Maarten Paes Bangga Jalani Debut Gemilang Bersama Timnas Indonesia

Paes berhasil gagalkan tendangan penalti Arab Saudi

Jakarta, IDN Times - Maarten Paes bangga telah menjalani debutnya jadi kiper Timnas Indonesia. Terlebih, skuad Garuda menuai hasil positif dalam laga pertama putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Paes tampil sebagai pahlawan saat Timnas Indonesia menahan imbang tuan rumah Arab Saudi 1-1 pada Jumat, 5 September 2024. Dia beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan Arab mencetak banyak gol.

“Perasaan saya sangat bangga akhirnya melakukan debut bersama Timnas Indonesia, saat melawan Arab Saudi! Poin bagus dalam perjalanan ini 🇮🇩🦅 #kitagaruda," kata Maarten Paes, dalam unggahannya di Instagram.

1. Paes memang kebobolan, tapi

Paes turun sebagai starter di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Di hadapan puluhan ribu fans yang memadati King Abdullah City Sports Stadium, dia tampil cukup tenang.

Memang, Paes sempat kebobolan di babak pertama lewat sepakan Musab Al Juwayr. Namun, itu bukan kesalahannya, karena bola sepakan Al Juwayr mengenai tubuh Calvin Verdonk hingga bola berbelok arah.

Baca Juga: Aksi Impresif Maarten Paes Jadi Sorotan di Amerika Serikat

2. Paes gagalkan penalti Arab Saudi

Maarten Paes Bangga Jalani Debut Gemilang Bersama Timnas IndonesiaMaarten Paes saat bermain bersama MLS All Stars (Instagram.com/maartenpaes)

Sepanjang laga Paes tampil gemilang bersama Timnas Indonesia. Statistik mencatat, penggawa Dallas FC itu menorehkan tiga penyelamatan, dua di antaranya menyelamatkan Indonesia dari kebobolan.

Dia sempat melakukan blunder saat coba menggocek pemain Arab Saudi di dalam kotak penalti. Saat bola sempat terebut, Paes terpaksa menjatuhkan lawannya sehingga berujung penalti.

Namun demikian, dia mampu membayar kesalahannya itu dengan sempurna. Penalti Salem Al Dawsari, mampu dimentahkannya dengan baik.

3. Peran besar Maarten Paes dalam permainan Timnas Indonesia

Maarten Paes Bangga Jalani Debut Gemilang Bersama Timnas IndonesiaPotret Maarten Paes. (Instagram/@maartenpaes).

Menariknya, Paes juga tampil cukup aktif dalam membagi bola. Dia begitu tenang mengalirkan bola ke pemain lain, sehingga permainan Indonesia bisa mengimbangi tuan rumah Arab Saudi.

Hadirnya Paes juga memberi tambahan tenaga bagi lini pertahanan. Bersama Jay Idzes, dia mampu mengorganisir pertahanan Pasukan Garuda demi menahan gempuran para pemain Arab Saudi.

Hasilnya, para pemain Arab Saudi kesulitan mencetak gol sepanjang laga.

Baca Juga: Debut Indah Maarten Paes Bersama Timnas Indonesia, Tahan Penalti

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya