8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024

Ada yang catatkan rekor kali ini #EURO2024

Euro 2024 tengah dilangsungkan di Jerman sejak 15 Juni 2024 lalu. Sebanyak 24 negara saling bersaing untuk mejadi yang terbaik. Oleh karenanya, setiap tim akhirnya memanggil deretan nama terbaik yang mereka miliki.

Euro kali ini tidak hanya diikuti oleh pemain-pemain yang merumput di Eropa, tetapi juga liga-liga di luar Benua Biru. Salah satunya dari kompetisi sepak bola Amerika Serikat, Major League Soccer atau MLS. Terhitung, ada sejumlah nama pemain MLS yang dipanggil untuk membela negara asalnya masing-masing. Siapa saja mereka? Bagaimana kiprah mereka sejauh ini? Berikut delapan nama pemain Major League Soccer yang tampil di Euro 2024!

1. Daniel Gazdag (Philadelphia Union) masih minim menit bermain bersama Hungaria

8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024Daniel Gazdag (instagram.com/richdani6)

Daniel Gazdag, pemain Philadelphia Union, turut ikut serta di Euro 2024. Pemain berusia 28 tahun ini mendapat panggilan untuk membela negaranya, Hungaria. Akan tetapi, Gazdag harus bersaing ketat dengan dua pemain liga top Eropa di posisi gelandang serang, yaitu Dominik Szoboszlai (Liverpool) dan Roland Sallai (Freiburg).

Imbasnya, dari dua laga awal Grup A, pemilik 26 caps Hungaria ini masih minim menit bermain. Gazdag baru mendapat kesempatan bermain pada matchday kedua saat The Magyars takluk 0-2 dari Jerman. Itu pun hanya selama tiga menit setelah menggantikan Barnabas Varga pada akhir babak kedua.

2. Lewis Morgan (New York RB) hanya menjadi penghangat bangku cadangan Skotlandia

8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024Lewis Morgan, pemain New York Redbull, menjadi bagian skuad Skotlandia di Euro 2024. (instagram.com/lewismorgan14)

Pada Euro 2024, Skotlandia tak hanya memanggil pemain-pemain terbaik mereka yang berlaga di liga Eropa. Mereka juga membawa salah satu pemainnya yang bermain di Major League Soccer (MLS). Ia adalah Lewis Morgan yang saat ini berstatus sebagai pemain New York Redbull.

Namun, Lewis Morgan sejauh ini masih belum diberi kesempatan oleh pelatih Skotlandia, Steve Clarke, di Euro 2024. Winger berusia 27 tahun itu hanya menjadi penghangat bangku cadangan saat negaranya berjumpa Jerman dan Swiss pada dua laga awal Grup A. Ini lantas membuat Morgan belum bisa menambah 3 caps miliknya bersama Skotlandia.

3. Xherdan Shaqiri (Chicago Fire FC) berhasil menorehkan rekor apik di Euro 2024

8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024Xherdan Shaqiri, pemain Chicago Fire FC, masih dipanggil Swiss untuk Euro 2024. (twitter.com/EURO2024DE)

Xherdan Shaqiri yang saat ini bermain untuk Chicago Fire FC di Major League Soccer (MLS) masih dibawa Timnas Swiss ke Euro 2024. Meski sudah tidak bermain di Eropa, sosok Shaqiri yang penuh pengalaman masih dibutuhkan oleh Rossocrociati. Terlebih, pemain berusia 32 tahun ini merupakan salah satu pemain Swiss dengan caps terbanyak kedua, 124 caps, pada Euro kali ini.

Sejauh ini, Shaqiri baru mencatatkan penampilan di Euro 2024 saat menjadi starter pada matchday kedua Grup A melawan Skotlandia. Meski hanya bermain selama 60 menit, ia berhasil mencetak gol spektakuler pada menit ke-26 pada laga tersebut. Itu akhirnya menjadi gol penyama kedudukan Swiss yang sebelumnya tertinggal 0-1. Skor 1-1 pun akhirnya bertahan hingga akhir laga.

Selain menyelamatkan negaranya dari kekalahan, gol Shaqiri pada laga melawan Skotlandia itu turut membuat namanya mengukir dua rekor apik. Berkat gol tersebut, Shaqiri mencatatkan rekor sebagai pemain MLS pertama yang mencetak gol di Euro. Selain itu, dirinya pun menjadi pemain pertama yang secara beruntun mencetak gol dalam enam kali keikutsertaan di turnamen internasional (Euro dan Piala Dunia).

4. David Brekalo (Orlando City) belum menjadi pilihan utama Slovenia di Euro 2024

8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024David Brekalo, bek Orlando CIty SC, diikutsertakan dalam daftar pemain yang dibawa Slovenia di Euro 2024. (instagram.com/orlandocitysc)

Pemain Major League Soccer (MLS) selanjutnya yang turut memeriahkan Euro 2024 ialah David Brekalo, penggawa Orlando City. Brekalo menjadi salah satu nama yang dibawa Timnas Slovenia ke ajang empat tahunan Benua Biru itu. Ia sendiri telah mengoleksi 14 caps sejak debutnya pada Maret 2022.

Akan tetapi, Brekalo masih belum menjadi pilihan utama Slovenia di Euro 2024. Sejauh ini, bek berusia 25 tahun tersebut baru bermain selama dua menit di Euro 2024. Masing-masing selama satu menit pada kedua laga awal Grup C melawan Denmark dan Serbia. Pelatih Slovenia, Matjaz Kek, sendiri lebih memilih untuk menurunkan dua bek tengah yang bermain di liga Eropa, Miha Blazic (Sochi) dan Jaka Bijol (Udinese), dalam formasi 4-4-2 yang diterapkannya.

Baca Juga: 5 Pemain Top Eropa yang Dapat Pindah ke MLS pada Musim Panas 2024

5. Bartosz Slisz (Atlanta United) mendapat kepercayaan dari Timnas Polandia

8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024Bartosz Slisz (instagram.com/bartekslisz)

Klub top MLS, Atlanta United, turut mengirimkan pemainnya di Euro 2024. Salah satunya ialah Bartosz Slisz yang dipanggil membela Polandia. Sejauh ini, pemilik 10 caps Polandia itu berhasil mendapatkan kepercayaan dari Michal Probierz, pelatih Polandia, pada Euro kali ini.

Dalam dua laga awal Grup D, Slisz yang bermain sebagai gelandang tengah diturunkan pada babak kedua saat bersua Belanda, lalu bermain sebagai starter saat berjumpa Austria. Namun, dirinya tak mampu berbuat banyak untuk menghindarkan The White-Reds dari kekalahan 1-2 dari Belanda dan 1-3 dari Austria. Imbas dari kekalahan tersebut, Slisz dan kolega menjadi tim pertama yang gagal lolos dari fase grup Euro kali ini, meski masih menyisakan satu laga melawan Prancis.

6. Henrich Ravas (New England Revolution) masih menanti debutnya bersama Slovakia

8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024Henrich Ravas, kiper New England Revolution, turut dibawa Slovakia untuk berlaga di Euro 2024. (instagram.com/hravas47)

Henrich Ravas, kiper New England Revolution, turut diikutsertakan dalam daftar 26 pemain yang dibawa Slovakia pada Euro 2024. Ravas sendiri hingga kini belum pernah mencatatkan penampilan bersama tim berjuluk The Falcons itu. Oleh karenanya, pemanggilan ini bisa menjadi sebuah kesempatan bagi kiper berusia 26 tahun itu untuk memeroleh debutnya.

Namun, Ravas mesti bersaing terlebih dahulu dengan dua kiper Slovakia lainnya yang saat ini bermain di English Premier League. Mereka adalah Martin Dubravka (Newcastle United) dan Marek Rodak (Fulham). Selain itu, dalam dua laga awal Grup E Euro 2024 melawan Belgia dan Romania, Fransesco Calzona selaku pelatih Slovakia memutuskan untuk memberikan posisi kiper utama kepada Dubravka. Melihat hal tersebut, Ravas tampaknya masih harus menanti caps perdananya bersama Slovakia.

7. Saba Lobjanidze (Atlanta United) akhirnya tampil kembali bersama Timnas Georgia

8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024Saba Lobjanidze, pemain Atlanta United, mendapat panggilan membela Georgia di Euro 2024. (instagram.com/sabalobjanidze23)

Pemain Atalanta United lainnya yang berpartisipasi di Euro 2024 ialah Saba Lobjanidze. Lobjanidze mendapat kesempatan untuk membantu negaranya, Georgia, dalam melakoni debut di ajang Euro kali ini. Hanya saja, dirinya sudah lama tak bermain untuk Georgia. Terakhir kali Lobjanidze bermain untuk The Crusaders ialah saat menggilas Thailand dengan skor 8-0 di laga persahabatan pada Oktober 2023 lalu.

Pada Euro 2024 kali ini, Saba Lobjanidze akhirnya mendapat kesempatan untuk tampil kembali bersama Timnas Georgia. Pada matchday kedua Grup F melawan Republik Ceko, dirinya masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-83. Bermain sebagai winger kiri, pemain berusia 29 tahun itu sempat mendapat peluang emas untuk memberi keunggulan negaranya pada menit ke-90+5. Sayang, tendangan Lobzhanidze masih melambung tinggi di atas mistar gawang. Skor pun akhirnya tetap bertahan 1-1 hingga akhir pertandingan.

8. Oliver Giroud (Los Angeles FC) tidak lagi menjadi pilihan utama Prancis

8 Pemain Major League Soccer yang Tampil di Euro 2024Olivier Giroud (instagram.com/oliviergiroud)

Terakhir, ada nama striker veteran, Olivier Giroud, yang masih dipanggil Timnas Prancis. Giroud sendiri akan bergabung dengan salah satu klub Major League Soccer, Los Angeles FC, usai perhelatan Euro 2024 ini. Meski sudah tua, kehadiran pemain berusia 37 ini masih dibutuhkan untuk menambah opsi lini serang Les Bleus. Terlebih, dirinya merupakan top skor sepanjang masa Timnas Prancis.

Akan tetapi, Giroud tidak lagi menjadi pilihan utama Prancis di Euro 2024. Dider Deschamps selaku pelatih lebih memercayakan posisi striker utama pada Kylian Mbappe, lalu Marcus Thuram. Giroud sendiri sejauh ini baru tampil selama total 16 menit pada babak kedua, 1 menit pada laga melawan Austria dan 15 menit saat berjumpa Belanda. Ia pun belum mampu mempersembahkan gol pada kedua laga itu.

Sejauh ini, hanya Xherdan Shaqiri yang mampu tampil memukau di Euro 2024. Sementara pemain-pemain Major League Soccer (MLS) lainnya kalah bersaing degan deretan pemain yang merumput di Eropa.

Baca Juga: 5 Striker Calon Pengganti Olivier Giroud di Skuad AC Milan

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya