6 Pemain Serie A Italia Terakhir yang Direkrut Manchester United

Joshua Zirkzee pemain MU terbaru

Manchester United langsung tancap gas di bursa transfer musim panas 2024 menjelang bergulirnya kompetisi. Berbagai rumor kedatangan pemain pun perlahan mulai terwujud. Salah satunya ialah sosok striker baru, Joshua Zirkzee, yang didatangkan dari klub Serie A Italia, Bologna FC. Biaya mencapai 42.5 juta euro atau Rp751,1 miliar mesti dikeluarkan kubu Setan Merah untuk memboyongnya ke Old Trafford.

Dengan bergabungnya Joshua Zirkzee, Manchester United tercatat rutin mendatangkan pemain-pemain dari klub Serie A Italia dalam 5 musim terakhir. Mayoritas pemain-pemain tersebut pun mampu mendapat tempat di skuad utama The Red Devils sejauh ini. Lantas, siapa saja pemain Serie A Italia terakhir yang didatangkan Manchester United? Termasuk Joshua Zirkzee, berikut enam nama di antaranya!

1. Amad Diallo masih belum menjadi pilihan utama karena sempat terganggu cedera

6 Pemain Serie A Italia Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedAmad Diallo, winger muda Manchester United (manutd.com)

Amad Diallo menjadi salah satu pemain Serie A Italia yang pernah direkrut Manchester United. Pemain asal Pantai Gading itu didatangkan dari Atalanta BC pada Januari 2021 dengan biaya mencapai 21, 3 juta euro atau Rp374 miliar. Pelatih MU saat itu, Ole Gunnar Solskjaer, melihat bahwa Diallo yang masih berusia 18 tahun memiliki potensi yang luar biasa.

Pada musim perdananya di Old Trafford, Diallo langsung mendapat kesempatan tampil dalam tujuh laga dan berhasil menyumbangkan satu gol. Akan tetapi, ia harus menjalani masa peminjaman bersama Rangers pada 2021/2022 untuk menambah jam terbang. Diallo lalu kembali dipinjamkan, kali ini ke klub EFL Championship, Sunderland, pada 2022/2023.

Setelah menjalani masa peminjaman selama 2 musim, nasib sial tak diduga menimpa Diallo menjelang bergulirnya kompetisi 2023/2024. Winger muda MU itu mengalami cedera cukup parah pada laga pramusim sehingga membuatnya absen hampir setengah musim lamanya. Diallo lantas baru tampil kembali pada akhir 2023, lalu mencatatkan total 12 penampilan hingga berakhirnya musim.

2. Cristiano Ronaldo menjalani periode keduanya bersama Manchester United pada 2021/2022

6 Pemain Serie A Italia Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedCristiano Ronaldo menjalani periode keduanya bersama Manchester United pada 2021—2022 (instagram.com/cristiano)

Pada bursa transfer 2021/2022, Manchester United tak disangka berhasil membawa pulang sang mega bintang, Cristiano Ronaldo, ke Old Trafford. The Red Devils perlu merogoh kocek sebesar sebesar 17 juta euro atau Rp299 miliar untuk memboyongnya dari klub Serie A Italia, Juventus. Ini akan menjadi kali kedua Ronaldo kedua berseragam MU setelah periode 2003--2009.

Meski sudah berusia lebih dari 35 tahun, Ronaldo nyatanya masih mampu tampil produktif. Ia juga kembali menjadi pilihan utama Manchester United di lini depan pada periode keduanya ini. Hanya saja, kali ini karier Ronaldo di Old Trafford tak berjalan mulus.

Menjelang akhir 2022, wawancara Cristiano Ronaldo dengan jurnalis ternama, Piers Morgan, membuat pihak Manchester United berang. Imbasnya, pihak klub dan Ronaldo akhirnya memutuskan untuk berpisah lebih awal pada November 2022. Padahal, kontrak sang striker sendiri masih tersisa beberapa bulan lagi sebelum habis pada akhir 2022/2023. Ronaldo pun akhirnya harus meninggalkan Old Trafford untuk kali kedua dengan catatan 27 gol dan 5 assist dari 54 penampilan selama 1,5 musim di sana.

3. Andre Onana masih belum tampil maksimal di bawah mistar gawang pada musim perdananya

6 Pemain Serie A Italia Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedAndre Onana, kiper Manchester United (instagram.com/andreonana.24)

Menjelang bergulirnya kompetisi 2023/2024, Erik Ten Haag selaku pelatih kepala Manchester United mencoba melakukan beberapa perubahan di skuadnya. Salah satunya dengan memboyong Andre Onana dari Inter Milan sebagai kiper baru. MU pun harus merogoh kocek sebesar 50,2 juta euro atau Rp884 miliar untuk meresmikan transfer kiper Timnas Kamerun itu.

Andre Onana lantas langsung ditunjuk sebagai kiper utama Manchester United pada musim perdananya. Hanya saja, Onana tampil kurang memuaskan sepanjang 2023/2024 dan belum mampu mereplikasi performanya sebagaimana di Inter Milan dahulu. Dari 51 laga di semua kompetisi musim itu, Onana tercatat hanya mampu membukukan 13 cleansheet dan harus kebobolan sebanyak 83 kali. Selain itu, penampilannya juga kerap diwarnai beberapa blunder yang sangat merugikan tim.

Baca Juga: 3 Pemain Marseille yang Pernah Direkrut dari Manchester United

4. Sofyan Amrabat tak terlalu mengesankan selama masa peminjamannya di Old Trafford

6 Pemain Serie A Italia Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedSofyan Amrabat (instagram.com/sofyanamrabat)

Setelah penampilan yang mengesankan bersama Fiorentina pada 2022/2023, nama Sofyan Amrabat mulai menarik perhatian pada bursa transfer musim panas 2023. Salah satu klub yang tertarik padanya ialah Manchester United. Akhirnya, menjelang penutupan bursa transfer, kubu Setan Merah memutuskan untuk meminjam Amrabat dari Fiorentina dengan opsi pembelian sebesar 25 juta euro atau Rp440 miliar.

Sayang, Amrabat tidak menjadi pilihan utama di Old Trafford pada 2023/2024. Gelandang bertahan asal Maroko ini memang mampu mencatatkan 30 penampilan, tetapi hanya diturunkan sebagai starter dalam 15 laga. Selain itu, performanya juga tidak terlalu mengesankan dan tanpa sumbangsih gol ataupun assist. Hal ini lantas membuat Manchester United masih enggan untuk mengaktifkan klausul pembelian Amrabat sejauh ini.

5. Rasmus Hojlund dipercaya sebagai ujung tombak The Red Devils pada 2023/2024

6 Pemain Serie A Italia Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedRasmus Hojlund, striker Manchester United (instagram.com/rasmus.hoejlund)

Rasmus Hojlund menjadi salah satu rekrutan Manchester United pada musim panas 2023. Striker muda Atalanta BC itu didatangkan dengan biaya fantastis mencapai 73,9 juta euro atau Rp1,8 triliun. Hojlund sebelumnya tampil cukup meyakinkan sepanjang 2022/2023 dengan catatan 10 gol dan 4 assist dalam 34 laga bersama Atalanta. Oleh karenanya, kehadiran striker asal Denmark itu diharapkan dapat menambah produktifitas lini depan Setan Merah.

Tiba di Old Trafford, Hojlund langsung dipercaya sebagai ujung tombak Manchester United pada 2023/2024. Kepercayaan tersebut lantas dibalasnya dengan sumbangsih 16 gol dan 2 assist dalam 43 laga di semua ajang musim itu. Jumlah gol ini lantas menjadikan Hojlund sebagai pemain MU tertajam pada 2023/2024.

6. Joshua Zirkzee merupakan rekrutan teranyar Manchester United pada musim panas 2024

6 Pemain Serie A Italia Terakhir yang Direkrut Manchester UnitedJoshua Zirkzee, striker baru Manchester United pada musim panas 2024. (manutd.com)

Manchester United memutuskan untuk memboyong Joshua Zirkzee setelah penampilan impresifnya bersama Bologna pada 2023/2024. Dari 37 laga yang dijalani striker asal Belanda itu, total 12 gol dan 7 assist berhasil dicatatkannya di semua kompetisi bersama Bologna. Catatan milik Zirkzee tersebut turut membantu I Rossoblu meraih tiket ke Liga Champions Eropa setelah berada di peringkat ke-5 Serie A Italia musim itu.

Berbicara kemampuan, Joshua Zirkzee dikenal sebagai sosok striker yang dapat menjadi penghubung dalam permainan. Selain itu, dirinya  merupakan pemain yang kreatif dengan kemampuan menahan bola dan membuka ruang yang mumpuni. Tak hanya itu, Zirkzee juga lihai dalam urusan duel udara, meski memiliki fisik yang besar. Oleh karenanya, kedatangan striker berusia 23 tahun ini diharapkan dapat menambah variasi di lini serang skuad asuhan Erik Ten Haag nantinya.

Sebelum Joshua Zirkzee, kelima pemain di atas mampu mendapat kesempatan di skuad utama Manchester United. Hanya, tak semuanya sudah berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya. Menarik dinanti apakah Zirkzee mampu unjuk gigi di English Premier League bersama The Red Devils. Terlebih, dia harus bersaing dahulu dengan Rasmus Hojlund untuk posisi ujung tombak klub.

Baca Juga: 6 Penyerang Belanda yang Membela Manchester United, Zirkzee Terbaru!

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya