3 Tim yang Sudah Lolos ke Perempat Final Copa America 2024

Brasil masih harus berjuang di matchday terakhir

Jakarta, IDN Times - Matchday kedua Copa America 2024 baru saja rampung. Sebanyak tiga tim sudah bisa dipastikan melangkah ke babak perempat final walau masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Beberapa tim unggulan justru belum bisa menjamin langkahnya melaju ke fase gugur, salah satunya adalah Brasil. Sempat ditahan imbang Kosta Rika tanpa gol, Selecao baru bisa bangkit meraup tiga poin dengan mengalahkan Paraguay 4-1, Sabtu (29/6/2024).

Berikut adalah tiga tim yang sudah dipastikan melaju ke babak perempat final Copa America 2024.

1. Argentina dipastikan lolos

3 Tim yang Sudah Lolos ke Perempat Final Copa America 2024Instagram.com/leomessi

Argentina jadi tim pertama yang menggenggam tiket perempat final Copa America 2024. Sejauh ini, Tim Tango sukses menyapu bersih dua laga dengan kemenangan di Grup A. 

Juara bertahan Copa America ini meraup tiga poin pertama dengan mengandaskan Kanada 2-0. Setelahnya, mereka juga sukses menggasak Chili degan skor tipis 1-0.

Koleksi enam poin sudah cukup mengantarkan Lionel Messi dan kolega meraih satu tiket ke babak gugur. Mereka tinggal menentukan nasibnya sendiri untuk lolos sebagai juara grup atau runner up dalam duel terakhir melawan Peru pada Minggu, 30 Juni 2024.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Brasil Permak Paraguay di Copa America

2. Venezuela membuat kejutan

3 Tim yang Sudah Lolos ke Perempat Final Copa America 2024Kervin Andrade, pemain termuda di Copa America 2024 (instagram.com/tutiandrade23)

Venezuela jadi salah satu tim kuda hitam yang secara mengejutkan bisa meraih tiket babak perempat final Copa America 2024 lebih cepat. Skuad La Vinotinto mampu meraup poin sempuran dalam dua laga yan sudah dijalani di Grup B.

Menariknya, kemenangan Venezuela diraih saat bersua tim-tim yang diperdiksi bakal mengalahkan mereka, yakni Ekuador (2-1) dan Meksiko (1-0). 

Venezuela tinggal menyisakan satu laga saja melawan Jamaika. Besua tim terlemah di Grup B, mereka diprediksi bakal mengejar kemenangan demi mengamankan posisi puncak dan menghindari lawan berat di perempat final.

3. Kolombia juga lolos ke perempat final

3 Tim yang Sudah Lolos ke Perempat Final Copa America 2024Selebrasi Luis Diaz dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol Kolombia vs Brasil, Jumat (17/11/2023). (c) AP Photo/Ivan Valencia

Satu lagi tim yang sudah memastikan lolos ke perempat final Copa America 2024 adalah Kolombia. Mereka kini jadi pemuncak klasemen sementara Grup D dengan raihan enam poin.

Skuad Los Cafeteros berhasil mengumpulkan dua kemenangan usai mengalahkan Paraguay (2-1) dan Kosta Rika (3-0). Alhasil, duel terakhir Daniel Munoz dan kolega tak akan berpengaruh apapun terhadap kelolosan mereka.

Persaingan menarik justru terjadi di Grup C. Walau Uruguay sudah mengoleksi enam poin, mereka belum bisa memastikan tiket lolos ke babak perempat final Copa America 2024.

Perolehan poin La Celeste masih bisa disamai Amerika Serikat dan Panama yang sama-sama mengolesi tiga poin. Alhasil, duel AS kontra Uruguay dan Bolivia vs Panama di matchday terakhir, bakal menentukan kelolosan tim Grup C ke babak perempat final Copa America 2024.

Baca Juga: Brasil Raih Kemenangan Perdana di Copa America Usai Gilas Paraguay

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya