3 Tim yang Berhasil Juara Euro dan Piala Dunia secara Beruntun

Ada Spanyol yang menulis sejarah dengan tinta emas #EURO2024

Turnamen Euro 2024 masih berlangsung di Jerman. Beberapa tim telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Di Euro edisi kali ini, memang cukup sulit memprediksi tim mana yang akan keluar sebagai juara walaupun sebagian penggemar sepak bola banyak yang memfavoritkan Prancis atau Jerman.

Berbicara tentang kandidat juara Euro 2024, siapa pun yang akan menjadi pemenang, sudah pasti bukan berasal dari tim yang menjuarai Piala Dunia 2022. Karena tentu saja Argentina yang merupakan juara Piala Dunia 2022 tidak berpartisipasi di Euro.

Hanya sedikit tim Eropa yang mampu menggabungkan gelar Euro dan Piala Dunia secara beruntun. Urutannya bisa memenangkan gelar Euro dulu atau sebaliknya. Tercatat, sejauh ini hanya ada tiga tim dalam sejarah sepak bola Eropa yang mampu menggabungkan gelar juara Euro dengan titel Piala Dunia. Siapa saja mereka, dan bagaimana sejarahnya? Mari kita bahas!

1. Jerman Barat juara Euro 1972, kemudian jadi yang terbaik di Piala Dunia 1974

3 Tim yang Berhasil Juara Euro dan Piala Dunia secara BeruntunGerd Müller di Euro 1972 (uefa.com)

Timnas Jerman Barat di era 1970-an memang menjadi salah satu tim paling ditakuti. Nama seperti Gerd Müller dan Franz Beckenbauer merupakan bintang Jerman Barat yang sangat populer pada saat itu. Jerman menjuarai Euro 1972 usai mengalahkan Uni Soviet di final lewat skor telak 3-0. Euro 1972 diadakan di Belgia. Saat itu turnamen hanya diikuti oleh empat tim di putaran final. 

Kesuksesan Jerman Barat di UEFA Euro 1972 bukan hanya karena kemampuan individu pemain-pemain bintangnya, tetapi juga karena kerja sama tim yang solid dan strategi yang diterapkan oleh pelatih Helmut Schön. Kejayaan Jerman Barat berlanjut di Piala Dunia 1974. Sebagai tuan rumah, Jerman Barat membungkam taktik total football Belanda dengan skor 2-1 partai final.

2. Setelah juara Piala Dunia 1998, Prancis berjaya di Euro 2000

3 Tim yang Berhasil Juara Euro dan Piala Dunia secara BeruntunPrancis juara Euro 2000 (uefa.com)

Kisah kejayaan Prancis di UEFA Euro 2000 merupakan salah satu momen paling bersejarah dalam sepak bola Eropa. Zidane dkk. datang dengan status juara Piala Dunia 1998. Meskipun tidak terlalu mulus di fase grup dan bersusah payah di fase knockout, tim asuhan Roger Lemerre saat itu berhasil mencapai final. Prancis bertemu Italia di final yang berlangsung di Stadion Feijenoord, Rotterdam, pada 2 Juli 2000. Italia unggul lebih dulu lewat gol Marco Delvecchio di menit ke-55.

Ketika tampaknya Italia akan memenangkan pertandingan, Sylvain Wiltord mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-93, membawa pertandingan ke perpanjangan waktu. Di perpanjangan waktu, David Trezeguet mencetak gol emas di menit ke-103. Gol tersebut memastikan kemenangan 2-1 bagi Prancis. Pertandingan dramatis ini berhasil membawa Prancis meneruskan kesuksesan Piala Dunia 1998.

3. Generasi emas Spanyol meraih hattrick gelar pada 2008--2012

3 Tim yang Berhasil Juara Euro dan Piala Dunia secara BeruntunSpanyol juara Euro 2008 (uefa.com)

Kisah kejayaan Spanyol pada era Carles Puyol, Iker Casillas, dan Fernando Torres mungkin akan terus diingat oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Generasi emas La Furia Roja sebenarnya sudah dimulai sejak Piala Dunia 2006, tetapi kala itu mereka dikandaskan oleh Prancis di perempat final. Barulah pada Euro 2008, Spanyol mulai menggila dan sulit dibendung. Pada turnamen yang digelar Austria dan Swiss tersebut, Spanyol keluar sebagai juara usai menuntaskan perlawanan Jerman di laga puncak, dengan skor tipis 1-0 yang dicetak Fernando Torres.

Cerita kejayaan Spanyol berlanjut di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Iker Casillas berhasil mengangkat trofi setelah membenamkan Belanda di laga final. Dominasi Spanyol masih terus berlangsung di Euro 2012. Kala itu, pasukan Vicente del Bosque sukses menghancurkan Italia dengan skor 4-0 di pertandingan final. Sayangnya, dominasi Spanyol berakhir sejak mereka gagal di Piala Dunia 2014. Sejak saat itu, generasi emas Spanyol pun berakhir.

Sedikitnya tim yang mampu memenangkan gelar Euro dan Piala Dunia secara beruntun, menjadi bukti kalau pencapaian tersebut sangat sulit didapat. Mampukah juara Euro 2024 nantinya akan berjaya di Piala Dunia 2026?

Baca Juga: 3 Pemain dengan Rasio Gol Terbaik dalam 5 Laga di Euro

Hilman Azis Photo Verified Writer Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya