Enzo Fernandez Dapat Sanksi Larangan Main 12 Laga di Premier League?

FIFA juga tengah melakukan investigasi

Intinya Sih...

  • Enzo Fernandez terancam larangan bermain 12 pertandingan di Premier League akibat nyanyian rasis saat perayaan juara Copa America 2024.
  • Premier League melakukan investigasi dan memberikan sanksi berat bagi pelaku rasisme, sebagai upaya meminimalkan aksi diskriminasi di lapangan.
  • Chelsea diperkirakan akan menjual Enzo Fernandez setelah aksi rasisme yang dilakukannya menyebabkan ketidakharmonisan di ruang ganti tim.

Jakarta, IDn Times - Enzo Fernandez terancam masalah besar buntut dari nyanyian rasis yang dilakukannya. Dia dibayangi sanksi larangan bemain 12 pertandingan di Pemier League.

Para pemain Argentina menunjukkan gestur pelecehan saat perayaan juara Copa America 2024, termasuk Enzo Fernandez. Dia memimpin chant menyindir latarbelakang pemain Prancis, seperti Eduardo Camavinga hingga Kylian Mbappe, yang merupakan pemain berdarah Afrika.

Dilansir Mirror, Premier League bakal melakukan investigasi kepada Enzo Fernandez. Dia kini terancam sanksi, berupa larangan bermain 12 pertandingan.

1. Premier League punya sanksi tegas soal rasisme

Enzo Fernandez Dapat Sanksi Larangan Main 12 Laga di Premier League?Selebrasi Argentina usai mencetak gol ke gawang Ekuador pada perempat final Copa America 2024. (x.com/Argentina)

Dalam peraturan Premier League pada 2020, aksi rasisme di lapangan menang jadi perhatian utama. Alhasil, sanksi yang diberikan untuk pelaku rasisme cukup berat. 

Hal itu dilakukan operator Liga Inggris demi meminimalkan aksi rasisme yang dilakukan pemain di lapangan.

"Sanksi larangan pertandingan sebanyak 6 hingga 12 pertandingan akan direkomendasikan kepada Komisi Regulasi dalam memberi hukuman hampir dalam semua tindakan diskriminasi yang dilakukan setiap pemain," tulis pernyataan mereka.

Baca Juga: Buntut Rasisme, Enzo Fernandez Berpotensi Didepak Chelsea

2. Chelsea disebut bakal jual Enzo Fernadez

Enzo Fernandez Dapat Sanksi Larangan Main 12 Laga di Premier League?Potret Enzo Fernandez mengangkat trofi Copa America 2024. (chelseafc.com).

Chelsea diperkirakan bakal mengambil langkah tegas atas aksi rasisme yang dilakukan gelandangnya, Enzo Fernandez. Manajemen diyakini akan menjual Fernandez di bursa transfer musim panas 2024 ini.

Manajemen The Blues tidak akan tinggal diam setelah Enzo meledek sejumlah kompatriotnya di klub. Suasana ruang ganti Chelsea sedang tidak kondusif, karena sebagian pemain sudah memusuhinya. 

Malo Gusto, Wesley Fofana, Axel Disasi, Christopher Nkunku, Malang Sarr, Benoit Badiashile, Romeo Lavia, Lesley Ugochukwu dan David Datro pun terpantau sudah berhenti mengikuti Instagram Fernandez.

3. FIFA tengah lakukan investigasi

Enzo Fernandez Dapat Sanksi Larangan Main 12 Laga di Premier League?Enzo Fernandez ketika membela Timnas Argentina. (instagram.com/enzojfernandez)

Sebelumnya, FIFA juga sudah mulai melakukan investigasi terhadap dugaan tindakan rasisme pemain Argentina kepada penggawa Prancis, yang salah satunya dilakukan Enzo Fernandez.

Investigasi dilakukan sebagai tindak lanjut dari laporan yang dilakukan Federasi Sepak Bola Prancis (FFF).

"FIFA menyadari adanya video yang beredar di media sosial dan insiden tersebut sedang diperiksa. FIFA sangat mengutuk segala bentuk diskriminasi oleh siapa pun, termasuk pemain, penggemar, dan ofisial," ujar juru bicara FIFA mengutip Marca.

Baca Juga: FIFA Mulai Investigasi Dugaan Rasisme Enzo Fernandez

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya