FFF Kutuk Aksi Rasisme Pemain Argentina ke Penggawa Prancis

Enzo Fernandez kedapatan melakukan chant rasis ke Mbappe?

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola Prancis (FFF) melancarkan protes terhadap Timnas Argentina. Penggawa La Albiceleste diduga melakukan chant berbau rasial terhadap pemain Les Bleus saat perayaan juara Copa America 2024.

Para pemain Argentina menunjukkan gestur pelecehan, salah satunya adalah Enzo Fernandez. Dia memimpin chant menyindir latarbelakang pemain Prancis, seperti Eduardo Camavinga hingga Kylian Mbappe, yang merupakan pemain berdarah Afrika.

“Presiden Federasi Sepak Bola Prancis, Philippe Diallo, mengutuk keras pernyataan rasis dan diskriminatif yang tidak dapat diterima, yang dilontarkan kepada para pemain Prancis dalam konteks lagu yang dinyanyikan para pemain dan pendukung Argentina usai juara Copa America dan disiarkan melalui sebuah video live di media sosial," ujar pernyataan resmi FFF.

1. FFF sebut rasisme tak dapat tempat di sepak bola

FFF Kutuk Aksi Rasisme Pemain Argentina ke Penggawa Prancis( Instagram.com/camavinga )

FFF menikai, tindakan rasialis itu tak pantas dilakukan pesepak bola. Sebab, semuanya bertentangan dengan nilai hak asasi manusia dan nilai-nilai sportivitas dalam olahraga.

Tak hanya itu, mereka juga kecewa lantaran para pemain Argentina justru melemahkan kampanye anti-rasisme di lapangan hijau.

“Presiden FFF memutuskan untuk secara langsung menantang mitranya dari Argentina dan FIFA, dengan mengajukan tuntutan hukum atas pernyataan yang menghina yang bersifat rasis dan diskriminatif,” tulis pernyataan FFF.

Baca Juga: Nagelsmann Kritisi Survei Rasis Timnas Jerman: Gila Betul!

2. Enzo melalukan aksi rasisme di Sosmed

Usai sukses meraih gelar secara back to back di Copa America, para pemain Argentina memang larut dalam euforia perayaan gelar juara. Mereka begitu senang dengan prestasi yang diraih dalam beberapa tahun terakhir.

Kemudian, perayaan juara Copa America 2024 berlanjut sampai ke bus pemain, awal mula dugaan rasisme dilakukan para penggawa Argentina.

Dalam sebuah bideo Instagram Live Enzo, para pemain bernyanyi kompak menyindir soal asal-usul Mbappe, yang memiliki orang tua imigran dari Kamerun dan Aljazair.

3. Prancis minta FIFA bertindak

FFF Kutuk Aksi Rasisme Pemain Argentina ke Penggawa PrancisKylian Mbappe (uefa.com)

Atas tindakan itu, FFF dan Menteri Olahraga Prancis Amelie Oudea-Castera, kompak menuntut FIFA mengambil tindakan atas aksi rasisme Enzo dan pemain Argentina lainnya saat perayaan juara Copa America 2024.

"Menyedihkan. Perilaku makin tidak dapat diterima karena diulang-ulang. FIFA: Reaksi?" cuit Oudea-Castera dalam akun X, mengeluhkan aksi itu yang terus terulang.

Sejauh ini, FIFA dan UEFA belum merespons aksi rasisme pemain Argentina. Namun, jika Enzo Fernandez dan kolega terbukti bersalah, itu bisa melahirkan sanksi untuk para pemain yang terlibat.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya