De Bruyne Dirumorkan Pensiun, Pelatih Belgia: Jangan Dulu

De Bruyne sadar kenapa Belgia tersingkir di Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Belgia dipastikan tersingkir di ajang Euro 2024. Kekalahan ini sangat menyakitkan kapten tim Kevin de Bruyne, hingga dia diprediksi bakal pensiun dari timnas usai kegagalan timnya.

Belgia harus mengakui keunggulan Prancis 0-1 dalam laga 16 besar Euro 2024, Senin (1/72024). Hasil itu membuat negara yang acap berada di tiga besar ranking FIFA itu kembali gagal meraih prestasi terbaik.

Beberapa tahun ke belakang, Belgia memang dihuni generasi emas. Hanya saja, itu tak cukup buat mereka meraih trofi bergengsi, termasuk di Euro kali ini.

 

1. De Bruyne dinilai masih jadi sosok penting bagi Belgia

De Bruyne Dirumorkan Pensiun, Pelatih Belgia: Jangan DuluKevin De Bruyne (twitter.com/EURO2024)

Pelatih Belgia, Giacomo Tedesco, sudah tahu jika De Bruyne mengisyaratkan bakal pensiun dalam waktu dekat. Namun, dia tak mau pemain Manchester City itu gantung sepatu usai kegagalan Belgia di Euro 2024.

Dia menilai, De Bruyne masih jadi sosok penting bagi skuad Belgia. Terlebih, dia merupakan pemain yang punya peran vital di skuad Red Devils sampai saat ini.

Baca Juga: Kevin De Bruyne Sadar Diri Usai Belgia Disingkirkan Prancis

2. Masih butuh De Bruyne untuk kualifikasi Piala Dunia 2026

De Bruyne Dirumorkan Pensiun, Pelatih Belgia: Jangan DuluKevin De Bruyne (x.com/BelRedDevils)

Tedesco mengatakan, dirinya masih membutuhkan jasa De Bruyne, terutama untuk memimpin Belgia mentas di babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia pun masih memasukkan nama De Bruyne untuk mentas di turnamen paling bergengsi jika bisa lolos ke putaran final.

“Jangan dulu. Dia paham, begitu vitalnya peran dia untuk tim. Dia tak membutuhkan pendapat saya soal rencana gantung sepatu, karena dia tahu situasinya. Rumit mempertanyakan masalah itu kepadanya usai meraih hasil mengecewakan di Euro,” kata Tedesco, dilansir ESPN.

3. De Bruyne tahu diri kenapa Belgia gagal di Euro 2024

De Bruyne Dirumorkan Pensiun, Pelatih Belgia: Jangan DuluSelebrasi gelandang Belgia, Kevin De Bruyne, usai mencetak gol ke gawang Rumania di matchday 2 Grup E Euro 2024. (uefa.com)

De Bruyne sendiri tengah dirundung kekecewaan usai Belgia gagal melangkah jauh  di Euro 2024. Namun, dia sadar timnya tampil kurang meyakinkan dalam ajang tersebut.

Dia menilai lini depan Belgia ompong. Di fase grup, Romelu Lukaku dan kawan-kawan hanya mampu menceploskan dua gol, seluruhnya dicetak ke gawang Rumania, di laga kedua.

Belgia tak mampu meneruskan hasil positif tersebut, karena ditahan Ukraina tanpa gol di laga pamungkas. Kemudian, rapor jeblok itu berlanjut yang menyebabkan mereka tumbang di tangan Prancis.

"Saya sudah mencoba melakukan semua yang saya bisa. Di laga ini, saya bermain di posisi yang lebih bertahan. Saya mengeluarkan segalanya untuk membantu tim. Sangat disayangkan, saya tidak dapat menyelesaikan peluang yang saya dapat," ujar De Bruyne, saat berbicara usai laga.

Baca Juga: Kevin De Bruyne Memang Top

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya