Dikirtik Mainkan Bukayo Saka di Bek Kiri, Southgate Pilih Kalem

Southgate teurus dihujani kritik

Jakarta, IDN Times - Gareth Southgate kembali jadi sorotan usai Inggris menang di babak 16 besar Euro 2024. Hal itu tak lepas dari keputusannya memainkan Bukayo Saka di posisi bek kiri saat berduel melawan Slovakia.

Dalam laga tersebut, skuad Three Lions berhasil menumbangkan Slovakia dengan skor 2-1 melalui perpanjangan waktu di Veltins-Arena pada Minggu, 30 Juni 2024. Namun, hal itu tak membuat banyak pihak puas atas keputusan Southgate memainkan pemain di posisi lain.

1. Southgate buka alasan beri peran berbeda untuk Bukayo Saka

Dikirtik Mainkan Bukayo Saka di Bek Kiri, Southgate Pilih Kalempotret Bukayo Saka saat membela timnas Inggris (englandfootball.com)

Southgate sendiri punya alasan kenapa memainkan Saka sebagai bek kiri di babak 16 besar Euro 2024. Dia tak gentar meski dihujani kritik dan gejolak yang terus muncul di tengah perhelatan turnamen ini.

“Saya merasa, jika memainkan Bukayo Saka di bek kiri, bakal memberikan serangan ekstra [karena naluri menyerangnya yang lebih tinggi. Itu keputusan yang bagus,” ujar Southgate, dikutip Radio 5 Live.

Baca Juga: Rooney Kritik Southgate: Dia Bunuh Potensi 2 Pemain Inggris

2. Southgate dikritik Rooney

Dikirtik Mainkan Bukayo Saka di Bek Kiri, Southgate Pilih KalemSelebrasi Jude Bellingham dan Trent Alexander-Arnold (Instagram.com/trentarnold66)

Southgate tak menggubris tekanan yang bisa merusak fokusnya dan tim. Dia justru memuji keberanian para pemainnya dalam laga lawan Slovakia, termasuk Saka. Sebab, mereka mau bekerja keras hingga bisa menggenggam tiket ke perempat final Euro 2024.

Sebelumnya, legenda sepak bola Inggris dan Manchester United, Wayne Rooney yang mengkritik Southgate. Dia mengecam tindakan sang pelatih dalam menempatkan pemain dalam setiap laga di babak penyisihan.

Rooney mengecam Southgate yang gegabah menempatkan Trent Alexander-Arnold sebagai gelandang bertahan selama babak penyisihan. Menurutnya, hal itu mengakibatkan penampilan Alexander-Arnold tak optimal.

3. Rooney tak habis pikir dengan kebijakan Southgate

Dikirtik Mainkan Bukayo Saka di Bek Kiri, Southgate Pilih KalemAksi Inggris pada laga versus Denmark di Euro 2024. (uefa.com)

Rooney masih tak habis pikir, Southgate memaksakan Aleander-Arnold tampil sebagai gelandang dala laga lawan Serbia dan Denmark, lalu coba menggantinya dengan Conor Gallagher (lawan Slovenia) saat taktik tak berjalan maksimal.

Dia menilai, percobaan itu benar-benar mematikan potensi kedua pemain tersebut.

Padahal, Southgate harusnya sudah memperhitungkan kondisi tim. Apalagi, Alexander-Arnold sudah terbiasa bermain di bek kanan bersama klubnya Liverpool.

Rooney juga berpikir, seharunya Southgate memaksimalkan pemain yang dibawa sesuai perannya. Terlebih, dia juga punya opsi lain memberi kesempatan kepada Kobbie Maino di lini tengah.

 

Baca Juga: Inggris Rupanya Masih Perlu Tuah Jude Bellingham

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya