3 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Georgia di Euro 2024

Siap membantu The Crusaders bersaing di Grup F #EURO2024

Georgia menjadi satu-satunya negara yang akan melakoni debutnya di kompetisi internasional pada Euro 2024. Tim berjuluk The Crusaders itu tergabung di Grup F bersama negara-negara yang lebih berpengalaman di ajang ini, yaitu Turki, Ceko, dan juara Euro 2016, Portugal.

Meski baru pertama kali berpartisipasi, Georgia tak bisa dipandang sebelah mata pada edisi kali ini. Pasalnya, skuad asuhan Willy Sagnol itu dihuni oleh pemain-pemain dengan pengalaman di level tertinggi Eropa. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi andalan klub liga top Eropa pada 2023/2024. Oleh karena itu, Georgia siap memberikan perlawanan sengit kepada lawannya.

Untuk melihat lebih jauh bagaimana kekuatan dari Georgia, mari kita lihat deretan nama pemain liga top Eropa yang akan membela Georgia di Euro 2024 berikut!

1. Kiper Valencia, Giorgi Mamardashvili, dipercaya sebagai kiper utama Timnas Georgia

3 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Georgia di Euro 2024Giorgi Mamardashvili, kiper andalan Timnas Georgia (instagram.com/gmamardashvili25)

Giorgi Mamardashvili, kiper andalan Valencia, menjadi salah satu pemain liga top Eropa yang dibawa Georgia untuk Euro 2024. Sepanjang 2023/2024, pemain berusia 23 tahun ini menunjukkan penampilan yang luar biasa di level klub. Mamardashvili tampil dalam total 37 pertandingan di semua kompetisi musim ini bersama Valencia. Dari penampilannya, ia berhasil mencatatkan 13 clean sheet dan hanya kebobolan sebanyak 41 kali.

Di level internasional, Mamardashvili telah mengoleksi 17 caps sejak debutnya bersama Timnas Georgia pada September 2021. Dengan pengalamannya di salah satu liga top Eropa, dirinya kini dipercaya sebagai pilihan utama di bawah mistar gawang The Crusaders. Pada Euro 2024, kehadiran Mamardashvili tentu menjadi sosok vital dalam menahan gempuran serangan tim lawan. Terlebih, skuad Georgia akan berjumpa salah satu tim dengan lini serang terbaik di Benua Biru, Portugal.

2. Bintang Napoli, Khvicha Kvaratskhelia, akan menjadi tulang punggung di lini depan Georgia

3 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Georgia di Euro 2024Khvicha Kvaratskhelia, pemain bintang Napoli dan Timnas Georgia (instagram.com/kvara7)

Lalu, ada nama Khvicha Kvaratskhelia yang kini disebut sebagai ikon sepak bola Georgia. Hal ini wajar mengingat bintang klub Serie A Italia, Napoli, itu memiliki sepak terjang yang lebih mentereng dibandingkan rekan senegaranya. Terlebih, pemain berusia 23 tahun itu sempat tampil spektakuler ketika membawa Napoli kembali menjuarai Serie A Italia pada 2022/2023—setelah terakhir kali pada 33 tahun lalu.

Hanya saja, performa Kvaratskhelia di level klub agak menurun pada 2023/2024. Dari 45 penampilannya di semua kompetisi musim ini, ia hanya mampu mencatatkan 11 gol dan 9 assist. Sementara itu, pada musim sebelumnya, Kvaradona—julukan untuknya—mampu menyumbangkan 3 digit kontribusi gol (14 gol dan 17 assist) di semua kompetisi. Selain itu, dirinya tak mampu mengangkat performa I Partonepei yang harus mengakhiri musim di peringkat ke-10 klasemen akhir Serie A Italia 2023/2024.

Meski performanya sedikit merosot di klub, sosok Kvaratskhelia masih sangat dibutuhkan oleh Timnas Georgia. Terlebih, di antara pemain yang dibawa Willy Sagnol ke Euro 2024, ia merupakan pemain tertajam dengan total 15 gol dari 35 caps yang telah dikoleksinya. Bermain sebagai pendamping striker dalam formasi 3-5-2, Kvaratskhelia akan kembali dipercaya sebagai tulang punggung di lini depan tim The Crusaders.

3. Georges Mikautadze, striker FC Metz, siap diandalkan sebagai ujung tombak The Crusaders

3 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Georgia di Euro 2024Georges Mikautadze, striker Timnas Georgia (instagram.com/georgesmkd)

Terakhir, ada nama Georges Mikautadze, pemain liga top Eropa yang dibawa Georgia di Euro 2024. Striker berusia 23 tahun itu sebelumnya bermain untuk Ajax Amsterdam pada paruh pertama 2023/2024. Namun, ia tampil mengecewakan tanpa mencetak satu gol pun dalam 9 laga di semua kompetisi. Oleh karenanya, Ajax meminjamkan Mikautadze ke klub lamanya, FC Metz, pada paruh kedua.

Bersama Metz yang berlaga di Ligue 1 Prancis, Mikautadze berhasil menemukan kembali performanya. Dari 20 laga yang dilakoninya, ia mampu mengemas 13 gol dan 4 assist untuk klub berjuluk Les Grenats itu. Akan tetapi, performa gemilang Mikautadze tak mampu menghindarkan Metz dari degradasi setelah takluk dari AS Saint-Etienne pada babak play-off degradasi.

Kembalinya ketajaman Mikautadze lantas membuat namanya masuk ke dalam skuad Timnas Georgia untuk Euro 2024. Ia sendiri telah mengoleksi 25 caps dengan catatan 10 gol sejak debutnya bersama The Crusaders pada Maret 2021. Berbekal performa mengesankannya selama 2023/2024, Mikautadze siap untuk menjadi ujung tombak tim nasional negaranya. Pada taktik 3-5-2 yang digunakan Georgia, ia berpeluang besar akan ditandemkan dengan bintang Napoli, Khvicha Kvaratskhelia, dalam urusan mencetak gol.

Ketiga nama di atas bersama deretan pemain lainnya siap membantu Georgia bersaing di Euro untuk pertama kalinya. Patut dinanti sejauh mana The Crusaders akan melaju pada ajang akbar Benua Biru ini.

Baca Juga: 3 Fakta Unik Timnas Georgia, Satu-satunya Debutan di Euro 2024

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya