Rooney Kritik Southgate: Dia Bunuh Potensi 2 Pemain Inggris

Inggris tampil melempem di babak penyisihan Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate terus mendapat sorotan selama Euro 2024. Terlebih, dia dinilai kurang bijak dalam meramu taktik dan menentukan komposisi skuad The Three Lions.

Kali ini, giliran legenda sepak bola Inggris dan Manchester United, Wayne Rooney yang mengkritik Southgate. Dia mengecam tindakan sang pelatih dalam menempatkan pemain dalam setiap laga di babak penyisihan.

Inggris memang tampil kurang meyakinkan selama mentas di babak penyisihan Grup C. Usai menang susah payah di laga perdana lawan Serbia (1-0), mereka kemudian ditahan imbang Denmark (1-1) dan Slovenia (0-0).

1. Rooney soroti Southgate yang tempatkan Trent Alexander-Arnold sebagai gelandang

Rooney Kritik Southgate: Dia Bunuh Potensi 2 Pemain InggrisTrent Alexander-Arnold (liverpoolfc.com)

Raihan lima poin sudah cukup mengantarkan Inggris lolos ke 16 besar Euro 2024 sebagai juara grup. Namun, secara permainan, Inggris terus dihujani kritik lantaran tak layak bermain biasa saja dengan skuad yang mewah.

Rooney mengecam Southgate yang gegabah menempatkan Trent Alexander-Arnold sebagai gelandang bertahan selama babak penyisihan. Menurutnya, hal itu mengakibatkan penampilan Alexander-Arnold tak optimal.

“Tak sedikitpun yang terjadi di babak penyisihan membuat saya terkejut. Saya tak bakal pernah menurunkan Trent Alexander-Arnold sebagai gelandang dan membuat saya berpikir bakal mencoba Conor Gallagher andai eksperimen itu tak berhasil,” ujar Rooney, kepada The Times, dikutip Metro.

Baca Juga: Dikritik Mainkan Alexander Arnold Jadi Gelandang, Southgate Tak Terima

2. Rooney masih bingung dengan kebijakan Southgate

Rooney Kritik Southgate: Dia Bunuh Potensi 2 Pemain InggrisJude Bellingham melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama Inggris ke gawang Serbia dalam laga Grup C Euro 2024. (uefa.com)

Rooney masih tak habis pikir, Southgate memaksakan Aleander-Arnold tampil sebagai gelandang dala laga lawan Serbia dan Denmark, lalu coba menggantinya dengan Gallagher (lawan Slovenia) saat taktik tak berjalan maksimal.

Dia menilai, percobaan itu benar-benar mematikan potensi kedua pemain tersebut.

Padahal, Southgate harusnya sudah memperhitungkan kondisi tim. Apalagi, Alexander-Arnold sudah terbiasa bermain di bek kanan bersama klubnya Liverpool.

Rooney juga berpikir, seharunya Southgate memaksimalkan pemain yang dibawa sesuai perannya. Terlebih, dia juga punya opsi lain memberi kesempatan kepada Kobbie Maino di lini tengah.

3. Nilai Kobbie Mainoo layak jadi starter

Rooney Kritik Southgate: Dia Bunuh Potensi 2 Pemain InggrisKobbie Mainoo (instagram.com/kobbie)

Rooney menilai, Mainoo tentu dapat tekanan karena dapat ekspektasi tinggi tampil menggantikan Gallagher saat Inggris bentrok dengan Slovenia di babak kedua. Namun, sang pemain nyatanya bisa membayar kepercayaan yang diberikan Southgate.

“Saat Inggris berhadapan dengan Slovenia, Kobbie Mainoo mempertaruhkan klaim besar untuk mendapatkan tempat sebagai starter. Cole Palmer dan Anthony Gordon juga bermain baik, meskipun mereka hanya bermain beberapa menit, terlihat bagaimana sentuhan mereka," beber Rooney.

Namun, Rooney mengatakan jika Southgate pada akhirnya bakal menemukan komposisi yang tepat untuk starting eleven Inggris. Dia yakin Kobbie Mainoo dan Anthony Gordon bakal punya peran besar di skuad Inggris dalam babak gugur Euro 2024.

Baca Juga: Southgate Dilempar Trofi Plastik Selepas Laga Inggris vs Slovenia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya