6 Gol Bunuh Diri Sudah Tercipta di Euro 2024

Gol bunuh diri buat Italia kalah dari Spanyol

Jakarta, IDN Times - Gol bunuh diri kerap terjadi dalam pertandingan Euro 2024. Teranyar, hal itu dilakukan bek Turki, Samet Akaydin saat bersua Portugal dalam laga matchday kedua Grup F Euro 2024. 

Total, sudah enam gol tercipta hingga matchday kedua babak grup Piala Eropa kali ini. Menurut Opta, catatan itu hanya kalah dari rekor gol bunuh diri yang terjadi di Euro 2020.

Namun, jumlah gol bunuh diri di Euro edisi kali ini berpotensi terus bertambah. Mengingat, masih ada 28 pertandingan yang tersisa hingga final. 

1. Rudiger dan Wober bikin gol bunuh diri

6 Gol Bunuh Diri Sudah Tercipta di Euro 2024Gol bunuh diri pertama yang lahir di Euro 2024 terjadi dalam duel tuan rumah Jerman kontra Skotlandia di Grup A yang dilakukan Antonio Rudiger. (uefa.com)

Gol bunuh diri pertama yang lahir di Euro 2024 terjadi dalam duel tuan rumah Jerman kontra Skotlandia di Grup A. Antonio Rudiger tercatat jadi pemain yang melakukan kesalahan itu, sehingga gagal membuat skuad Die Mannschaft melakukan cleansheet. 

Gol bunuh kedua terjadi saat duel Grup B Euro 2024 antara Austria bersua Prancis. Maximilian Wober yang berusaha menghalau bola dengan kepalanya, tak sengaja membelokkan bola umpan Kylian Mbappe dalam duel itu.

Akibat gol bunuh diri Wober, Austria harus menyerah 0-1 dari Prancis di laga perdananya.

Baca Juga: Babak I: Diwarnai Gol Bunuh Diri, Portugal Unggul 2-0 Atas Turki

2. Klaus Gjasula buat gol bunuh diri sebelum selamatkan Albania

6 Gol Bunuh Diri Sudah Tercipta di Euro 2024Gelandang Albania Klaus Gjasula membuat gol bunuh diri ketiga di Euro 2024. (uefa.com)

Gelandang Albania Klaus Gjasula membuat gol bunuh diri ketiga di Euro 2024. Dia meelakukan itu saat timnya bermain imbang dengan Kroasia 2-2. 

Gol bunuh diri Gjasula sempat membuat Albania tertinggal 1-2 akibat. Beruntung, dia membayar kesalahannya dengan mencetak gol kedua yang menyelamatkan Albania dari kekalahan.

Gol bunuh diri keempat yang terjadi di Euro 2024 juga jadi petaka bagi Ceko. Kesalahan Robin Hranac membuat timnya kalah dalam laga perdana mereka dari Portugal di Grup F.  

3. Gol bunuh diri Riccardo Calafiori buat Italia kalah

6 Gol Bunuh Diri Sudah Tercipta di Euro 2024Gol bunuh diri Riccardo Calafiori membuat Italia menyerah dengan skor tipis 0-1 dari Spanyol dalam laga Grup B Euro 2024. (uefa.com)

Gol bunuh diri kelima lahir dalam duel panas Italia melawan Spanyol di Grup B Euro 2024. Bek Gli Azzurri Riccardo Calafiori tak sengaja membelokkan bola liar hasil tepisan Gianluigi Donnarumma saat laga berjalan 55 menit.

Gol itu juga membuat Italia menyerah dengan skor tipis 0-1 dari skuad La Furia Roja. Sebab, tak ada lagi gol yang diciptakan kedua kesebelasan dalam duel ini.

Gol bunuh diri terakhir yang terjadi di Euro 2024 lahir saat Turki kalah 0-3 dari Portugal di Grup F. Akaydin melakukan blunder lantaran salah paham saat memberi umpan kepada kiper Altar Bayindir yang sudah kadung maju untuk memotong bola.

Sempat berusaha dikejar Bayindir, bola menggelinding mulus ke gawang Turki yang sudah kosong, sehingga, gol itu membuat skuad Ay-Yıldızlılar tertinggal 0-2.

Baca Juga: Donnarumma: Saya Tak Peduli Main Bagus Kalau Italia Kalah

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya