Erick Thohir Hadir Sendirian di Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2024

Shin Tae Yong sedang tak sehat

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, bakal absen saat drawing grup putaran ketiga Kualifikasi FIFA Piala Dunia zona Asia 2026. Ketua Umum PSSI Erick Thohir bakal hadir sendiri dalam agenda penting tersebut.

Drawing babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni 2024.

"Pada 27 Juni juga ketika penarikan undian untuk putaran ketiga, dia tidak mendampingi saya. Jadi saya nanti pergi sendiri karena beliau masih dalam pemulihan," kata Erick.

1. Shin tak bisa hadir lantaran masalah kesehatan

Erick Thohir Hadir Sendirian di Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2024Aksi pelatih Timnas U-23 Shin Tae Yong saat memberikan arahan kepada anak asuhnya di pinggir lapangan saat bersua Yordania dalam laga Grup A Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Shin Tae Yong tak bisa hadir bersama delegasi PSSI karena sedang menjalani perawatan kesehatan. Setelah konsultasi dengan tim medis, diputuskan jika pelatih asal Korea Selatan itu akan fokus pada proses kesembuhannya selama dua sampai tiga minggu ke depan.

Erick pun mendoakan dan memberi dukungan terbaiknya bagi kesembuhan Shin.

“Saya minta agar Coach Shin dapat fokus pada pemulihannya dengan tenang, agar dapat kembali dengan sehat dan pulih,” ujar pria yang juga meenjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Baca Juga: Erick: Kalau Korea Mau Rekrut Shin, Saya Tak Bisa Melarang

2. PSSI sudah memberikan draft kontrak final kepada Shin

Erick Thohir Hadir Sendirian di Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2024Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong, saat memimpin sesi latihan di Stadion Madya GBK pada Mei 2022. (Dok. PSSI)

Kondisi ini yang membuat penandatanganan kontrak Shin tertunda. Padahal, PSSI dan Shin sudah sepakat memperbaharui kontrak baru sampai 2027 mendatang.

"Kami sudah memberikan final kontrak kepada Coach Shin hampir dua minggu lalu. Tapi, dia sedang beristirahat. Kemarin, dia harus ada kegiatan kesehatan, sehingga harus dirawat di rumah sakit. Jadi, kami harus menunggu recovery," ujar Erick di Menara Danareksa

“Kami sudah memberikan kontrak finalnya. Respons Shin positif. Jadi untuk kontrak, kita tunggu. Masa kami kejar-kejar kontrak orang yang lagi dalam perawatan," lanjut dia.

3. Daftar tim yang lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2024

Erick Thohir Hadir Sendirian di Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2024Pesepak bola Timnas Indonesia Rafael William Struick (kanan) melewati hadangan pesepak bola Timnas Filipina Adrian Ugelvik (kiri) dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Merunut jadwal, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dihelat pada 5 September 2024 sampai 10 Juni 2025. Dari sini, akan diambil enam negara langsung yang lolos ke Piala Dunia 2026. Undian babak ini akan dihelat pada 27 Juni 2024.

Berikut adalah daftar 18 negara yang lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

- Qatar

- Kuwait

- Jepang

- Korea Utara

- Korea Selatan

- China

- Oman

- Kyrgyztan

- Iran

- Uzbekistan

- Irak

- Indonesia

- Yordania

- Arab Saudi

- Uni Emirat Arab

- Bahrain

- Australia

- Palestina

Baca Juga: Timnas Indonesia Tak Beranjak dari Peringkat 134 FIFA

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya