Hasil Euro 2024: Belanda dan Turki Melaju ke Perempat Final

Babak 16 besar Euro 2024 rampung

Jakarta, IDN Times - Belanda dan Turki mengamankan dua tiket terakhir ke babak perempat final Euro 2024. Kedua kesebelasan sukses menang atas lawannya masing-masing dalam laga 16 besar.

Belanda yang lebih dulu memainkan pertandingan, mampu menumbangkan Rumania 3-0 dalam duel yang berlangsung di Allianz Arena pada Selasa, 2 Juli 2024.

Sedangkan, Turki juga bisa menyelesaikan duel panas kontra Austria 2-1 dalam duel di Red Bull Arena, Rabu (3/7/2024) dini hari WIB.

Belanda dan Turki menyusul Jerman, Spanyol, Inggris, Prancis, Portugal serta Swiss yang sudah lebih dulu lolos ke perempat final Euro 2024.

1. Belanda sikat Rumania

Hasil Euro 2024: Belanda dan Turki Melaju ke Perempat FinalBelanda kalahkan Rumania di 16 besar Euro 2024. (uefa.com)

Belanda tampil ciamik kala bentrok dengan Rumania di 16 besar Euro 2024. Tampil menekan, mereka sudah unggul saat laga baru berjalan 20 menit melalui Cody Gakpo.

Melakukan cut inside di kotak berbahaya, Gakpo kemudian melepaskan sepakan yang tak bisa dijangkau kiper Rumania, Florin Nita.

Mengalami deadlock, skuad Oranje baru bisa menambah keunggulan menit 83 melalui Donyell Malen.

Tak berhenti di situ, Malen kembali mencetak gol buat Belanda, sekaligus memastikan timnya menang 3-0 dalam pertandingan ini.

Baca Juga: Kiprah Belgia di 3 Edisi Terakhir Euro, Berbuah Kegagalan

1. Turki menang atas Austria 2-1

Hasil Euro 2024: Belanda dan Turki Melaju ke Perempat FinalTurki lolos ke 16 besar Euro 2024. (uefa.com)

Duel Turki kontra Austria berjalan panas sejak laga dimulai. Namun, Mirah Demiral mampu mencuri gol lewat sepakan di dalam kotak penalti Austria, memanfaatkan kemelut hasil sepak pojok rekannya saat laga baru seumur jagung.

Kemudian, jual beli serangan terjadi sepanjang laga. Hanya saja, hingga turun minum kedua kesebelasan tak mampu mengubah keadaan. Skor 1-0 untuk keunggulan Turki menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Austria tampil lebih agresif, tapi lagi-lagi mereka kecolongan. Berawal dari sepak pojok Arda Guler, Demiral berhasil menggandakan keunggulan timnya menjadi 2-0.

Unggul dua gol membuat Turki bermain santau. Hal itu dimanfaatkan Austria untuk terus mengancam. Usaha mereka akhirnya berbuah hasil lantaran menit 66 Michael Gregoritsch mampu memperkecil kedudukan.

Sempat membuka asa menyamakan skor, Austria akhirnya menyerah. Hingga akhir laga, mereka gagal mencetak gol walau banyak peluang berhasil diciptakan.

3. Babak 16 besar Euro 2024 rampung

Hasil Euro 2024: Belanda dan Turki Melaju ke Perempat FinalNico Schlotterbeck (instagram.com/nico.schlotterbeck)

Dua laga itu sekaligus menutup babak 16 besar Euro 2024. Sebelumnya, sudah ada tujuh laga yang sudah berlangsung selama beberapa terakhir ini.

Babak perempat final baru akan dimulai pada 5 Juli 2024. Fase ini bakal dimulai dengan duel panas Spanyol kontra Jerman (5 Juli), Portugal lawan Prancis dan Inggris versus Swiss (6 Juli), serta duel antara Belanda dan Turki (7 Juli).

Baca Juga: Belanda Suram karena Virgil van Dijk Sedang Jelek

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya