4 Rekrutan Terakhir Manchester City dari Klub Prancis, Savio Terbaru!

Tak semuanya bersinar

Manchester City sejauh ini baru mendatangkan satu pemain baru di musim panas 2024. Ia adalah Savinho atau Savio dari klub Ligue 2 Prancis, ESTAC Troyes. Winger asal Brasil itu akan berada di City of Manchester Stadium dalam lima tahun ke depan.

Dalam satu dekade terakhir, Manchester City tercatat hanya pernah merekrut tiga pemain dari klub Prancis sebelum Savio. Hanya saja, tak semuanya mampu bersinar bersama The Citizens. Siapa saja mereka? Termasuk Savio, berikut empat rekrutan Manchester City terakhir dari klub Prancis!

1. Bernardo Silva menjadi salah satu pemain penting Manchester City sejak 2017/2018

4 Rekrutan Terakhir Manchester City dari Klub Prancis, Savio Terbaru!Bernardo Silva merupakan salah satu pemain andalan Manchester City. (mancity.com)

Bernardo Silva menjadi salah satu rekrutan Manchester City dari klub Prancis. Ia didatangkan dari klub AS Monaco pada 2017/2018 dengan biaya sebesar 50 juta euro atau Rp860 miliar. Silva sendiri merupakan salah satu pemain andalan Les Monegasques dan menjadi sosok penting dalam mengantarkan timnya menjuarai Ligue 1 Prancis 2016/2017.

Setelah bergabung dengan Manchester City, Silva kembali mampu membuktikan kualitasnya. Hingga kini, penggawa Timnas Portugal tersebut telah mencatatkan 357 penampilan selama lebih dari 7 musim. Dari penampilannya, Silva tampil produktif dengan sumbangsih 67 gol dan 67 assist. Dirinya pun berperan penting dalam mengantarkan The Citizens menjuarai 6 kali English Premier League, 4 kali Piala Liga, 3 kali Community Shield, 2 kali Piala FA, serta Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya pada 2022/2023. Koleksi trofi Silva lalu semakin bertambah setelah membantu timnya menjuarai Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub 2024.

Selain karena kreativitas serta produktivitasnya, peran Silva sangat dibutuhkan Manchester City karena dapat bermain di banyak posisi atau versatile. Posisi yang sering ditempatinya ialah gelandang serang atau tengah dan winger kanan, tetapi Silva mampu bermain baik saat ditempatkan di posisi gelandang samping. Bahkan, ia pernah bermain sebagai false nine di bawah taktik Pep Guardiola selaku pelatih Manchester City.

2. Benjamin Mendy gagal menunjukkan performa terbaiknya

4 Rekrutan Terakhir Manchester City dari Klub Prancis, Savio Terbaru!Benjamin Mendy tak terlalu mengesankan selama di Manchester City. (instagram.com/benjamin_mendy.23)

Selain Bernardo Silva, Manchester City turut mendatangkan kompatriotnya di AS Monaco, Benjamin Mendy. Biaya sebesar 57,5 juta euro atau Rp989 miliar mesti dikeluarkan The Citizens untuk memboyong bek asal Prancis itu. Namun, karier Mendy sangat jomplang jika dibandingkan dengan Silva selama Manchester City.

Alih-alih bersinar, Mendy terbilang gagal membuktikan kualitasnya karena sering menderita cedera. Tercatat, ia hanya mampu tampil dalam 75 laga pada 5 musim awal di Manchester City. Jika ditotalkan, Mendy hanya menyumbangkan 14 gol+assist untuk The Citizens.

Naas, karier Mendy semakin tak jelas karena tersandung dugaan kasus hukum pada akhir 2020. Hal ini akhirnya membuat pihak klub “meminggirkannya” sejak 2021/2022 dan tak pernah membela The Citizens setelahnya. Mendy pun lalu dilepas Manchester City usai kontraknya berakhir pada Juli 2023. Ia lalu pulang kampung ke Prancis untuk bergabung dengan FC Lorient.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 11 Manchester City sebelum Jeremy Doku

3. Jeremy Doku didatangkan dari Stade Rennais pada 2023/2024

4 Rekrutan Terakhir Manchester City dari Klub Prancis, Savio Terbaru!Jeremy Doku (mancity.com)

Manchester City kembali mendatangkan pemain baru dari klub Prancis pada 2023/2024. Ia adalah winger muda Stade Rennais, Jeremy Doku. Klub asuhan Pep Guardiola itu harus merogoh kocek fantastis mencapai 60 juta euro atau Rp1 triliun untuk mendatangkannya. Doku sendiri telah mencuri perhatian berkat talenta luar biasa dan penampilan impresifnya selama tiga musim di Prancis.

Pada musim perdananya di City of Manchester Stadium, Doku langsung mendapat kepercayaan untuk tampil di tim utama. Pemain bernomor punggung 11 ini berhasil mencatatkan total 43 penampilan dengan sumbangsih 6 gol dan 10 assist di semua kompetisi 2023/2024. Akan tetapi, Doku yang berposisi utama sebagai winger kiri hanya diturunkan dalam total 19 laga sebagai starter. Kini, pemain asal Belgia itu akan berusaha keras merebut posisi inti di tim utama pada 2024/2025.

4. Savio siap membuktikan kualitasnya bersama Manchester City

4 Rekrutan Terakhir Manchester City dari Klub Prancis, Savio Terbaru!Savinho atau Savio, rekrutan anyar Manchester City pada musim panas 2024 (mancity.com)

Savinho atau Savio menjadi rekrutan teranyar Manchester City dari klub Prancis. Pemain berusia 20 tahun ini dibeli dari Troyes dengan biaya mencapai 25 juta euro atau Rp430 miliar pada awal 2024/2025. Menariknya, Savio belum pernah bermain sekali pun di Troyes. Sejak didatangkan dari Atletico Miniero, ia langsung menjalani masa peminjaman ke PSV Eindhoven (2022/2023) dan Girona (2023/2024). Bersama Girona lah, nama Savio mulai mencuri perhatian.

Selama 2023/2024, Savio mampu tampil luar biasa dalam 41 laga bersama Girona dengan catatan 11 gol dan 10 assist di semua kompetisi. Kontribusinya tersebut berperan penting dalam membantu timnya mengakhiri LaLiga Spanyol 2023/2024 di posisi ketiga. Ini memastikan Blanquivermells lolos ke Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Kini, Savio pun siap untuk menunjukkan kemampuannya bersama Manchester City.

Dari tiga nama sebelum Savio, baru Bernardo Silva yang mampu tampil konsisten bersama Manchester City. Benjamin Mendy terbilang gagal, sementara Jeremy Doku masih baru bersama The Citizens. Lantas, mampukah Savio membuktikan kualitasnya di Inggris? Menarik untuk dinanti.

Baca Juga: Tentang Problematiknya Potensi Transfer Savio ke ManCity

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya