3 Kiper Muda yang Diandalkan Negaranya di Euro 2024

Bisa tampil percaya diri #EURO2024

Sebagai salah satu ajang prestisius, Euro 2024 tentu menjadi kesempatan bagi para pemain untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ini termasuk di posisi kiper.

Jika melihat Euro edisi kali ini, mayoritas dari negara peserta memang lebih memercayakan posisi kiper utama kepada nama yang sudah senior. Meski begitu, ada tiga negara yang berani untuk memberikan kesempatan kepada kiper muda di kompetisi 4 tahunan Benua Biru ini.

Walaupun masih minim pengalaman di kompetisi mayor, mereka tetap mampu tampil percaya diri dalam menjaga gawang timnya. Lantas, siapa saja mereka? Berikut tiga kiper muda yang jadi andalan negaranya di Euro 2024!

1. Giorgi Mamardashvili (23 tahun) berperan penting atas pencapaian bersejarah Georgia

3 Kiper Muda yang Diandalkan Negaranya di Euro 2024Giorgi Mamardashvili (uefa.com)

Performa Georgia yang merupakan satu-satunya debutan menjadi warna sendiri di Euro 2024. Meski langkah mereka harus terhenti di babak 16 besar usai takluk 1-4 dari Spanyol, tim berjuluk The Crusaders itu berhasil menampilkan penampilan yang menjanjikan pada tiap laganya. Selain itu, kiper mereka, Giorgi Mamardashvili, turut menjadi buah bibir berkat performa luar biasanya di bawah mistar gawang.

Giorgi Mamardashvili menjadi salah satu pemain kunci atas pencapaian bersejarah Georgia di Euro 2024. Sepanjang penampilannya hingga babak 16 besar, kiper berusia 23 tahun itu mampu catatkan total 30 penyelamatan. Ini menjadi yang terbanyak di Euro 2024 sejauh ini. Selain itu, catatan milik Mamardashvili itu juga menyamai rekor penyelamatan dalam satu edisi Euro milik kiper Timnas Italia, Fransesco Toldo, pada 2000. Jumlah tersebut hanya kalah dari kiper Timnas Rusia, Igor Akinfeev, sebagai kiper dengan rekor penyelamatan terbanyak di Euro dengan total 32 kali penyelamatan pada 2008.

Baca Juga: 6 Pemain Belanda dengan Torehan Gol Terbanyak di Euro

2. Bart Verbruggen (21 tahun) mencatatkan diri sebagai kiper termuda yang tampil di Euro 2024

3 Kiper Muda yang Diandalkan Negaranya di Euro 2024Bart Verbruggen (uefa.com)

Di Euro 2024, Timnas Belanda membawa tiga kiper. Dua di antaranya merupakan pemain yang sudah berpengalaman, yaitu Mark Flekken dan Justin Bijlow. Sementara itu, satu kiper lainnya ialah Bart Verbruggen yang masih berusia 21 tahun. Namun, siapa sangka jika Ronald Koeman selaku pelatih Belanda memilih Verbruggen sebagai kiper utama di Euro edisi kali ini. Kesempatan ini pun lantas menjadi penampilan perdana kiper Brighton & Hove Albion itu di turnamen mayor internasional.

Bart Verbruggen lantas tak mau menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadanya. Pada fase grup Euro 2024, ia mampu tampil apik saat meraih kemenangan 2-1 atas Polandia dan menahan imbang Prancis dengan skor kacamata. Hanya saja, Verbruggen tampil kurang memuaskan saat De Oranje takluk 2-3 dari tim kuda hitam, Austria. Beruntungnya, Belanda tetap lolos dari babak grup sebagai peringkat tiga terbaik. Pada babak 16 besar, Verbruggen mampu bermain baik dan menjaga gawangnya tidak kebobolan saat De Oranje menang telak 3-0 atas Rumania.

Selain mendapat debutnya di turnamen internasional, Verbruggen juga mencatatkan rekor di Euro 2024. Pada usianya yang masih 21 tahun, ia menjadi kiper termuda yang tampil di Euro edisi kali ini. Selain itu, namanya juga menjadi kiper kedua termuda yang catatkan debutnya di Euro setelah Jose Angel Iribar, kiper Timnas Spanyol di Euro 1964.

3. Anatoliy Trubin (22 tahun) mampu tampil meyakinkan setelah menggeser kiper Real Madrid

3 Kiper Muda yang Diandalkan Negaranya di Euro 2024Anatoliy Trubin (instagram.com/anatoliytrubin81)

Anatoliy Trubin awalnya bukan kiper utama Ukraina di Euro 2024. Pelatih Ukraina, Sergiy Rebrov, lebih memilih kiper Real Madrid, Andriy Lunin, sebagai kiper nomor satu timnya. Hanya saja, Lunin tampil mengecewakan dan membuat dua blunder fatal saat Ukraina digilas Romania dengan skor 0-3 pada laga awal Grup E. Hasil itu pun lantas menjadi berkah bagi Trubin yang akhirnya ditunjuk sebagai kiper utama pada laga selanjutnya.

Kesempatan tersebut lantas tak disia-siakan Trubin. Kiper berusia 22 tahun itu mampu tampil meyakinkan saat timnya comeback 2-1 atas Slovakia. Lalu, Trubin sukses catatkan clean sheet saat bermain imbang 0-0 dengan Belgia.

Namun, perfroma apik Trubin tak mampu membuat Ukraina melangkah ke babak selanjutnya. Skuad asuhan Sergiy Rebrov memang berhasil meraih empat poin pada fase grup, sama dengan tim lainnya di Grup E. Akan tetapi, selisih gol menjadi pembeda. Ukraina minus dua gol dalam hal ini. Alhasil, langkah Tim Biru Kuning pun harus terhenti di Euro 2024 dengan status juru kunci Grup E.

Ketiga nama di atas mampu menunjukkan usialah sekadar angka. Meski masih muda, mereka mampu menjadi pemain penting negaranya di Euro 2024. Selain itu, mereka pun tak gentar dalam menghadapi para pemain senior yang ingin menaklukkan gawangnya.

Baca Juga: 3 Negara Pernah Ditekuk Spanyol di Perempat Final Euro

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

A long-life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya