5 Wonderkid Paling Mentereng Borussia Dortmund pada 2023/2024

Siap ikuti jejak Sancho dan Bellingham

Borussia Dortmund dikenal sebagai salah satu klub Eropa dengan sistem pengembangan pemain muda terbaik di dunia. Selain mengasah bakat para pemain akademinya, Dortmund kerap merekrut pemain muda berbakat atau wonderkid untuk dipoles menjadi pemain top dunia. Deretan nama menjadi buktinya, seperti Robert Lewandowski, Jadon Sancho, Erling Haaland, hingga Jude Bellingham.

Kini, pada 2023/2024, Dortmund kembali melanjutkan tradisi tersebut dengan sejumlah nama pemain muda berbakat dimiliki mereka musim ini. Dari nama-nama tersebut, beberapa di antaranya sudah mendapatkan kepercayaan di tim utama. Siapa saja mereka deretan wonderkid paling mencuri perhatian yang berseragam Borussia Dortmund pada 2023/2024 ini?

1. Jamie Bynoe-Gittens (19 tahun) merupakan wonderkid asal Inggris yang dimiliki Dortmund

5 Wonderkid Paling Mentereng Borussia Dortmund pada 2023/2024Jamie Bynoe-Gittens merupakan salah satu talenta muda berbakat yang dimiliki Borussia Dortmund. (bvb.de)

Setelah Jadon Sancho dan Jude Bellingham, Borussia Dortmund kembali memiliki wonderkid asal Inggris, yaitu Jamie Bynoe-Gittens. Bynoe-Gittens sendiri didatangkan Dortmund pada September 2020 dari Manchester City. Sejak kehadirannya, Bynoe-Gittens mampu menunjukkan perkembangan yang signifikan di akademi Dortmund. Ia pun akhirnya mendapat debut profesionalnya pada 2021/2022 hingga mulai rutin bermain di tim utama setelahnya.

Pada 2023/2024 ini, Jamie Bynoe-Gittens telah mencatatkan 23 penampilan di semua kompetisi. Total, sudah 14 kali ia diturunkan sebagai starter. Dari penampilannya tersebut, winger berusia 19 tahun itu mampu menorehkan 2 gol serta 7 assist. Bynoe-Gittens dikenal sebagai pemain dengan kemampuan menggiring bola, kecepatan, dan kontrol jarak dekat yang mumpuni. Selain itu, ia termasuk winger yang aktif dalam melakukan penetrasi ke barisan pertahanan lawan. Melihat kemampuannya tersebut, pemain bernomor punggung 43 itu diprediksi akan bersinar di Dortmund, sebagaimana Jadon Sancho terdahulu.

Baca Juga: 3 Pemain Bayern Munich yang Gagal Juara Bundesliga meski Jadi Top Skor

2. Paris Brunner (18 tahun) dianggap sebagai prospek masa depan Timnas Jerman

5 Wonderkid Paling Mentereng Borussia Dortmund pada 2023/2024Paris Brunner digadang sebagai striker masa depan Timnas Jerman. (bvb.de)

Paris Brunner tak hanya menjadi talenta muda berbakat yang dimiliki Borussia Dortmund, melainkan juga Timnas Jerman. Namanya sendiri mulai dikenal setelah menjadi pemain kunci Timnas Jerman U-17 yang menjuarai Euro U-17 dan Piala Dunia U-17 2023. Berposisi sebagai striker, ia tampil tajam dengan empat gol di Euro U-17 2023 serta sukses meraih gelar Pemain Terbaik dan Top Skor di ajang itu. Dalam kesempatan lainnya, Brunner mampu mencetak lima gol di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia sekaligus dianugerahi gelar Pemain Terbaik. Melihat pencapaian luar biasa tersebut, dirinya pun dianggap sebagai prospek masa depan Timnas Jerman.

Hanya saja, Brunner belum mendapat debut bersama tim senior Dortmund meski berprestasi bersama tim muda Jerman. Apesya, ia sempat dijatuhi hukuman bermain oleh pihak Dortmund pada Oktober 2023 karena tindakan indisipliner. Meski begitu, pemain berusia 18 tahun ini akhirnya mendapat kesempatan masuk ke daftar pemain skuad Dortmund pada matchday ke-14 Bundesliga Jerman musim ini. Sayang, kala itu ia tak diturunkan sehingga sampai saat ini ia belum juga mencatat debutnya.

3. Julien Duranville (17 tahun) siap membuktikan kualitasnya sebagai seorang winger

5 Wonderkid Paling Mentereng Borussia Dortmund pada 2023/2024potret Julien Duranville, winger muda berbakat Borussia Dortmund asal Belgia (instagram.com/julien.drnl)

Julien Duranville merupakan salah satu wonderkid yang dimiliki Dortmund pada 2023/2024. Duranville sejatinya telah menarik perhatian saat masih bersama klub lamanya, RSC Anderlecht. Pada Mei 2022, Duranville yang masih berusia 16 tahun berhasil mendapat debutnya di skuad utama yang saat itu masih dilatih oleh Vincent Kompany. Duranville pun tampil dalam sebelas laga bersama tim ungu-putih hingga Januari 2023.

Kecepatan serta akselerasinya yang mumpuni merupakan dua hal yang mencolok darinya. Melihat potensi yang dimiliki Duranville, Dortmund memutuskan untuk mendatangkannya pada Januari 2023. Biaya sebesar 8,5 juta euro atau Rp145 miliar mesti dikeluarkan Dortmund untuk merekrut pemuda asal Belgia itu.

Namun, Duranville tiba di Signal Iduna Park dengan kondisi mengalami cedera panjang. Sekembalinya dari cedera, ia akhirnya mendapat debutnya pada laga akhir Bundesliga 2022/2023 melawan Mainz. Naas, Duranvilla kembali diterpa cedera sejak Juli 2023 sehingga melewati paruh pertama 2023/2024. Ia baru bermain lagi di skuad utama pada Spieltag 23 musim ini kala Dortmund takluk 2-3 atas TSG Hoffeinhem. Meski hanya tampil selama 3 menit menjelang laga usai, momen itu tentu menjadi angin segar bagi Dortmund. Selain itu, bagi Duranville sendiri, ini merupakan kesempatan besar untuk membuktikan kualitasnya bersama The Black Yellow.

4. Samuel Bamba (19 tahun) menjadi salah satu winger muda berbakat yang dimiliki Dortmund

5 Wonderkid Paling Mentereng Borussia Dortmund pada 2023/2024potret Samuel Bamba, winger muda Borussia Dortmund (bvb.de)

Selain Julien Duranville, Dortmund masih memiliki talenta muda berbakat di posisi winger kanan. Ia adalah Samuel Bamba yang kini berusia 19 tahun. Bamba saat ini merupakan andalan Dortmund II yang mentas di kasta ketiga Liga Jerman, 3.Liga. Sejauh ini, ia telah tampil dalam 18 pertandingan dengan catatan 1 gol.

Sepanjang kariernya bersama Dortmund, Bamba telah dua kali tampil bersama tim utama. Debutnya didapatkan pada laga ke-15 Bundesliga 2023/2024 melawan FC Augsburg. Pada pekan selanjutnya, pemain bernomor punggung 48 ini kembali mendapat menit bermain di tim utama. Momen itu terjadi saat Dortmund ditahan imbang 1-1 oleh Mainz di ajang liga. Meski belum mendapat kepercayaan penuh dari Edin Terzic, statistik tajam Bamba bersama tim muda Dortmund memperlihatkan ia bisa berkembang lebih jauh ke depannya.

5. Almugera Kabar (17 tahun) dikenal sebagai sosok bek sayap tangguh yang aktif menyerang

5 Wonderkid Paling Mentereng Borussia Dortmund pada 2023/2024Almugera Kabar (kiri), sosok bek muda tangguh milik Borussia Dortmund (bvb.de)

Almugera Kabar menjadi pemain muda berbakat yang dimiliki Dortmund selanjutnya. Sama seperti Paris Brunner, penggawa Dortmund U-19 ini mulai menjadi sorotan setelah meraih kesuksesan bersama Timnas Jerman U-17. Berposisi sebagai bek kiri, Kabar tampil dalam total 11 laga di Euro U-17 dan Piala Dunia U-17 2023. Pada ajang yang disebut belakangan, ia menjadi penentu kemenangan Der Panzer dalam babak adu penalti di partai final melawan Prancis. Kabar saat ini merupakan pemain andalan tim Dortmund U-19. Ia dikenal sebagai seorang bek yang cepat, tangguh, dan aktif menyerang. Berbekal kemampuan tersebut, hanya tinggal menunggu waktu saja bagi pemain berusia 17 tahun ini mendapat debut profesionalnya bersama tim senior Dortmund.

Punya potensi besar, deretan nama wonderkid di atas siap berkembang hingga menjadi pemain top dunia mengikuti jejak-jejak para pendahulu mereka di Borussia Dortmund. Tentu agar bisa terwujud, butuh konsistensi dan kegigihan yang luar biasa untuk mencapai level tersebut. Mampukah mereka mewujudkannya?

Baca Juga: Xabi Alonso Tetap Melatih Bayer Leverkusen di Bundesliga 2024/2025

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya