Georgia Diguyur Bonus Rp163 Miliar Usai Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Georgia jumpa Spanyol di babak 16 besar Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Timnas Georgia membuat sejarah lolos ke 16 besar Euro 2024. Atas pencapaian itu, mereka diguyur bonus 10 juta dolar AS atau Rp163 miliar.

Dilansir Mirror, bonus itu diberikan miliarder sekaligus Perdana Menteri Georgia, Bidzina Ivanishvili. Bonus itu merupakan apresiasi atas sejarah anyar yang telah diukir Georgia di ajang Piala Eropa ini.

1. Buat sejarah baru lolos ke fase gugur turnamen besar

Georgia Diguyur Bonus Rp163 Miliar Usai Lolos ke 16 Besar Euro 2024Georges Mikautadze (uefa.com)

Georgia membuat kejutan dengan mengalahkan Portugal 2-0 di laga pamungkas Grup F Euro 2024 pada Kamis, 27 Juni 2024. Kemenangan itu mengantarkan mereka lolos ke fase gugur dengan status peringkat tiga terbaik.

Skuad berjuluk Jvarosnebi ini mencatatkan empat poin hasil dari sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Mereka lolos bersama Portugal (juara grup) dan Turki (runner up).

Ini jadi prestasi perdana Georgia lolos ke fase gugur dalam turnamen besar.

Baca Juga: Erick: Timnas Indonesia Harus Seperti Austria dan Georgia

2. Kvaratskhelia Bahagi

Georgia Diguyur Bonus Rp163 Miliar Usai Lolos ke 16 Besar Euro 2024Winger andalan Georgia, Khvicha Kvaratskhelia, usai cetak gol ke gawang Portugal (X @EURO2024)

Pemain andalan Georgia, Khvicha Kvaratskhelia semringah bisa ukir sejarah membawa Georgia lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Bahkan, dia merasa kebahagiaan yang dirasakan melebihi ketika membawa Napoli Scudetto. 

Kvaratskhelia menilai, kebahagiaan yang dirasakan membawa Georgia lolos ke 16 besar Euro 2024 begitu istimewa. Menjalani debut, mereka secara meyakinkan membuat sejarah anyar di sepak bola Benua Biru.

“Scudetto merupakan momen paling bekesan bagi saya, tetapi saya lebih bahagia kali ini lantaran membela negara. Ini hasil yang membanggakan walau momen keduanya saya begitu menyenangkan,” katanya dikutip laman resmi UEFA.

3. Georgia bisa dapat bonus lagi jika kalahkan Spanyol

Georgia Diguyur Bonus Rp163 Miliar Usai Lolos ke 16 Besar Euro 2024Pemain Spanyol melakukan selebrasi usai gol bunuh diri Italia di Euro 2024. (uefa.com)

Georgia juga dijanjikan bonus lain jika berhasil melaju ke perempat final Euro 2024. Mereka bahkan bakal diguyur bonus lebih besar dari yang didapatkan saat ini andai bisa mewujudkannya.

Namun, di babak 16 besar Euro 2024 mereka sudah ditunggu tim kuat Spanyol. Tentu duel nanti bakal berjalan sulit, mengingat skuad La Furia Roja tampil sempurna selama mentas di babak penyisihan.

Baca Juga: Kandaskan Albania, Spanyol Mantap ke 16 Besar sebagai Juara Grup B

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya