak rasa hormat. Namun kami mulai bermain sepak bola melawan mereka dan itulah bagaimana kami akan memainkan pertandingan ini,” beber dia.

Baca Juga: 4 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Slovenia di Euro 2024

2. Dua negara pecahan Yugoslavia

Slovenia vs Serbia: Duel Panas Dua Negara PecahanPemain Denmark Rasmus Hojlund coba membobol gawang Slovenia dalam laga Grup D Euro 2024. (uefa.com)

Menariknya, Serbia dan Slovenia punya keterikatan sejak dahulu. Kedua negara merupakan negara pecahan Yugoslavia, tetapi Slovenia mendeklarasikan kemerdekaan pada 25 Juni 1991. 

Mereka harus menjalani perang lebih dulu selama sepakan lebih sebelum akhirnya melepaskan diri jadi sebuah negara. 

Hanya saja, sejarah panjang sepak bola Yugoslavia tak masuk dalam lembaran lama Slovenia. Mereka coba membuat prestasi sendiri sebagai sebuah negara. 

3. Serbia diakui punya catatan sejarah Yugoslavia

Slovenia vs Serbia: Duel Panas Dua Negara PecahanAksi bomber Inggris Harry Kane saat hampir merobek gawang Serbia dalam laga Grup D Euro 2024. (uefa.com)

Sementara, Serbia diuntungkan sejarah panjang di UEFA atau FIFA walau terhitung sebagai negara baru. Serbia meneruskan sejarah Yugoslavia dan FR Yugoslavia yang melaju ke final di Euro 1960 dan 1968.

Setelahnya, mereka tercatat meraih prestasi di Euro 2000 yang berlangsung di Belanda dan Belgia. Kala itu namanya masih Serbia-Montenegro. 

Perjalannya juga cukup baik, karena bisa melaju ke babak perempat final sebelum dikalahkan Belanda 6-1.

Jadi siapa yang bakal jadi pemenang dalam perang di lapangan hijau ini? sepak terjang Serbia dan Slovenia layak dinantikan. 

Baca Juga: Inggris Susah Payah Menang dari Serbia, Ten Hag Kritik Southgate

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya