Mauricio Pochettino Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih AS!

Pochettino disiapkan untuk menangani AS di Piala Dunia 2026

Jakarta, IDN Times - Mauricio Pochettino resmi ditunjuk sebagai pelatih Timnas Amerika Serikat. Eks juru taktik Paris Saint-Germain (PSG) itu bakal menangani skuad The Yanks sampai Piala Dunia 2026.

Kepastian itu diumumkan langsung federasi sepak bola Amerika Serikat (USSF) melalui laman resminya pada Selasa, 10 September 2024 waktu setempat.

1. Pochettino dinilai sebagai pelatih kelas dunia

Mauricio Pochettino Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih AS!Mauricio Pochettino (premierleague.com)

US Soccer tak menerangkan secara detai soal durasi kontrak Pocchetino. Namun, dia dipastikan bakal memimpin skuad AS mentas di Piala Dunia 2026, di mana mereka akan tampil sebagai tuan rumah.

“Mauricio merupakan pelatih kelas dunia dengan rekam jejak yang terbukti. Dia bisa mengembangkan pemain dan mencapai kesuksesan di level tertinggi,” kata Presiden Sepak Bola AS Cindy Parlow Cone.

“Semangatnya terhadap permainan, pendekatan inovatifnya dalam melatih, dan kemampuannya menginspirasi dan terhubung dengan para pemain menjadikannya pasangan yang tepat untuk peran ini. Kami sangat senang dia memimpin Timnas AS Putra,” lanjut dia.

Baca Juga: Pemain dan Fans Chelsea Kecewa Mauricio Pochettino Pergi

2. Sejarah bagi Amerika Serikat

Mauricio Pochettino Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih AS!Christian Pulisic mampu membawa Timnas Amerika Serikat menang dalam laga di Copa America 2024. Tak hanya itu, pemain AC Milan itu juga berhasil mencatatkan rekor istimewa. (copaamerica.com)

Mauricio Pochettino dinilai cocok dan memahami potensi unik sepak bola AS. Menurut Cindy, dia memiliki keyakinan yang sama dengan federasi sepak bola AS, yakni membawa bal-balan Negeri Paman Sam berada di titik puncak.

“Pengumuman ini adalah bagian dari era bersejarah bagi Sepak Bola AS, yang terjadi setelah peletakan batu pertama Pusat Pelatihan Nasional Sepak Bola AS,” kata Arthur M. Blank, dalam peluncuran Soccer Forward Foundation.

3. Pochettino segera jalani debut

Mauricio Pochettino Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih AS!Mauricio Pochettino (instagram.com/pochettino)

Pochettino masuk sebagai pelatih Amerika Serikat menggantikan Gregg Berhalter. Sebelumnya, Berhalter sendiri dipecat usai gagal membawa AS bicara banyak di Copa America 2024. 

Setelah Berhalter diberhentikan, AS sempat ditangani pelatih interim Mikey Varas.

Kini, Mauricio Pochettino sudah siap menangani skuad AS. Dia pun bakal menjalani debutnya sebagai pelatih Timnas Amerika Serikat pada 12 Oktober 2024, saat timnya beruji coba melawan Panama.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Amerika Serikat yang Lahir dan Besar di Eropa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya