4 Pemain Muda Austria Tampil Ciamik di Fase Grup Euro 2024

Ada yang selalu menjadi starter #EURO2024

Intinya Sih...

  • Austria lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai juara Grup D, mengalahkan Prancis, Belanda, dan Polandia.
  • Ralf Ragnick berhasil memadukan pemain senior dengan pemain muda Austria dalam skuadnya.
  • Leopold Querfeld, Nicolas Seiwald, Alexander Prass, dan Patrick Wimmer adalah empat pemain muda yang tampil di fase grup Euro 2024.

Austria tak disangka mampu lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai juara Grup D. Satu grup bersama Prancis, Belanda, dan Polandia, skuad asuhan Ralf Ragnick itu sukses memberikan perlawanan sengit. Setelah sempat kalah 0-1 dari Prancis, The Boys—julukan Austria—langsung membantai Polandia dengan skor 3-1. Lalu, mereka secara mengejutkan berhasil mengandaskan perlawanan Timnas Belanda asuhan Ronald Koeman dengan skor 3-2.

Di balik penampilan mengesankan Austria tersebut, kepiawaian Ralf Ragnick dalam meracik taktik dan memadukan pemainnya patut diacungi jempol. Ia tak hanya mengandalkan deretan pemain senior, seperti Marko Arnautovic hingga Marcel Sabitzer, tetapi juga memberi kesempatan kepada pemain muda Austria.

Selama fase grup Euro 2024, terhitung ada empat pemain muda yang telah mendapat menit bermain di skuad Austria. Meski minim pengalaman di level internasional, deretan nama tersebut mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Hebatnya lagi, ada satu nama yang tak tergantikan di skuad inti The Boys sejauh ini.

Siapa saja mereka? Berikut empat pemain muda Austria yang tampil di fase grup Euro 2024!

1. Leopold Querfeld (20 tahun) merupakan pemain termuda Austria di Euro 2024

4 Pemain Muda Austria Tampil Ciamik di Fase Grup Euro 2024Leopold Querfeld (instagram.com/leoquerfeld)

Leopold Querfeld, bek SK Rapid Wien berusia 20 tahun, menjadi pemain termuda yang dibawa pelatih Austria, Ralf Ragnick, ke Euro 2024. Sepanjang 2023/2024, Querfeld menjadi andalan klubnya dalam 38 penampilan di semua kompetisi dengan torehan 3 gol serta 1 assist. Berkat performa mengesankannya itu, ia akhirnya mendapat kesempatan untuk tampil bersama negaranya di Euro edisi kali ini.

Sejauh ini, Querfeld baru diturunkan sekali dari 3 laga babak grup Euro 2024. Itu terjadi saat dirinya masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-62 melawan Belanda. Hanya saja, penampilan Querfeld belum cukup memuaskan dan sempat mendapat kartu kuning pada waktu tambahan. Meski begitu, kehadiran pemain yang akan bergabung dengan Union Berlin pada musim mendatang ini menandakan bahwa Austria sudah punya regenerasi untuk David Alaba dkk. di lini belakang.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Rasio Penyelamatan Tertinggi di Fase Grup Euro 2024

2. Nicolas Seiwald (23 tahun) tak tergantikan di lini tengah Austria

4 Pemain Muda Austria Tampil Ciamik di Fase Grup Euro 2024Nicolas Seiwald tak tergantikan di lini tengah Austria. (instagram.com/nicolasseiwald)

Penggawa muda RB Leipzig, Nicolas Seiwald, turut dibawa Austria ke Euro 2024. Meski masih berusia 23 tahun, Seiwald sudah sering tampil di laga internasional bersama negaranya. Total, ia telah mengoleksi 25 caps sejak debutnya pada September 2021. Hanya saja, Euro kali ini akan menjadi turnamen mayor pertama yang ia ikuti.

Bersama Austria, Siewald yang bermain sebagai gelandang tengah selalu menjadi starter dalam grup Euro 2024. Hebatnya lagi, dirinya tak tergantikan dan selalu bermain penuh selama 90 menit. Meski belum mencatatkan gol atau assist, kehadiran Siewald berperan penting dalam menghidupkan permainan Austria melalui umpan-umpannya.

3. Alexander Prass (23 tahun) berkontribusi penting dalam dua kemenangan di fase grup

4 Pemain Muda Austria Tampil Ciamik di Fase Grup Euro 2024Alexander Prass menjadi salah satu pemain penting Austria di Euro 2024. (instagram.com/alex_prass)

Ralf Ragnick turut membawa pemain muda andalan SK Sturm Graz, Alexander Prass, ke Euro 2024. Pemain berusia 23 tahun itu berperan penting atas keberhasilan klubnya menjuarai Bundesliga Austria 2023/2024. Total, Prass tampil dalam 30 pertandingan di liga dengan catatan 7 gol dan 4 assist pada musim itu.

Pada Euro 2024, Prass sejauh ini mampu mereplikasi performanya selama di klub ke timnas. Meski awalnya bukan menjadi pilihan utama, ia secara perlahan mendapat kesempatan di skuad inti Austria. Setelah hanya tampil sebagai pemain pengganti pada dua laga Grup D melawan Prancis dan Polandia, Prass dipercaya sebagai starter dan bermain penuh selama 90 menit saat bersua Belanda.

Bermain sebagai bek kiri dalam formasi 4-2-3-1, Prass berkontribusi penting dalam dua kemenangan Austria di babak penyisihan Grup D Euro 2024. Ia menjadi pemberi assist untuk gol kedua The Boys yang dicetak oleh Christoph Baumgartner pada kemenangan 3-1 atas Polandia. Selain itu, pada laga melawan Belanda, Prass berperan dalam terciptanya gol pembuka Austria—yang tercatat sebagai gol bunuh diri—pada menit ke-6. Gol tersebut terjadi karena kesalahan pemain lawan, Donyell Malen, dalam mengantisipasi operan Prass ke dalam kotak penalti Belanda. Alhasil, bola pun berbelok dan masuk ke dalam gawang De Oranje yang dijaga Bart Verbruggen.

4. Patrick Wimmer (23 tahun), sosok pemain serba bisa yang dimiliki The Boys

4 Pemain Muda Austria Tampil Ciamik di Fase Grup Euro 2024Patrick Wimmer (instagram.com/patrick_wimmer)

Patrick Wimmer memang bukan pemain inti klubnya, VfL Wolfsburg, pada 2023/2024. Ia hanya tampil dalam 18 laga dengan catatan 2 gol di semua kompetisi pada musim itu. Meskipun demikian, winger berusia 23 tahun ini tetap diikutsertakan dalam 26 nama yang dibawa Austria untuk Euro 2024.

Dari 3 laga fase grup Euro 2024, Wimmer selalu mendapat kesempatan dengan tampil 2 kali sebagai pemain pengganti dan 1 kali sebagai starter. Walaupun masih belum menyumbang gol ataupun assist, kehadiran Wimmer di lini serang The Boys cukup merepotkan barisan pertahanan lawan. Terlebih, pemilik 18 caps Austria ini dikenal akan kecepatan dan kemampuan menggiring bolanya yang mumpuni. Selain itu, sosok Wimmer juga dibutuhkan karena merupakan pemain serba bisa atau versatile. Sejauh ini, ia sudah bermain di dua posisi berbeda, yaitu sebagai winger kanan saat melawan Prancis dan Polandia dan winger kiri kala bersua Belanda.

Dengan lolosnya Austria ke babak 16 besar, keempat pemain muda di atas memiliki kesempatan lagi untuk unjuk gigi di Euro 2024. Di babak ini, Austria akan berjumpa dengan Turki. Menarik untuk dinanti sejauh mana mereka akan melangkah pada Euro kali ini.

Baca Juga: 2 Pelatih di Euro 2024 Pernah Menjadi Juara sebagai Pemain

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya