Bayern Munich Juara Bundesliga Lagi, Sejarah Baru Tercipta

Bayern jadi juara 10 kali beruntun di Bundesliga

Jakarta, IDN Times - Bayern Munich mengukir sejarah anyar usai merebut gelar juara Bundesliga 2021/22. Mereka jadi klub pertama dari lima kompetisi domestik paling top Eropa, yang berhasil menjadi kampiun di 10 musim beruntun.

Gelar ke-10 Bundesliga beruntun ini diraih Bayern saat mengalahkan Borussia Dortmund 3-1 dalam duel yang digelar di Allianz Arena, Sabtu (23/4/2022).

Kemenangan itu membuat Die Roten mengoleksi 75 poin. Mereka unggul 12 angka dari Dortmund yang ada di bawahnya dengan catatan 63 poin. Mereka pun sudah tak mungkin lagi mengejar Bayern di tiga laga sisa Bundesliga musim ini.

1. Hanya bisa disaingi Borussia Dortmund

Bayern Munich Juara Bundesliga Lagi, Sejarah Baru TerciptaBayern Munich catat sejarah dengan menjadi juara Bundesliga 10 kali beruntun. (Twitter/@FCbayern)

Dalam 10 musim terakhir, dominasi Bayern tak terbantahkan di kompetisi kasta tertinggi Jerman. Mereka tak bisa disentuh siapapun klub-klub lain yang jadi pesainganya di Bundesliga. Walau sempat terseok dalam awal musim, acap kali mereka bangkit dan merebut gelar juara.

Tercatat, hanya Dortmund saja yang sedikit bisa menyaingi Bayern dalam satu dekade terakhir di Bundesliga. Dalam periode itu, mereka lima musim harus bersaing dengan Bayern dan harus puas duduk sebagai runner up.

Baca Juga: 6 Pemain Bayern Munich dengan Gol Terbanyak Musim 2021/2022

2. Bayern pecahkan sejarah baru

Yang paling menjadi kebanggaan, tentu catatan Bayern ini jadi sejarah baru di Eropa. Mereka melewati rekor yang sebelumnya dipegang Juventus dengan meraih sembilan kali juara beruntun di Serie A.

Dominasi Bayern di Bundesliga kini semakin kentara. Sebab, mereka sudah mengoleksi 32 gelar juara sepanjang sejarah Bundesliga. Mereka meninggalkan jauh Nurnberg (9) yang jadi klub dengan koleksi trofi terbanyak kedua di Jerman.

3. Daftar klub dengan gelar juara terbanyak di Bundesliga

Bayern Munich Juara Bundesliga Lagi, Sejarah Baru Terciptabundesliga.com

Daftar 5 klub dengan gelar juara terbanyak sepanjang masa di Bundesliga

1. Bayern Munich - 32 kali
2. Nurnberg - 9 kali
3. Borussia Dortmund - 8 kali
4. Schalke 04 - 7 kali
5. Hamburg - 6 kali: 

Baca Juga: Bayern Munich Juara Bundesliga, Ini 3 Fakta Uniknya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya