6 Pemain yang Didatangkan Fiorentina pada Musim Panas 2024

Ada eks kiper Manchester United

Intinya Sih...

  • Fiorentina mendatangkan 6 pemain baru di musim panas 2024
  • Pemain anyar termasuk Marin Pongracic, Moise Kean, Andrea Colpani, David de Gea, Amir Richardson, dan Albert Gudmundsson
  • Perekrutan dilakukan untuk menambah kedalaman tim dalam menghadapi kompetisi 2024/2025

ACF Fiorentina bergeliat pada bursa transfer musim panas 2024. Ini dilakukan untuk menambah kekuatan serta kedalaman tim dalam menghadapi kompetisi 2024/2025. Apalagi, posisi kepala pelatih Fiorentina baru berganti ke tangan Raffaele Palladino pada awal musim. Ia membutuhkan penyesuaian pemain untuk taktiknya.

Tercatat, menjelang akhir Agustus 2024, Fiorentina telah mendatangkan enam pemain baru. Menariknya, pemain-pemain yang direkrut merata di semua posisi, dari kiper hingga striker.

Lantas, siapa saja rekrutan anyar Fiorentina pada musim panas 2024? Simak daftar namanya berikut ini!

1. Marin Pongracic diproyeksikan sebagai pengganti Nikola Milenkovic di lini belakang

6 Pemain yang Didatangkan Fiorentina pada Musim Panas 2024Marin Pongracic (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Fiorentina secara mengejutkan melepas bek andalan mereka, Nikola Milenkovic, kepada Nottingham Forest pada musim panas 2024. Meski begitu, mereka langsung mendatangkan penggantinya, Marin Pongracic, dari US Lecce. Transfer Pongracic ini membuat kubu Fiorentina mesti mengeluarkan biaya sebesar 15 juta euro atau Rp260 miliar.

Pongracic sendiri merupakan salah satu pemain penting Lecce pada 2023/2024. Bek asal Kroasia ini nyaris tak tergantikan dalam total 38 laga di semua kompetisi. Kehadiran Pongracic pun diharapkan dapat memperkuat lini belakang I Viola serta menjadi sosok pengganti yang sepadan dari Milenkovic.

2. Moise Kean memperbanyak opsi di lini serang klub

6 Pemain yang Didatangkan Fiorentina pada Musim Panas 2024Moise Kean (acffiorentina.com)

Moise Kean memutuskan hengkang dari Juventus untuk bergabung dengan Fiorentina pada bursa transfer musim panas 2024. Biaya sebesar 13 juta euro atau Rp225 miliar mewarnai perpindahannya ini. Menandatangani kontrak hingga Juni 2029, Kean akan memakai nomor punggung 20.

Kedatangan Kean lantas membuat Fiorentina di bawah asuhan pelatih anyar, Raffaele Palladino, memiliki banyak opsi di lini depan. Hanya saja, Kean mesti bersaing ketat dengan penyerang I Viola lainnya. Terlebih, striker asal 24 tahun ini memiliki statistik yang buruk pada 2023/2024. Dari 20 laga yang dilakoninya musim lalu, Kean tak mampu mencetak 1 gol pun bersama Juventus. Selain itu, ia hanya bermain sebagai starter sebanyak delapan kali dan sering mengalami cedera.

3. Andrea Colpani diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tim

6 Pemain yang Didatangkan Fiorentina pada Musim Panas 2024Andrea Colpani (acffiorentina.com)

Andrea Colpani menjadi salah satu rekrutan Fiorentina pada musim panas 2024. Pemain berusia 25 tahun ini dipinjam dari klub Serie A lainnya, AC Monza, selama semusim penuh. Terdapat opsi pembelian sebesar 12 juta euro atau Rp208 miliar untuk memermanenkan Colpani pada akhir musim.

Colpani dikenal sebagai salah satu gelandang kreatif. Pada 2023/2024, ia sukses menyumbangkan 8 gol dan 4 assist di semua kompetisi bersama Monza. Selain itu, Colpani merupakan tipikal pemain versatile yang bisa bermain sebagai gelandang serang dan tengah hingga winger kanan. Melihat kemampuan serta statistiknya tersebut, kehadiran Calpani diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tim berjuluk I Viola ini.

Baca Juga: 4 Pemain yang Pernah Membela Man United dan Fiorentina sebelum De Gea

4. David De Gea berpeluang jadi pilihan utama di bawah mistar gawang

6 Pemain yang Didatangkan Fiorentina pada Musim Panas 2024David de Gea, kiper baru Fiorentina pada 2024/2025 (instagram.com/d_degeaofficial)

David De Gea akhirnya kembali merumput di kompetisi sepak bola Eropa setelah direkrut Fiorentina pada musim panas 2024. Sebelumnya, kiper asal Spanyol ini lama berstatus tanpa klub sejak kontraknya bersama Manchester United berakhir pada musim panas 2023. Bersama I Viola, De Gea menandatangani kontrak semusim dengan opsi perpanjangan.

Berbekal pengalamannya bermain di klub top Eropa, kehadiran De Gea tentu dapat menambah kualitas tim asuhan Raffaele Palladino ini pada 2024/2025. Kiper berusia 33 tahun itu juga berpeluang besar menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang klub. Akan tetapi, De Gea mesti berlatih ekstra mengingat dirinya sudah absen dari kompetisi resmi selama semusim.

5. Amir Richardson akan menjadi aset masa depan berharga Fiorentina

6 Pemain yang Didatangkan Fiorentina pada Musim Panas 2024Amir Richardson (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Fiorentina resmi mendatangkan gelandang potensial Timnas Maroko, Amir Richardson, dari klub Ligue 1 Prancis, Stade Reims, pada musim panas 2024. Biaya sebesar 9 juta euro atau Rp156 miliar mesti dirogoh I Viola untuk merealisasikan transfer ini. Melihat usianya yang masih 22 tahun, sosok Richardson tentu akan menjadi aset masa depan berharga bagi Fioretina.

Pada 2023/2024, Richardson mampu mencuri perhatian bersama Stade Reims. Ia mencatatkan total 28 penampilan dengan sumbangsih 3 gol untuk Les rouges et blancs. Selain itu, Richardson juga turut membantu negaranya, Maroko, meraih medali perunggu di cabang olahraga sepak bola di Olimpiade 2024 Paris beberapa waktu lalu.

6. Albert Gudmundsson dipinjam untuk menambah daya gedor lini depan I Viola

6 Pemain yang Didatangkan Fiorentina pada Musim Panas 2024Albert Gudmundsson, penyerang baru Fiorentina pada 2024/2025 (instagram.com/albertgudmundsson)

Albert Gudmundsson, penyerang Genoa, menjadi salah satu pemain tertajam di Serie A Italia 2023/2024. Bermain sebagai second striker, Gudmundsson mampu mencatatkan 14 gol dan 4 assist dalam 35 pertandingan liga musim lalu. Catatan golnya itu menjadi yang terbanyak kelima di Serie A. Ini bahkan mengungguli penyerang Inter Milan, Marcus Thuram, serta duo penyerang AS Roma, Romelu Lukaku dan Paulo Dybala, yang masing-masing punya catatan 13 gol.

Statistik mengesankan Gudmundsson tersebut akhirnya membuat klub Italia lainnya, ACF Fiorentina, kepincut. Alhasil, I Viola memutuskan untuk meminjam striker asal Islandia itu selama 2024/2025 dengan opsi pembelian sekitar 17 juta euro atau Rp295 miliar. Kehadiran Gudmundsson diharapkan dapat menambah daya gedor lini depan Fiorentina. Terlebih, mereka berpeluang kembali mentas di Liga Konferensi Eropa musim ini jika berhasil melewati playoff.

Keenam pemain di atas akan menambah kualitas skuad Fiorentina untuk mengarungi kompetisi 2024/2025. Menarik dinanti seperti apa kiprah mereka bersama I Viola. Mungkinkah mereka tampil lebih baik?

Baca Juga: 4 Kiper Fiorentina yang Pernah Bermain di EPL sebelum David De Gea

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya