Mengenal Nikolas Milenkovic, Bek Anyar Nottingham Forest asal Serbia

Sempat diminati klub-klub top Eropa

Nottingham Forest terus bergeliat pada bursa transfer musim panas 2024 untuk kembali bersaing di English Premier League 2024/2025. Beberapa pemain telah didatangkan tim berjuluk Forest sejauh ini. Salah satunya ialah Nikola Milenkovic yang berposisi sebagai bek.

Nikola Milenkovic didatangkan dari klub Serie A Italia, Fiorentina, dengan biaya mencapai 14, 3 juta euro atau Rp247 miliar. Milenkovic sendiri dikenal sebagai salah satu bek tangguh selama bermain di Serie A. Hal inilah yang membuatnya sempat dikaitkan dengan beberapa klub top Eropa dalam beberapa musim terakhir.

Lantas, seperti apa kiprah Nikola Milenkovic sejauh ini? Kontribusi apa yang sekiranya mampu diberikannya untuk Nottingham Forest? Simak beberapa fakta tentang Milenkovic berikut!

1. Memulai karier sepak bola bersama FK Partizan Belgrade

Mengenal Nikolas Milenkovic, Bek Anyar Nottingham Forest asal SerbiaNikola Milenkovic merupakan pemain didikan akademi FK Partizan. (instagram.com/milenkovicn_4)

Nikola Milenkovic lahir pada 12 Oktober 1997 di Belgrade, Serbia. Saat belia, ia berkesempatan untuk bergabung dengan akademi salah satu klub ternama di negaranya, FK Partizan Belgrade. Setelah tampil mengesankan bersama tim muda Partizan, Milenkovic lalu dipinjamkan kepada klub kasta ketiga Serbia, Teleoptik, pada 2015/2016. Namun, ia hanya menjalani masa peminjaman selama setengah musim di sana.

Sekembalinya dari masa peminjaman, Milenkovic akhirnya mendapat debut di tim utama Partizan. Itu terjadi pada April 2016 di liga. Milenkovic lalu tampil dalam total empat penampilan pada musim perdananya di skuad utama The Black-Whites.

Semusim kemudian, Milenkovic akhirnya mendapat kepercayaan lebih di tim utama Partizan. Ia pun mampu tampil reguler dalam 40 pertandingan di semua kompetisi 2016/2017 dengan sumbangsih 3 gol serta 1 assist. Kontribusi Milenkovic tersebut turut membantu timnya menjuarai SuperLiga Serbia, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Serbia, dan Piala Serbia musim itu. Melihat penampilan apiknya itu, klub Serie A, ACF Fiorentina, memutuskan untuk merekrut Milenkovic pada awal 2017/2018.

2. Namanya mulai mencuri perhatian di Fiorentina

Mengenal Nikolas Milenkovic, Bek Anyar Nottingham Forest asal SerbiaNikola Milenkovic bermain bersama ACF Fiorentina. (instagram.com/milenkovicn_4)

Nikola Milenkovic resmi bergabung dengan Fiorentina pada musim panas 2017 dengan biaya 5,5 juta euro atau Rp95 miliar. Namun, ia tak langsung menjadi pilihan utama pada musim perdananya. Sepanjang 2017/2018, Milenkovic hanya mencatatkan total 17 penampilan di semua kompetisi.

Barulah pada 2018/2019, Milenkovic menjadi pilihan utama di skuad inti I Viola dan sukses mencuri perhatian berkat penampilannya. Bermain sebagai bek tengah, pemain asal Serbia itu nyaris tak tergantikan di lini belakang Fiorentina selama 7 musim. Catatan 264 penampilan dengan sumbangsih 17 gol serta 5 assist akhirnya mewarnai perjalanan Milenkovic bersama klub asal Florence itu hingga 2023/2024.

Sepanjang pengabdiannya di Stadio Artemio Franchi, Milenkovic berkontribusi penting dalam mengantarkan Fiorentina ke final Coppa Italia 2022/2023 serta Liga Konferensi Eropa 2022/2023 dan 2023/2024. Sayang, mereka gagal memenangkan trofi pada ketiga final itu. Meski begitu, nama Milenkovic berhasil masuk ke Tim Terbaik Liga Konferensi Eropa 2022/2023.

 

Baca Juga: 3 Pemain Nottingham Forest yang Dijual Mahal pada Musim Panas 2024

3. Sempat diminati klub-klub top Eropa, kini memilih Nottingham Forest

Mengenal Nikolas Milenkovic, Bek Anyar Nottingham Forest asal SerbiaNikola Milenkovic, bek baru Nottingham Forest pada 2024/2025 (instagram.com/officialnffc)

Pindahnya Nikola Milenkovic ke Nottingham Forest pada musim panas 2024 terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, bek Timnas Serbia itu sempat dikaitkan dengan sejumlah klub top Eropa dalam beberapa musim terakhir. Salah satunya Manchester United. Hanya saja, Fiorentina dahulu mematok harga tinggi untuk memagari Milenkovic. Menariknya, tim berjuluk I Viola itu kini melepas saja bek andalannya tersebut dengan harga yang terbilang murah--tidak mencapai 15 juta euro--kepada Nottingham Forest.

Di Nottingham Forest, Milenkovic akan diproyeksikan sebagai pengganti bek senior klub, Moussa Niakhate, yang baru hengkang ke Olympique Lyon. Kehadiran bek asal Serbia ini pun diharapkan dapat memperkokoh lini bertahan Forest. Sebagai informasi, Forest yang sebelumnya berstatus tim promosi hanya berada di peringkat ke-17 pada klasemen akhir Premier League 2023/2024.

Berbicara kemampuan, Milenkovic sendiri dikenal sebagai bek tangguh dan dominan dalam duel udara. Selain itu, ia memiliki jiwa kepimpinann yang mumpuni. Kemampuannya ini akan sangat berguna untuk memimpin lini belakang Forest secara maksimal. Selain itu, Milenkovic tak hanya bisa bermain sebagai bek tengah, tetapi juga bek kanan.

4. Sosok andalan di lini belakang Timnas Serbia

Mengenal Nikolas Milenkovic, Bek Anyar Nottingham Forest asal SerbiaNikola Milenkovic merupakan bek andalan Timans Serbia. (instagram.com/milenkovicn_4)

Di level internasional, Nikola Milenkovic telah membela negaranya, Serbia, sejak masih muda. Debutnya di skuad utama Serbia didapatkannya saat masih berusia 18 tahun di laga persahabatan melawan Qatar pada September 2016. Setelah hampir 8 tahun, Milenkovic kini telah mengoleksi 57 caps bersama tim berjuluk Orlovi itu.

Bersama Serbia, Milenkovic pernah bermain dalam beberapa kompetisi internasional mayor. Bek yang kini hampir berusia 27 tahun ini turut menjadi bagian dari skuad negaranya yang berlaga di Piala Dunia 2018 dan 2022 serta Euro 2024. Akan tetapi, Milenkovic tak mampu mengangkat performa timnya yang hanya mentok pada babak penyisihan grup di semua ajang tersebut.

Nikola Milenkovic akan memulai petualangan barunya di Inggris bersama Nottingham Forest. Patut dinanti sejauh mana penggawa Timnas Serbia itu akan membawa Forest di English Premier League 2024/2025 serta ajang sepak bola Inggris lainnya.

Baca Juga: 3 Pemain Nigeria di Skuad Nottingham Forest 2024/2025

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya